Post Page Advertisement [Top]

EdukasiWisata

Bali atau Bengkulu

Bismillahi..

Ada yang tahu aku sedang dimana? Bali atau Bengkulu?

Bali dan Bengkulu sama-sama memiliki cuaca yang cukup panas. Rujukanku adalah Denpasar Bali khususnya lokasi yang berdekatan dengan Pantai Sanur.

Pada siang hari, masya Allah persis sekali gerahnya seperti di Bengkulu bulan februari maret. Karena cuacanya tidak jauh berbeda maka aku tidak perlu banyak beradaptasi. Apalagi kegiatan kita lebih banyak indoor.

Setiap pagi ada saja dupa atau semacam sesajen yang terletak di halaman depan pintu pagar atau tempat khusus. Seperti pagi itu aku harus ke minimarket untuk sekedar mencari keperluan kami. Kabel panjang dengam terminal. Karena masih terlalu pagi jadi aku harus menunggu hingga pukul 07.00 WITA. Pada saat itulah aku mengamati sebuah wadah berisi hasil bumi dengan asap-asap wewangian. Ini adalah ajaran agama mereka jadi aku hanya sebatas melihat dan melepas keingintahuan saja.

Jangan heran kalau sesekali terdengar percakapan dengan bahasa internasional antara penjual di toko dengan personal berkulit putih dan tinggi-tinggi hee. Ia.. Bali adalah sebuah Nama yang sudah dikenal dimancanegara sehingga turis-turis pulang pergi liburan ke Bali. Mawas diri ya pengaruh globalisasi. Ambil yang positif saja. Jangan telan mentah-mentah, entar sakit perut hee.

Tapi kamu harus tahu, penduduk asli Bali sangatlah rama. Beberapa Bli yang kami jumpai sangat open dan friendly. Dimana bisa bertemu dengan penduduk asli? bisa di kantoran, di pasar, atau di tempat wisata.

Satu hal yang penting untuk kamu tahu. Nama mereka yang khas Bali, I Putu, I Gede dll sebagainya. Itu bukanlah nama yang berlandaskan agama mereka yang mayoritas hindu namun lebih kepada kekhasan daerah Bali saja. Jadi tidak ada hubungannya dengan agama. Tentu di tempatmu juga memiliki nama khas bukan, atau panggilan khas lainnya. Iya kan?

Waktu itu ada yang bilang pada saat pulang dari jalan pagi di Pantai Sanur. "Baru satu kali ke Bali?". "Kamu bakalan dua kali bahkan lebih akan kembali ke sini (Bali)".

Wallahualam
Baarakallahufik
Denpasar Bali 2016
#Bali #BaliIndonesia
#Bengkulu #BengkuluIndonesia
#wonderfulbali
#wonderfulbengkulu
#wonderfullindonesia

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib