Skip to main content

Bali atau Bengkulu

Bismillahi..

Ada yang tahu aku sedang dimana? Bali atau Bengkulu?

Bali dan Bengkulu sama-sama memiliki cuaca yang cukup panas. Rujukanku adalah Denpasar Bali khususnya lokasi yang berdekatan dengan Pantai Sanur.

Pada siang hari, masya Allah persis sekali gerahnya seperti di Bengkulu bulan februari maret. Karena cuacanya tidak jauh berbeda maka aku tidak perlu banyak beradaptasi. Apalagi kegiatan kita lebih banyak indoor.

Setiap pagi ada saja dupa atau semacam sesajen yang terletak di halaman depan pintu pagar atau tempat khusus. Seperti pagi itu aku harus ke minimarket untuk sekedar mencari keperluan kami. Kabel panjang dengam terminal. Karena masih terlalu pagi jadi aku harus menunggu hingga pukul 07.00 WITA. Pada saat itulah aku mengamati sebuah wadah berisi hasil bumi dengan asap-asap wewangian. Ini adalah ajaran agama mereka jadi aku hanya sebatas melihat dan melepas keingintahuan saja.

Jangan heran kalau sesekali terdengar percakapan dengan bahasa internasional antara penjual di toko dengan personal berkulit putih dan tinggi-tinggi hee. Ia.. Bali adalah sebuah Nama yang sudah dikenal dimancanegara sehingga turis-turis pulang pergi liburan ke Bali. Mawas diri ya pengaruh globalisasi. Ambil yang positif saja. Jangan telan mentah-mentah, entar sakit perut hee.

Tapi kamu harus tahu, penduduk asli Bali sangatlah rama. Beberapa Bli yang kami jumpai sangat open dan friendly. Dimana bisa bertemu dengan penduduk asli? bisa di kantoran, di pasar, atau di tempat wisata.

Satu hal yang penting untuk kamu tahu. Nama mereka yang khas Bali, I Putu, I Gede dll sebagainya. Itu bukanlah nama yang berlandaskan agama mereka yang mayoritas hindu namun lebih kepada kekhasan daerah Bali saja. Jadi tidak ada hubungannya dengan agama. Tentu di tempatmu juga memiliki nama khas bukan, atau panggilan khas lainnya. Iya kan?

Waktu itu ada yang bilang pada saat pulang dari jalan pagi di Pantai Sanur. "Baru satu kali ke Bali?". "Kamu bakalan dua kali bahkan lebih akan kembali ke sini (Bali)".

Wallahualam
Baarakallahufik
Denpasar Bali 2016
#Bali #BaliIndonesia
#Bengkulu #BengkuluIndonesia
#wonderfulbali
#wonderfulbengkulu
#wonderfullindonesia

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya. 1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: : a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain. b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu. c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya. d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebaga

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI Silsilah Nabi / Rasul Sumber : Silsilah Nabi dan Rasul SILSILAH 25 NABI Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin. 1. ADAM AS. Nama: Adam As. Usia: 930 tahun. Periode sejarah: 5872-4942 SM. Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab. Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan. Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali. . 2. IDRIS AS. Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. Usia: 345 tahun di bumi. Periode sejarah: 4533-4188 SM. Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis). Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali. . 3. NUH AS. Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qi

Pembagian Raport Online di Tengah Issue Covid-19

Pembagian Raport Online di Tengah Issue Covid-19 Saya bersama anak-anak Aulad Hari ini adalah hari Sabtu. Hari yang dinanti-nantikan bagi siswa saya ketika belajar tatap muka berlangsung. Mengapa? pasalnya adalah kalau tidak libur maka akan ada out door study atau kita akan melaksanakan POMG. Iya besok pembagian raport dan POMG. Pembagian Raport 😊. Kelas 4 Abdullah bin Umar  di Hutan Mangrove Apa itu POMG? POMG adalah Pertemuan Orangtua Murid dan Guru. Saat pembagian raport SDIT Iqra'1 Kota Bengkulu sejak lama menggaungkan budaya literasi tatap muka dengan beberapa istilah yang menarik seperti ini. Pembagian Raport dan POMG setidaknya kami laksanakan dua kali dalam satu semester. Pertama pada saat tengah semester dan yang kedua adalah di akhir semester. Biasanya pertemuan berlangsung dengan tatap muka di Masjid Qolbun Salim 1 atau Qolbun Salim 2 dan kembali berkumpul di kelas masing-masing. Baca Juga: Wisata yang Layak Dikunjungi di Bengkulu Namun ada perbe