Skip to main content

Helm Dimanakah Kini?

Innalillahi wa innailahi rojiuun
Ini adalah musibah, aku secara pribadi juga pernah merasakan hal yang sama, ketika ingin menggunakan helm karena sebuah urusan penting tapi helmnya tidak tahu kemana dan setelah bertanya-tanya (nada agak kesal waktu itu) Alhamdulillah hlmnya ditemukan, beliau minta maaf dan kita saling memaafkam. Namun perlu untuk kita cermati bersama, ternyata marahnya aku waktu itu tidak berbuah solusi buktinya hingga hari ini masih ada saudaraku yang kehilangan helm.

Alhamdulillah aku tidak pernah menuduh siapa yang meminjam tanpa pamit, ataupun aku tidak pernah memakai helm saudarku tanpa pamit karena diri ini sadar betapa beliau kalau helmnya dipakai tanpa pamit dan ketika beliau butuh mendesak apalah yang akan terjadi. Mendzolimi saudara.

Mengingat lingkungan sekolah yang heterogen baik dari internal maupun eksternal, apakah mungkin helm itu dicuri oleh orang luar? astagfirullahaladzhim.. Akupun berhenti berfikir jauh. Akhirnya GM biru dengan double protection eyes selalu kubawa ke kelas. Beda jika yang kupakai helm hitam lusuh, helm itu kubiarkan saja di atas Revo Biru yang menemaniku sejak tahun 1999.

Kini aku jarang memakai helm lagi. Tapi sesekali aku tetap mengenakan helm dengan motif masjid putih dengan latar hijau. Kuperhatikan hanya aku dan istriku saja yang memakai helm ini di Yayasan tempatku bernaung. Helm itu tidak jelek dan juga kurang minat pemakai, mungkin hehe karena ada gambar masjidnya kali hihi.. Bagiku helm ini adalah helm kesayangan, di dalamnya kuberi sebuah peci putih sebagai alas dalam dan identitas pribadi. Helm kau memang menarik hati. Terkadang kusimpan dibawah jok motor. Seringkali kulakukan ketika aku ke hospital maka dia kusimpan di bawah jok.

Untuk saudaraku yang sering kehilangan helm, pertama istigfar dan berdoalah dengan doa yang baik,  bersabarlah dan berprasangka baik. Mungkin yang sedang memakai sangat membutuhkan dan yakin kita tidak akan marah ketika dia memakainya. Kedua, dikesempatan yang lain simpanlah helm di bawah jok motor dengan baik atau dibawah ke dalam kelas kita agar lebih aman dan terjaga.

Untuk saudaraku yang memakai helm tanpa pamit, pertama berigtigfarlah banya-banyak karena tanpa disadari bahwa saudaramu telah terdzolimi. Segera kembalikan dan segeralah minta maaf. Kedua, tidak salah atau tidak akan menurunkan harga diri ketika mengucapkan kata _boleh pinjam helm_ atau menahan diri dan tangan untuk tidak langsung ambil helm _nganggur_ itu jauh lebih baik.

Jika benar-benar kebanyakan helm selama ini dengan issu kehilangan disebabkan orang ekternal kita harus ekstra hati-hati dengan berbagai tips diatas, kunci dibawah jok atau dibawa ke kelas. 

Bengkulu, 18 Des 2017.

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)