Post Page Advertisement [Top]

20 Ramdhan 1438 H

Bismillahi..
20 Ramadhan 1438 H
Berbuat Baik Adalah Sedekah

#RamadhanBerkah

Empat jam perjalanan menuju rumah duka di Kedurang Kabupaten Bengkulu Selatan tidak terasa melelahkan. Sedikitpun rasa lelah tidak menyurutkan keinginan ini untuk hadir lebih awal. Alhdulillah pukul 09.30 kami tiba di rumah duka yang sudah penuh sesak dengan jamaah pelayat. Lalu kami masuk ke dalam rumah. Di dalam juga sangat sesak. Pelayat silih berganti keluar masuk ruang utama tempat almarhum dibaringkan.

*****

Saudara almarhum yang ada di Jambi dan Riau sedang dalam perjalanan. Mereka sudah hampir 20 tahun tidak bertemu. Keinginan untuk bertemu untuk terakhir kalinya di dunia ini, sedikit menunda fardhu kifayah hingga pukul 12.30 bakda dhuhur nanti. Sampai atau tidaknya saudara almarhum dari rantau insya Allah pemakanan akan dilaksanakan bada dhuhur. Itu keputusan keluarga.

Mengingat hal di atas maka kami yang juga dari jauh mengusulka untuk shalat jenazah lebih dulu. Akhirnya usul ini diterima, kamipun berwudhu dan shalat jenazah dengan khusuk mendoakan almarhumah.

*****

Ibunya dirawat di Yogya. Waktu beliau diizinkan pulang dan terasa membaik, maka ada rencana akan dibawa ke Bengkulu. Sewaktu mau dibawa pulang ke Bengkulu menggunakan pesawat harus dengan proses panjang hingga tiga hari, maka kesepakatan keluarga bahwa ibu dibawa dengan ambulan menggunakan jalan darat. Di Lampung ibunda menghembuskan nafas terakhir. Ahirnya jenazah langsung dibawa ke Kedurang.

Malam itu ada info siapa saja yang akan melayat. Dan aku menyanggupi ingin melayat. Ada sebuah alasan penting mengapa aku harus melayat ibunda beliau.

Suatu hari, Ayahku tanpa sepengetahuanku hadir ke tempatku bekerja dalam kondisi sakit. Waktu itu Ayahku ditemui oleh teman kerjaku ini. Beliau Ayahku diperlakukan dengan sangat baik sehingga tidak ada kecemasan dalam dirinya yang sudah mulai uzur. Aku juga tidak tahu mengapa Ayahku ingin turun di tempat kerjaku. Kemungkinan besar karena ia bangga aku bekerja di sini. Iya beliau bangga. Akhirny akau mengantar beliau pulang ke rumahku. Dan Cukup lama sampai akhirnya beliau sembuh. Latar belakang ceritanya juga cukup panjang. Akhirnya di tahun 2015 tepat di bulan kelahiranku, Ayahku menghembuskan nafas terakhir di Seluma. Semoga Allah megampuni segala dosa dan salah Ayahku, melapankan kuburnya dan memberi cahaya terang di kuburnya, menempatkan di sisiNya yang terbaik Aamiin.

Iya, perlakuan baik dari teman satu tempat kerjaku tadi yang membuat ayahku nyaman ketika tanpa sepengatahuanku beliau hadir dan beliau merasa nyaman.

*****

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa salam bersabda;

كُلُّ مَعْرُوفٍ صَدَقَةٌ 

“Setiap kebaikan adalah sedekah” (HR. Bukhari)

Hadits ini adalah dalil yang menunjukkan bahwa setiap kebaikan yang dilakukan manusia dengan niat baik tergolong sedekah yang diganjar pahala oleh Allah Ta'ala.

Hadits ini menunjukan pula bahwa sedekah tidak terbatas pada apa yang dikeluarkan seseorang berupa harta. Maka setiap yang mampu berbuat baik terhitung sebagai orang yang bersedekah, baik kaya maupun faqir.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib