Skip to main content

20 Ramdhan 1438 H

Bismillahi..
20 Ramadhan 1438 H
Berbuat Baik Adalah Sedekah

#RamadhanBerkah

Empat jam perjalanan menuju rumah duka di Kedurang Kabupaten Bengkulu Selatan tidak terasa melelahkan. Sedikitpun rasa lelah tidak menyurutkan keinginan ini untuk hadir lebih awal. Alhdulillah pukul 09.30 kami tiba di rumah duka yang sudah penuh sesak dengan jamaah pelayat. Lalu kami masuk ke dalam rumah. Di dalam juga sangat sesak. Pelayat silih berganti keluar masuk ruang utama tempat almarhum dibaringkan.

*****

Saudara almarhum yang ada di Jambi dan Riau sedang dalam perjalanan. Mereka sudah hampir 20 tahun tidak bertemu. Keinginan untuk bertemu untuk terakhir kalinya di dunia ini, sedikit menunda fardhu kifayah hingga pukul 12.30 bakda dhuhur nanti. Sampai atau tidaknya saudara almarhum dari rantau insya Allah pemakanan akan dilaksanakan bada dhuhur. Itu keputusan keluarga.

Mengingat hal di atas maka kami yang juga dari jauh mengusulka untuk shalat jenazah lebih dulu. Akhirnya usul ini diterima, kamipun berwudhu dan shalat jenazah dengan khusuk mendoakan almarhumah.

*****

Ibunya dirawat di Yogya. Waktu beliau diizinkan pulang dan terasa membaik, maka ada rencana akan dibawa ke Bengkulu. Sewaktu mau dibawa pulang ke Bengkulu menggunakan pesawat harus dengan proses panjang hingga tiga hari, maka kesepakatan keluarga bahwa ibu dibawa dengan ambulan menggunakan jalan darat. Di Lampung ibunda menghembuskan nafas terakhir. Ahirnya jenazah langsung dibawa ke Kedurang.

Malam itu ada info siapa saja yang akan melayat. Dan aku menyanggupi ingin melayat. Ada sebuah alasan penting mengapa aku harus melayat ibunda beliau.

Suatu hari, Ayahku tanpa sepengetahuanku hadir ke tempatku bekerja dalam kondisi sakit. Waktu itu Ayahku ditemui oleh teman kerjaku ini. Beliau Ayahku diperlakukan dengan sangat baik sehingga tidak ada kecemasan dalam dirinya yang sudah mulai uzur. Aku juga tidak tahu mengapa Ayahku ingin turun di tempat kerjaku. Kemungkinan besar karena ia bangga aku bekerja di sini. Iya beliau bangga. Akhirny akau mengantar beliau pulang ke rumahku. Dan Cukup lama sampai akhirnya beliau sembuh. Latar belakang ceritanya juga cukup panjang. Akhirnya di tahun 2015 tepat di bulan kelahiranku, Ayahku menghembuskan nafas terakhir di Seluma. Semoga Allah megampuni segala dosa dan salah Ayahku, melapankan kuburnya dan memberi cahaya terang di kuburnya, menempatkan di sisiNya yang terbaik Aamiin.

Iya, perlakuan baik dari teman satu tempat kerjaku tadi yang membuat ayahku nyaman ketika tanpa sepengatahuanku beliau hadir dan beliau merasa nyaman.

*****

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa salam bersabda;

كُلُّ مَعْرُوفٍ صَدَقَةٌ 

“Setiap kebaikan adalah sedekah” (HR. Bukhari)

Hadits ini adalah dalil yang menunjukkan bahwa setiap kebaikan yang dilakukan manusia dengan niat baik tergolong sedekah yang diganjar pahala oleh Allah Ta'ala.

Hadits ini menunjukan pula bahwa sedekah tidak terbatas pada apa yang dikeluarkan seseorang berupa harta. Maka setiap yang mampu berbuat baik terhitung sebagai orang yang bersedekah, baik kaya maupun faqir.

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)