Skip to main content

21 Ramadhan 1438 H

Bismillahi..

21 Ramadhan 1438 H
Pintu Arroyan

#RamadhanBerkah

Hari ini bertepatan dengan kelulusan siswa SD. Kami semua berharap hasil yang didapat siswa merupakan hasil perjuangan murni yang mereka dapatkan dengan kejujuran. Iya dengan kejujuran, terbukti di setiap event kompetisi bergengsi mereka selalu menunjukkan taringnya. Allahu Akbar!
Pertanyaannya adalah, dari mana sekolah-sekolah lainnya ini tiba-tiba muncul kepermukaan? Wallahualam bisshowab.

Sebelum sampai di sekolah Aku mengantar Bidadariku ke dauroh. Abdullah bertanya "Aku tidak turun?". "Abang ikut abi ke sekolah". Jelas umminya. "Yee hore ikut abi sekolah". Abdullah sangat senang sekali ketika diajak ke tempat kerjaku. Mungkin karena banyak anak-anak yang bisa diajak bermain dan lapangan yang cukup luas. Karena sekolahnya Abdullah sudah mulai libur.

Sampai di sekolah ketika berkumpul di sebuah ruangan, mulailah si Abang berdiplomasi. Mau kencing, BAB, sekedar melihat tas lalu minta kue, minta makan siang. Padahal jam masih munjukkan pukul 10.00 pagi. Sesuai dengan kesepakan sahur tadi subuh. Abdullah diajak ke sekolah agar puasanya terjaga. Jadi, antara tega dan tidak tega kalimat motivasi mutlak tersusun rapi buat Abdullah pagi ini.

*****

Hari sudah menunjukkan pukul 11.00 WIB. Dauroh akan segera dipending. Telur dua karpet menambah beban bebek yang dikendarai siang ini. Kalau ingat keinginan besar Abdullah, saat-saat seperti ini ia sering berujar sekaligus berdoa penuh harap "Mau mobil besar warna merah". Aamiin. Semoga ya bang, Aamiin.

kami berempat sudah diatas kendaraan saja sekarang. Tiba-tiba helm si Abang sudah menempel di kepala motor. Ini alamat si Abang sudah mengatuk. Megapa tidak, sedari tadi larian keliling sekolah dari kolam satu ke kolam yang lain bermain sama ikan. Berlarian sangat menguras energi hingga ia capek. Ia pun langsung ditidurkan di kamar. Sempat terbangun dan menanyakan susu. Hee.. si Abang sempat-sempatnya ya. Tapi lagi-lagi diplomasi dua arah berjalan baik hingga ia tertidur.

*****

Bakda ashar semua sudah siap. Kita ada ifthor jamaai di sekolah. Puasa si Abang alhamdulillah masih terjaga. Benarlah kata umminya, "Sepertinya puasanya hari ini bakal bertahan lebih lama". Pun ketika ashar disudahi, harapan itu semakin besar "Sepertinya puasanya full hari ini". Sejenak terlintas beberapa parenting mengatakan "Anak-anak sesuai dengan apa yang dipikirkan orang tuanya".

*****

Allahu Akbar! Walillahilham

Abi begitu gembira meihatmu sahur bersama terlebih pada saat berbuka hingga maghrib. Ini awal yang baik untuk kedepan yang sempurna. Prestasi yang luar biasa, Abi takjub. Abi wajib rasanya memberikan apresiasi tinggi buatmu hari ini. Abdullahpun hanya meminta sereal cokelat dan susu. Semoga ini bagian dari doa-doa yang baik anakku. Ketika engkau tahu bahwa surga itu ada tujuh tingkatan dan tingkat paling atas adalah Jannatul Firdausi. Semoga Allah menempatkanmu kelak melalui pintu ArroyanNya yang agung.

Allahu Akbar! Allahu Akbar!
Walillahilham..

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151).

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)