Skip to main content

14 Ramadhan 1438 H

Bismillahi..

14 Ramadhan 1438 H
Tsmara Ufairoh Adzka

#RamadhanBerkah

Tsamara Ufairoh Adzka. Ia gadis kecil berumur 3 tahun 4 bulan. Kami lahir di tanggal dan bulan yang sama. Tanggal 5 februari. Perbandingan umurku dan anak perempuanku adalah 1:10. Berapa umurku sekarang?. Ini bukan soal matamatika kelas enam yang akan diujikan di Ujian Nasional tingkat SD. Melainkan nilai dari nama dan kedekatan omosional penghubung cinta kepada Rabb ketika nama tersebut dilantunkan.

Tsamara, sering dipanggil juga Adzka, adik dari Anak sulungku Abdullah. Jari jemarinya sudah mulai lincah menarik-narik bibirnya. Aku perhatikan memang sudah nampak pecah-pecah. Apakah reaksi panas dalam? atau benar sudah tumbuh sariawan?. Seketika sudah selesai aktifitas di hari kamis kemarin, bibir itu sudah mulai memerah. Tangannya sudah jarang berlabuh di sana. Ia, Tsamara sudah tersenyum merona.

Ufairoh, walaupun kau perempuan kau juga harus berani mengambil peran dalam membela agamamu. Satu-satunya agama yang diridhoi Allah SWT dan sampai kiamat nanti harus kau jaga. Dengan hatimu, dengan lisanmu, dan dengan tanganmu, aku yakin engkau akan menjadi perempuan yang pemberani. Kau harus tahu ummul mukminin, Khadijah Alkubroh. Perempuan pertama yang membela Agama Allah. Dan Kau juga pasti mampu mewarisinya. Aamiin

Sekarang benar kau masih kecil. Tanganmu masih mungil yang akan menjadi saksi perjuanganmu menuju cita-cita mulia. Allahu Akbar! Walillahilham.

Adzka, ketika diam-diam aku melihatmu bermain boneka sendirian. Hati ini rasanya berdegub kencang. Ketika tiba-tiba abangmu menghampiri dan mengambil mainanmu yang lain. Kau sadar bahwa kau belum membutuhkanya. Maka kau lihat saja abangmu. Lain cerita jika mainan itu tepat berada dihadapmu. Diplomasi sampai argumen tingkat tinggi keluar spontan yang mengundang gelak tawa kami. Ha..ha..ha.. Jika ada dua kau akan berika satu, kalau hanya satu, ini momentumnya. Kau sering mengalah, apa karena tubuhmu yang mungil? Kau ambil mainan yang lain.

Hari sudah semakin sore, jumat besok kita lanjutkan perjuangan panjang ini. Agar aku selalu dapat melihat senyum ceriamu bersama abangmu. Kebanggaan Abi dan Ummi. Kita tutup sore ini dengan "Amsaina ala fithratil Islami wa kalimatil ikhlashi wa ala dini nabiyyina muhammadin shallallahu alaihi wa sallama wa ala milati abina ibrahima hanifan wama kana minal musyrikin"

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

(Rabbana hablana min azwajina wa dzurriyyatina qurrata a’yun waj’alna lilmuttaqina imama)

“Wahai Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS.Al Furqan:74).

Aamiin.. Aamiin.. Aamiin..
Ya Rabbal Alamin..

Comments

Popular posts from this blog

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI Silsilah Nabi / Rasul Sumber : Silsilah Nabi dan Rasul SILSILAH 25 NABI Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin. 1. ADAM AS. Nama: Adam As. Usia: 930 tahun. Periode sejarah: 5872-4942 SM. Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab. Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan. Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali. . 2. IDRIS AS. Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. Usia: 345 tahun di bumi. Periode sejarah: 4533-4188 SM. Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis). Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali. . 3. NUH AS. Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qi

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya. 1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: : a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain. b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu. c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya. d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebaga

Adzka Juara 1 Lomba Puzzle dan Manfaat Bermain Puzzle

Obrolan kami di rumah terlihat sangat santai, "Besok Adzka ikut lomba Puzzle bang" cerita istriku. "Oh begitu, kok bisa ikut?" selidikku. Karena kami sangat tahu bagaimana perkembangan Adzka di sekolahnya. Usut punya usut ternyata Adzka bisa ikut karena Paud IT Auladuna mendapat kuota tambahan sebagai peserta lomba dan tidak semua anak-anak dipilih.  Beruntungnya karena umminya disekolah jadi diprioritaskan. Tim intinya sudah dibentuk, Adzka sebagai pelengkap dan sebagai penggembira. Tak apa, itung-itung uji nyali di depan umum dan belajar bersosialisasi. Pengalaman itu sangat berharga. Namun, lihat nanti apa yang terjadi? Sehari sebelum hari lomba, iya di Ahad itu umminya sedang ada kegiatan di luar sana. Aku sendiri yang menjaga mereka di rumah. Termasuk abang nya, Harrik. Harrik kalau soal puzzle tidak diragukan lagi karena dia sudah membuktikan tahun lalu berhasil menjadi juara 2. Harrik masuk daftar tim inti lomba Puzzle. Sekali lagi Adzk