Wednesday, 31 May 2017

6 Ramadhan 1438 H

Bismillahi..

6 Ramadhan 1438 H
#PenuhHarap

Jam di dinding berdetak ritmis. Sunyi di ruang ini pecah ketika di menit 45 dari pukul 11 gelap karena padamnya listrik. Hujan masih merajai hari. Suasana di luar sanapun terus berkecamuk antara air dan angin. Menderu-deru seakan memberi isyarat dia penguasa hari.

Alhamdulillah RahmatNya diturunkan di bumi ini sedari pagi tadi sejenak lisan bertutur rapi "RahmatNya menaungi kita semua di sini, Aamiin". Akhir dari sebuah ungkapan sukacita yang dalam terbentuk dari hati yang sadar ukhuwah bukan sebatas saling mengenal. Lebih dari itu, Aku harus memahami saudaraku sebagai penyempurna hati di hadapan Tuhanku.

Aktiftas sejenak berhenti, isyarat diri ini harus menengadahkan tangan lebih tinggi. Lamunan ini terus berimajinasi. Sampai-sampai aku hampir lupa diri. Berjalan-jalan menyusuri petak-petak putih di lantai hati berhari-hari. Terus melaju mendaki anak tangga disaksi dengan krokot berseri-seri. Seakan mereka gembira merasakan luapan hati ini. Oh.. krokot kau tak berduri tapi kau bisa menusuk hingga ke jantung hati.

Allah telah mengilhamkan ketenangan dalam hati dan jiwa ini. Pantaslah kalau Aku bersyukur. Tapi apa hendak dikata, Dhuhur sudah berlalu. Setelah ku yakin dengan gontai ku arah langkah pasti menunggu jamaah rawatib di kanan di kiri. Aku tertegun dengan tujuh shof siap berada di belakangku. Berkali-kali aku cemburu mereka yang lain sudah berlalu.

Tapi, Allah maha tahu, tujuh shof ada di belakangku. Semua mengikuti gerak tumaknina ke arah satu. Aku tak sendiri, ada tujuh shof di belakangku. Yang membantuku perfikir "Prasangkaan Allah sama seperti prasangkaan hambahnya".

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Allah Ta’ala berfirman,

أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِى بِى

“Aku sesuai dengan persangkaan hamba pada-Ku” (Muttafaqun ‘alaih).

Pesan ini mengajarkan bagaimana aku harus huznuzhon pada Allah dan memiliki sikap roja‘ penuh harap hanya padaNya.

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

4 Tips Donor Darah Saat Puasa

Donor darah menjadi trend gaya hidup sehat masa kini. Selain memenuhi kebutuhan hidup para penggunanya, donor darah menjadi sebuah kebutuhan...