Skip to main content

4 Ramadhan 1438 H

Bismillahi..

4 Ramadhan 1438 H
#Rompi

Warnanya hitam ada tulisan khusus dari mana asal muasalnya. Aku sangat tertarik dengannya. Setiap hari kukenakan dengan sebagai pelengkap safari. Iya, ia sangat cocok digunakan di semua aktifitas. Pagi hari pada waktu berangkat kerja dan tentu waktu pulang kerja selalu kukenakan dengan baik.

Namanya Rompi Pramuka, kudapatkan ketika baru-baru waktu itu menjadi pembina pramuka di Pangkalan SDIT IQRA' 1 Kota Bengkulu. Menariknya adalah ketika kukenakan timbul sebuah pertanyaan. Dari mana aku dapatkan rompi bertuliskan "Scout Thailand" Pramuka Thailand. Iya aku dapatkan rompi itu dari seseorang. Itu saja, ini adalah hadiah.

Hari itu seperti hari biasanya, aku membereskan perlengkapan di meja kerja. Semua bangku sudah tersusun rapi. Semua harus beres karena besok ruangan ini tak perpenghuni. Mereka libur selesai ujian. Akupun segera pulang. Tanpa disadari, 30 menit kemudian aku baru ingat akan rompi Thailand. "Besok saja aku bergumam". Besok aku tetap masuk dengan agenda yang lain. Banyak kerja dan bersibuk diri dengan segudang target.

Apalah daya entah aku lupa atau bagaimana. Sampai tulisan ini dibuat akupun tak pasti dimana Scout Thailand itu berada. Aku mencoba bertanya kesana kemari, sambil mengingat-ingat dan semua nihil. Sebuah kesimpulan harus diambil. Aku harus ikhlas. Kalau itu masih milikku ia akan kembali. Atau mungkin ada yang lebih membutuhkannya.

Hari-haripun berlalu, satu tahun dua tahun. Sweter lain juga masih banyak di lemari. Jaket-jaket jadul juga masih oke. Boleh kalau mau dicoba.

Agenda hari ini segerah dituntaskan, besok kita ke Cibubur. Satu minggu disana di alam bebas. Terpikir sudah bagaimana nanti di sana. Aku sangat menikmati nuansa kearifan dan ukhuwah saudar se-Indonesia. Tidak lengkap 34 Provinsi tapi cukuplah membuat pengalaman ini bertambah. Syukur-syukur ternyata di akhir kursus aku diberi sebuah Rompi Loreng Pramuka. Kebayang kan bahagianya. Sebab-musabab diberi rompi itu tak perlulah aku cerita. Yang pasti aku bahagia.

Tak lama berselang, dari kota kelahiranku, aku dan empat unsur terkait pergi ke pulau Dewata atas sebuah undangan rasmi kementrian. Malam pembukaan hari pertama tiba di Prime Plaza Hotel & Resorts tiba-tiba nomor 32 masuk ke sebuah ruangan. Hal biasa dalam sebuah diklat apalagi sekelas kementrian, semua perlengkapan alat tulis dan id card dibagi secara merata. Dan tak lupa, ada sebuah Rompi Cokelat yang membuka memoriku dua tahun silam. Rompi Cokelat bertulisan "Gudep Unggul". Tak perlu jualah aku cerita di sini rangkaian memori di sana.

Allah berfirman "

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ‌ يُسْرً‌ا – إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ‌ يُسْرً‌ا

“Maka sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” [Qs. Alam Nasyrah: 5-6]

Rompi yang dulu hilang adalah sebuah problem yang harus kusadari bahwa itu adalah takdir dari Allah yang maha kuasa. Tiada sikap diriku kecuali bersera diri dan bertawakal padaNya. Cibubur dan Bali dua tempat bagaimana cara Allah menggantinya dengan Baik dan wajib aku syukuri.

Bolehkah aku berujar "Allah telah mengganti satu Rompi hitam yang dulu dengan dua rompi yang tak kuduga-duga bagaimana aku mendapatkannya".

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)