Skip to main content

Info Lomba Menulis

≡Navigation

Home » Sayembara » Sayembara Penulisan Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal

Sayembara Penulisan Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal

Posted by Saifullah Indra on 6/12/2016

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Salam sejahtera dan bahagia bagi Anda pengunjung kolom Edukasi di manapun berada.

Untuk menjadi generasi yang unggul, anak Indonesia memerlukan inspirasi positif dari berbagai sumber, antara lain, cerita anak.

Pesan dalam cerita anak seyogianya mampu membuat anak tidak hanya berwawasan global nan modern, tetapi juga berwatak luhur selaras dengan kearifan budayanya.

Gagasan tentang nilai kebaikan yang terwujud dalam adat istiadat, pepatah petitih, permainan tradisional, dan warisan budaya takbenda lainnya merupakan khazanah kearifan lokal yang sangat berharga untuk dimanfaatkan sebagai bahan cerita anak.


Sehubungan dengan hal itu, guna menyediakan prasarana penghargaan bagi guru yang berprestasi dalam penulisan karya sastra, Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa memberikan peluang dan tantangan bagi guru SD dan MI serta guru lembaga PAUD untuk mengangkat kearifan lokal menjadi bacaan bermutu yang sesuai dengan kebutuhan anak Indonesia melalui Sayembara Penulisan Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal.

PESERTA;

Peserta sayembara ini adalah guru sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiah (MI) serta guru lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) di seluruh Indonesia.

PENULISAN NASKAH;

1. Cerita berbentuk prosa dan menggunakan bahasa Indonesia.

2. Isi cerita sesuai untuk anak berusia 4 - 10 tahun.

3. Tema cerita sesuai dengan kekinian, tidak mengandung unsur pornografi dan radikalisme, serta tidak berpotensi menimbulkan konflik suku, agama, ras, dan antargolongan.

4. Cerita mengangkat kearifan lokal, tetapi tidak bersumber dari cerita rakyat.

5. Cerita harus asli (bukan saduran atau terjemahan), belum pernah diterbitkan atau dipublikasikan, dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba apa pun.

6. Naskah cerita memuat 2.500-3.000 kata serta diketik dengan menggunakan kertas ukuran A-4; huruf Tahoma berukuran 11; spasi 1,5; dan satu sisi halaman (tidak bolak-balik).

7. Naskah cerita dapat disertai ilustrasi buatan sendiri.

Baca juga: Lomba Artikel dan Karya Jurnalistik Serta Lomba Foto Pendidikan dan Kebudayaan


PENGIRIMAN NASKAH;

1. Naskah cerita dikirim sebanyak empat rangkap dengan dilampiri;

a. biodata (termasuk alamat lengkap yang terjangkau layanan pos dan nomor telepon yang dapat dihubungi),b. fotokopi kartu tanda penduduk (KTP),c. surat keterangan mengajar dari kepala sekola/ lembaga pendidikan, dand. surat pernyataan keaslian karya bermaterai rp.6.000,00.

2. Peserta dapat mengirim naskah sebanyak-banyaknya tiga judul karya.

3. Naskah dapat diserahkan secara langsung atau dikirimkan melalui pos.

4. Naskah diterima panitia selambat-lambatnya 29 Agustus 2016 (per tanggal pengiriman).

PENGHARGAAN;

1. Karya terbaik akan diumumkan pada 26 September 2016, baik melalui publikasi di laman Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa maupun melalui surat dan telepon kepada pemenang.

2. Enam peserta dengan karya terbaik akan memperoleh penghargaan berupa piagam, cindera mata, dan dana pembinaan penulisan kreatif dengan perincian jumlah sebagai berikut;

a. Pemenang I : Rp.12.000.000,00b. Pemenang II : Rp.10.000.000,00c. Pemenang III : Rp.8.000.000,00d. Pemenang IV : Rp.6.000.000,00e. Pemenang V : Rp.5.000.000,00f. Pemenang VI : Rp.4.000.000,00

Jumlah dana pembinaan tersebut akan dipotong pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

3. Sepuluh karya terbaik akan diterbitkan dalam bentuk antologi.

4. Penghargaan akan diserahkan pada acara Puncak bulan Bahasa dan Sastra di Jakarta pada akhir Oktober 2016.

TANGGAL PENTING;

1. Penerimaan naskah : 1 Juli – 29 Agustus 2016

2. Pengumuman pemenang : 26 september 2016

3. Pemberian penghargaan : Akhir Oktober 2016.

ALAMAT PENGIRIMAN;

Panitia Sayembara Penulisan Cerita Anak

Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun, Jakarta 13220

Telepon (021) 4896558, 4894564, 4750406 Pesawat 2203

Pos-el: penghargaanbb@gmail.com

Narahubung: Dewi (08161131164); Ika (085725609791).

Bagaimana Bapak Ibu Sahabat Kolom Edukasi, apakah Anda tertarik mengikuti lomba penulisan cerita anak tahun 2016?. Jika iya, silahkan mengikuti petunjuk yang telah admin sebutkan di atas.

Untuk info lebih jelasnya, silahkan Anda berkunjung ke laman resmibadanbahasa.kemdikbud.go.id atau laman brosur terkait sayembara di sini.

Demikian informasi yang dapat admin share, semoga bermanfaat, terima kasih dan wassalam.

 

PREVIOUS
Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi dan Tambahan Penghasilan bagi Guru PNS Daerah

NEXT
Pengurangan APBN 6,5 Triliun Tidak Mengurangi Prioritas Pendidikan dan Kebudayaan

Related News

Sayembara Menulis Surat untuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndonesiaSayembara Penulisan Karya Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan Tingkat NasionalLomba Guru Menulis Antikorupsi: Anti-Corruption Teacher Supercamp 2016

Label: Sayembara

0 komentar:

Post a Comment

GO

POPULAR NEWS

Grahatama Pustaka, Gedung Perpustakaan Terbesar Di IndonesiaNenek Siti Rahmani Rauf, Penulis Buku Bahasa Indonesia “Ini Budi” Tutup UsiaEstimasi Hak Pensiun Dan Tunjangan Hari Tua (THT) bagi PNSPengecualian Moratorium PNS Hanya Untuk Instansi TertentuInilah Rangking Kampus Terbaik di Indonesia Tahun 2016

LABELS

Artikel Beasiswa Guru CPNS Dapodik Free Aplikasi Free DataGaji Game Edukasi Honorer Info Khusus Info LowonganInformasi Inspiratif Jadwal UN Kampus Keluarga Kesan GuruKurikulum Moratorium NUPTK Pembelajaran Pendidikan PNSPsikologi Jiwa PUPNS Rasionalisasi PNS RPP dan SilabusSayembara Sekolah Sertifikasi Teknologi Tips dan TutorTokoh dan Figur UKG UKS dan TOGA Wisata Edukasi

Copyright © 2016 KOLOM EDUKASI All Rights Reserved

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)