Post Page Advertisement [Top]

IPA

Tumbuhan Hijau

BAB II

BAB II

PEMBUATAN MAKANAN PADA TUMBUHAN HIJAU

Peta Konsep :

Pembuatan Makanan Pada Tumbuhan Hijau

Tumbuhan hijau merupakan satu-satunya makhluk hidup di dunia yang dapat membuat makanannya sendiri. Oleh karena itu, tumbuhan hijau merupakan sumber makanan bagi makhluk hidup lainnya termasuk manusia.

1. Proses Tumbuhan Hijau Membuat Makanan

Perhatikanlah penampang daun berikut ini!

Perhatikanlah bahwa pada daun terdapat sel yang mengandung kloroplas yang disebut lapisan palisade. Di dalam kloroplas terdapat zat hijau daun yang disebut klorofil. Klorofil berperan pada proses pembuatan makanan yang berlangsung di daun. Selain klorofil, untuk membuat makanan tumbuhan juga memerlukan karbondioksida, air, dan sinar matahari.

Energi dari sinar matahari digunakan untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi glukosa dan oksigen. Proses ini kemudian dikenal dengan nama fotosintesis. Secara alami, proses fotosintesis hanya berlangsung pada siang hari karena proses ini memerlukan cahaya matahari. Secara singkat, proses fotosintesis dapat di lihat pada diagram berikut ini :
Cahaya Matahari Air + Karbondioksida ⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯→ glukosa + Oksigen

2. Tempat Menyimpan Timbunan Makanan pada Tumbuhan

Setiap tumbuhan memiliki tempat menyimpan timbunan makanan yang berbeda-beda. Ada tumbuhan yang menyimpan timbunan makanan pada akar, batang, ataupun buah. Berdasarkan tempat menyimpan timbunan makanannya, tumbuhan dikelompokkan menjadi empat, yaitu:

a. Tumbuhan yang menyimpan timbunan makanan di dalam umbi

b. Tumbuhan yang menyimpan timbunan makanannya di dalam buah

c. Tumbuhan yang menyimpan timbunan makanan di dalam biji

d. Tumbuhan yang menyimpan timbunan makanan di dalam batang

Tumbuhan Hijau Sebagai Sumber Makanan Manusia dan Hewan

Manusia dan hewan sangat bergantung pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan. Akar, batang, daun, biji, buah, dan bunga merupakan bagian dari tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai sumber makanan bagi manusia dan hewan.

Peranan Penting Tumbuhan Hijau Bagi Manusia dan Hewan

Tumbuhan hijau merupakan sumber makanan bagi manusia dan hewan. Apabila tidak ada tumbuhan hijau maka tidak tersedia sumber bahan makanan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk tumbuh dan berkembang biak. Selain itu, tidak adanya tumbuhan hijau
mengakibatkan tidak ada oksigen yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk bernapas.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib