Post Page Advertisement [Top]

Edutrip ke Curup Wajib Kunjungi Objek Wisata Berikut

Alhamdulillah kemarin 11 Desember 2021 kita edutrip ke berbagai tempat di kota sejuk Curup Rejang Lebong, Bengkulu Indonesia. Kami berjumlah sekitar 60 orang berangakat dengan 9 mobil pribadi dan sewaan. Kemana saja nih musim penghujan kok mau jalan-jalan? Simak ulasan berikut agar tahu bagaimana caranya wisata edukasi di musim penghujan di wilayah kabupaten Curup, Rejang Lebong.

Tebing Suban dan view Kota Curup

Armada

Bukan Armada band ya hee kalau yang ini bisa buat nanti kita. Armada disini adalah pilihan tang tepat untuk keliling kota Curup tentunya di musim hujan bulan Desember. Secara hujan bulan Desember ga kenal waktu. Tapi menurut penerawangan saintis hujan turun saat sore hari.

Nah kembali ke armada ini sangat penting. Curup Rejang Lebong merupakan kota kabupaten dengan tujuan destinasi yang melewati jalan raya yang cukup kecil. Jadi secara spontanitas armada yang menjadi rekomendasi adalah mobil pribadi atau travel.

Aman kok, dengan menggunakan mobil pribadi atau travel dijamin kebersamaan tetap bisa didapatkan dengan catatan kompak dan mau diatur hee. Wajar ya jika dalam sebuah perjalanan ada ketua rombongan atau yang bertugas mengatur jalannya perjalanan biar tetap asyik.

Rute Perjalanan

Penting ya pake banget, sesuai dengan target yang diinginkan. Pertimbangan juga adalah cuaca, maklum Indonesia negara dengan 2 musim yang dominan musim panas dan musim hujan. Karena musim hujan di bulan Desember jadi trip utama harus ditentukan biar tidak salah langkah, ga lucu kan kalau gagal sudah trip sekampung hee.

Suban Air Panas
Rekomendasi ketua rombongan kita pergi ke Suban Air Panas pada saat tiba hingga menjelang tengah hari dan istirahat makan siang juga shalat. Nah kemarin kita nyampe sekitar pukul 09.30 wib istirahat sebentar langsung nemanin bocah-bocah pada ga sabaran lihat kolam air panas.

saat tiba di Suban Air Panas

Menariknya di pamandian air panas ini kita bisa pilih beragam tempat. Kolom yang kami gunakan saat ini adalah tempat favorit di sejak dahulu. Biasanya kalau kesini wajib masuk ke kolam air panas ini. Kolamnya banyak pilihan mulai dari yang surut hingga yang terdalam 2 meter, atau kita jiga bisa pilih tingkat kepanasan air yang kita inginkan. Pokoknya pilih-pilih deh harga tiket masuk juga ramah banget pokoknya.

Shalat di Masjid gang D Syandana 88

Saya lupa nama masjid ini apa, tapi rute kedua setalah dhuhur tiba kami langsung menuju destinasi wisata edukasi Taman Bunga D Syandana 88. Sebelum masuk ke lokasi kami mampir ke masjid ini untuk menunaikan shalat dhuhur dan ashar jamak.

Karena saya tadi belum sempat nyenack (makan snack=makanan ringan) atau ngemil apa begitu, saya berdiam sebentar di dalam mobil makan buah-buahan seperti apel, pear, dan kudapan pagi tadi yang masih sedap nikmat. Ga lama setelah itu saya juga turun menuju masjid dan menunaikan ibadah shalat dhuhur dan ashar jamak.
viewnya  bagus banget dari sini

Jangan lama-lama, ini masih bakal lanjut lagi karena 200 meter ke dalam bakal nemu yang namanya Kebun Bunga D Syandana 88.

D Syandana 88 Kebun Bunga

Nah kami melanjutkan perjalanan dengan santai menuju kebun bunga D Syandana. Ketika semuanya sudah pada antrean buat masuk, tiba-tiba hujan turun cukup deras. Sehingga kami berlindung di bangunan semi villa 3 lantai dan asyik banget lah.

Tanpa ba bi bu, rombongan yang dari lokasi kolam air panas dibekali dengan nasi kotak satu persatu, akhirnya kita makan siang rame-rame. Eit.. ini juga ya bekal makan siang juga jangaj lupa dicantumkan dalam daftar penting. Bisa pesan, bisa bawa dari Bengkulu misalnya atau mau makan siang langsung di resto mana begitu. Tapi makan siang dengan nasi kotak begini lebih dari cukup. Pas mantab.
villa D Syandana 88

Sekitar 30an menit makan sambil menunggu hujan redah. Kami ngobrol santai sesama rombongan. Ini bangunan baru dibuat pengelola D Syandana 88, Bapak yang menawarkan tempat ini juga baik banget, ramah jadi makin betah berteduh di villa ya hee.

Setelah hujan redah kami kembali turun menikmati keindahan taman bunga D Syandana 88. Taman bunga atau kebun bunga D Syandana 88 saat ini sudah makin keren dan asyik. Wahana yang disediakan juga semain variatif. Pada bagian atas ini suasananya juga mendukung sekali untuk berwisata menyejukkan mata. Di bagian bawah ada sungai kecil yang juga menambah suasana sejuk di seputar taman bunga D Syandana 88. Langsung saja ya, chek di tulisan saya sebelumnya ya.

Tebing Suban

Nah setelah sekian lama di taman bunga D Syandana 88 kami akhirnya bertolak menuju Taman Wisata Tebing Suban. Iya lokasinya tidak jauh dari Suban Air Panas yang tadi pagi kita kunjungi. Sedangkan D Syandana 88 arah ke puncak lagi ya. Pokoknya seru deh.

Oke kita fokus ke Tebing Suban ya. Lokasinya benar-benar di tebing. Setelah memarkirkan mobil kami langsung menuju gerbang utama, parkir mobil 10k masuk 10k.

Kalau menyusuri jalan beraspal kita akan bertemu dengan wahana permainan anak-anak lengkap dengan pelosotan, ayunan juga trompolin yang benar-benar memanjakan anak-anak. Anak-anak saya sampe ga mau pulang saking asiknya main di sana. Bocil-bocil pada ngumpul semuanya di sana. Seru banget deh jempol pokoknya.
di Puncak Tebing Suban

Baru nanti kalau kita ke atas lagi ada beberapa tempat nongkrong yang disediakan kursi meja lengkap, suasananya romantis hee. Ada juga lampu-lampu yang menghiasi di langit-langit terbuka. Sepertinya ini makin keren kalau malam hari beneran karena efek dari lampu yang tersebar di beberapa titik.

Ada juga bangunan rumah segitiga sama kaki hehe. Bangunan bertingkat seperti resto juga masih dalam tahap pengerjaan. Ada mushalla juga kayaknya di arah timur. Nah disini kita bisa duduk santai sambil menikmati indahnya pemandangan ke arah kota Curup.

Ini kalau kita melewati jalan beraspal lurus ke atas ya. Nah kalau tadi farj gerbang utama kita ke kanan makan akan langsung ketemu taman bunga yang juga ga kalah serunya dengan D Syandana 88 tadi, bunga-bunganya tentu saja beragam. Pengunjung bebas mau foto-foto atau sekedar melewati jalanan menanjak dengan anak tangga berliku-liku. Ada spot gerbang kecil setidaknya 2 gerbang ya sebagai simbolis jalan menanjak melewati tengah-tengah taman bunga.

Pas kita sampai di atas, kita akan bertemu dengan suasana yang sama sepeti yang kami jelaskan di atas. Banyak pilihan tempat duduk santai sambil menikmati indahnya Kota Curup dari ketinggian bersama orang terkasih ciee.
ini saat kita di D Syandana 88

Buruan catat tanggalnya ya, wisata ini dibuka setiap hari dari pagi hingga sore dan menariknya lagi adalah khusus sabtu ahad dibuka hingga pukul 22.00 wib. Seru ga tuh?

Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar. Kami akhirnya bertolak menuju kota Bengkulu. Sebelumnya kami istirahat sejenak menikmati kehangatan dari bakso miso mang midi yang terkenal itu. Banyak pilihan makanan hangat yang sedal disantap disini. Tinggal pilih saja mau yang mana ya hee. Ada juga sebagian berbelanja oleh-oleh di toko oleh-oleh di samping mang midi, banyak pilihan mulai dari olahan umbi-umbian, keripik, olahan pisang, olahan jagung dll.

Oke sampai jumpa di trip selanjutnya. Alhamdulillah

17 comments:

1. waah serunya jalan-jalan besamo, jadi pengen ke wisata itu....selama ini kalo ke curup taunya mandi di air suban ajeee....

Replies
    1. iya bun, kalau Suban Air Panas sudah iconnya Curup ya. Sekarang banyak sekali destinasi wisata yang bagus buat dikunjungi mumpung libur akhir tahun nih.

Delete
  2. Pasti seru kalo liburan akhir tahun nih ke situ, apolagi ke Suban yg dah jadi ikon tempat wisata Curup...

ReplyDelete
  3. Tebing Suban tuh, wajib nian, y, kalo ke Curup. Banyak tempat foto-foto, dan suasananyo bikin mager.

4. Ampun sudah berapa lama gak ke Curup, hahaha. Berasa jauh. Keluarnya. Banyak perubahan sekarang yah. Jadi bisa edukasi juga sama keluarga

5. Wisatanya keren sekali, tebing suban bisa jadi salah rekomendasi wisata nih, emang kalo musim hujan, pinter2 cari waktu buat berwisata

ReplyDelete
  6. bertamasya rombongan serame ini sampai 60 orang pasti seru sekali, main ke Tebing Suban dan ke Curug, selain itu tiketnya cukup murah meriah nih

7. Ada banyak tempat indah ternyata di Curup ya. Semoga suatu saat aku juga bisa menikmati keindahannya juga.

8. Udah lama banget nggak jalan-jalan jauh apalagi ke curup. Jadi rindu suasana dinginnya kota curup

9. Sepertinya kalau malam lebih seru ya, visa lihat lampu2 kota di bawahnya 😃

10. Curup emang keren ya Kak untuk dijadikan destinasi tujuan wisata. Aku suka sekali ke sana, selain menawarkan beragam buah-buahan segar, Curup juga punya udara yang amat sejuk. Pokoknya kalau ke Bengkulu itu, rasanya senang sekali ke Curup.

11. keknya seru ya jalan2 sekampung gitu, wkwk. tapi tetep jaga prokes kan!

ReplyDelete
  12. Ini memambg t4 fav dri jaman dahulu kala eeee...

13. terima kasih atas reviewnya, la lama nian gak main ke curup, patutlah diagendakan

14. emang enak berwisata ke curup, cuman gak nahan itu pas di liku sembilan, mujur nian kalo saya idak mabook

ReplyDelete
  15. 2012 pernah mampir ke Curup abis dari Bengkulu kota. Curup Rejang Lebong emang sejuk dan dingin banget. Sepertinya sekarang udah banyak wisata yang dibuka.

16. Masyaallah kota curup yg selalu dilewati ketika ingin pulang kampung skrg dah lama banget ga menikmati suasana dinginnya di curup

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.