Post Page Advertisement [Top]

GLN Memberikan Kesempatan Untuk Berkarya Tulis

 


Pada tahun 2013 sejak saya memulai geliat di ranah literasi dan jauh sebelum tahun 2016 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggiatkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) sebagai bagian dari implementasi dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, saya sudah memulai menulis buku. Berkaitan dengan materi yang disajikan pada BIMTEK Guru Belajar dan Berbagi Seri Literasi dan Numerai ini saya sangat antusias dengan materi GLS karena saya merasakan sesuatu hal yang sejalan dengan apa yang sudah saya lakukan selama ini.

Oleh sebab itu saya akan berusaha semaksimal mungkin agar apa yang sudah selama ini saya geluti akan kembali bergeliat untuk mencapai target-target literasi yang paripurna. Apa saja upaya yang akan saya lakukan? Diantaranya saya akan rutin menulis di blog pribadi saya dengan berbagai genre yang bias saya bagikan melaui tulisan saya.

Terkait dengan materi yang ingin saya dalami adalah sejalan dengan program kerja yang selama ini saya lakukan di sekolah. Dalam Gerakan Literasi Nasional ada tiga hal penting yakni Pembiasaan, Pengembangan, dan Pembelajaran. Pada Pembiasaan sudah saya lakukan bersama rekan sejawat dan atas support dari sekolah misalnya membaca 15 menit sebelum pembelajaran. Pada tahap pengembangan saya juga sudah membuat komunitas di sekolah dengan nama Komunitas Cinta Buku (KCB) dan berhasil menghasilkan buku-buku bacaan berkualitas untuk siswa dan umum.






Saya ingin mengembangkan minat dan bakat saya dan siswa serta guru-guru atau teman sejawat saya di sekolah tempat saya bernaung mengabdikan diri. Menumbuhkembangkan minat bakat ini akan sangat besar manfaatnya jika dilakukan secara bersama-sama atu berkolaborasi dengan rangkaian perencanaan yang matang. Dengan kekuatan yang besar sangat memungkinkan saya dapat mengajak untuk menghasilkan buah karya fonomenal dan memiliki hak karya cipta yang masuk kategori kekayaan intelektual. Buku, modul, sarana pendidikan lainnya adalah contoh objek kretaifitas yang menjadi target pengembangan diri.

Baca Juga : Penghargaan dan Karya Literasi Efri Deplin

Berikut adalah video pengimbasan Guru Belajar dan Berbagi Seri Literasi dan Numerasi :


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib