Post Page Advertisement [Top]




Donor darah menjadi trend gaya hidup sehat masa kini. Selain memenuhi kebutuhan hidup para penggunanya, donor darah menjadi sebuah kebutuhan dan daya tarik sosial. 

Pada saat puasa apalagi di masa pandemi saat ini tidak menjadi halangan bagi para pendonor untuk mendonorkan darah. Simak 4 tips donor darah saat puasa berikut untuk mengambil langkah yang tepat.

1. Persiapan Fisik dan Mental

Menurut World Health Organization (WHO), kesehatan adalah kondisi fisik, mental, dan sosial yang lengkap dan bukan sekadar tidak adanya penyakit atau kelemahan. Definisi kesehatan tersebut menegaskan bahwa kesehatan mental patut diperhatikan.

mental adalah hal yang mendasar bagi kemampuan manusia untuk berpikir, berkembang, berekspresi, berinteraksi, mencari nafkah, serta menikmati hidup. Inilah alasan mengapa kamu perlu mengenali dan menjaga kesehatan mentalmu.

Imbangi antara fisik dan mental apalagi diz saat puasa saat ini. Harus akurat dan tepat mengenai kesiapan donor saat puasa. Nah saat donor, fisik dan mental sangat diperlukan untuk kesiapan diri lho.

2. Jangan Lupa Makan Sahur

Sahur penting untuk membantu kita memenuhi kebutuhan asupan tubuh, karena selama berpuasa kita akan tetap melakukan banyak aktivitas fisik yang membutuhkan energi. 

Saat berpuasa kita juga melakukan aktifitas seperti biasa bukan? Jadi harus diimbangi dengan asupan yang cukup saat makan sahur agar tubuh tetap bugar dan siap donor darah saat puasa di PMI.

BACA JUGA: Donor Darah dan Sayaratnya

3. Pagi atau Malam Hari

Erat kaitannya dengan kerja tubuh, pagi hari sangat memungkinkan karena tubuh baru saja menyuplai makanan pada saat sahur.

Begitu juga pada malam hari, sangat memungkinkan karena tubuh juga baru saja mengonsumsi makanan saat berbuka.

Nah pada saat berbuka ada baiknya mengonsumsi makana yang manis dan alami agar tubuh kita tetap maksimal terjaga kesehatannya.

Agar tidak kekurangan darah usai donor, Anda mesti mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan vitamin saat buka puasa. Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi adalah daging merah, hati, ayam, biji-bijian, sayur, buah, ataupun susu. Hindari makanan yang terlalu pedas atau asam supaya tidak diare.  

4. Banyak Minum Saat Berbuka

Kebutuhan air bagi tubuh dewasa adalah minimal 8 gelas sehari. Kita dapat memenuhi dengan pola sebagai berikut:

Satu gelas saat berbuka, satu gelas saat makan malam, satu gelas sebelum isya, satu gelas sesudah tarawih, satu gelas sebelum tidur, satu gelas saat tahajud, satu gelas sebelum makan sahur dan satu gelas sesudah sahur.

Asupan air sangat penting untuk membentuk kondisi tubuh lebih prima. 

Ayo persiapkan diri para pejuang semuanya, semangat.

BACA JUGA: Mengenal Golngan Darah dan Donor Darah 

BACA JUGA: Tips berkali-kali khatam membaca Al-quran

10 comments:

  1. Sudah lama saya enggak donor darah ada sekitar 2 tahun. Apakah busa di bulan puasa donor darah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. Masya Allah ternyata kokoh aktif donor darah juga ya..
      Bisalah koh, jarak paling dekat 2 bulan untuk laki-laki dan 3 bulan untuk perempuan. Nah kokoh udah 2 tahun jaraknya tentunya sangat bisa ya koh. Datang saja ke PMI atau gerai donor darah lainnya. Di musim pandemi apalagi bulan puasa gini cukup sulit persediaan darah di PMI koh, semangat koh datang saja ya.

      Delete
  2. Saya udah lama juga nggak donor darah. Ternyata saat puasa pun bisa melakukan donor darah ya?!. Kayaknya lebih enak setelah berbuka puasa, tapi memangnya PMI masih buka saat malam hari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak keren bisa donor darah, malam hari buka kak, PMI buka 24 jam kalau di daerah saya, sepertinya sama ya di tempat lain apalagi kakau emergency. Petugasnya ramah-ramah nyamanlah. Dicoba saja kak.

      Delete
  3. Pmi atau RS yang melayani donor darah perlu buka di jam prima pendonor nih kayaknya. Jangan sampai habis donor lemesss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang aja kak, biasanya sebelum donor dipastikan dulu kesehatannya. Setelah donorpun biasanay ada nutrisi tambahan yang diberikan petugas PMI. Pokoknya aman dan nyaman deh kak.

      Delete
  4. Orang yang donor darah saat puasa pastilah orang yang istimewa atau ada kasus sangat mendesak.
    Semoga artikel ini banyak membantu mereka yang membutuhkan. Agar tetap yakin bahwa it's okey kalau harus donor darah saat puasa. Ada tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentunya kak, karena sebelumnya akan ada observasi dari petugas PMI. Yakindeh semangat penjuang kemanusiaan.

      Delete
  5. Ternyata meskipun sedang berpuasa kita tetap bisa donor darah ya, Mas. Tapi memang harus memperhatikan banyak hal agar tubuh tetap fit. Terima kasih informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali kak, tapi ada waktu khususnya ya yaki pagi hari atau malam setelah berbuka atau tarawih. Semangat mencoba.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib