Wednesday, 31 July 2019

Waktu Yang Tepat Minum Air Putih



Waktu Yang Tepat Minum Air Putih

Sudah tahu kan jika tubuh kita 70%nya adalah air. Kandungan air dalam tubuh membuat komposisi yang pas perbandingannya dengan tulang. Mulai dari darah, plasma darah, dll. Jika kekurangan air dalam tubuh maka akan terjadilah yang disebut dengan kakeringan atau degidrasi. Dehidrasi yang tinggi bahkan dapat merenggut nyawa seseorang.

Nah karena tubuh kita banyak mengandung air, tentu asupan air putih juga sangat mendukung untuk kesehatan. Tujuannya adalah untuk memperlancar kerja organ diantaranya pencernaan, pernapasan dan mencegah dehidrasi.

1. Bangun Pagi

Mencukupi kebutuhan air putih setiap hari akan menjadikan tubuh senantiasa sehat, bugar dan terhindar dari berbagai penyakit. Perut yang kosong pada pagi hari akan dibersihkan langsung oleh cairan alami dari Segelas air putih. Selain itu untuk kesehatan lainnya air putih diminum pada pagi hari bermanfaat untuk:

Mengurangi sakit kepala. Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama sakit kepala.
Mengeluarkan racun dari tubuh.
Menjadi kebiasaan baik.
Mengubah metabolisme tubuh.
Mencegah gangguan pencernaan.
Mencegah penyakit batu ginjal
2. Sebelum Makan

Meminum air putih memang banyak manfaatnya. Salah satunya adalah untuk membantu melancarkan proses pencernaan. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk meminum setidaknya segelas air putih sebelum makan.
Foto by. Goggle

Mengapa? organ pencernaan yang akan digunakan pada saat makan akan lebih lentur dan tidak kasar. Dengan kata lain, sudah dilunasi dengan air sehingga organ pencernaan menjadi lebih efisien badan maksimal dalam bekerja.
Namun jika kita keseleo atau sulit menelan makanan, tidak ada juga larangan untuk minum di tengah-tengah proses makan. Silakan minim saja sepertinya dan tidak boleh terlalu banyak.

3. Selesai Olahraga

Pada saat selesai olahraga tubuh kita sering merasakan haus yang luar biasa. Itu tidak lain disebabkan oleh berkurangnya ion di dalam tubuh. Ion di dalam tubuh akan dapat digantikan dengan mengkonsumsi minuman segar atau air putih.

Ingat, hanya dengan air putih kita dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang bukan dengan selain air putih.  Di dalam air putih yang biasa kita minum akan mengembalikan tenaga danembuat oksigen yang beredar di seluruh tubuh menjadi lebih cepat stabil. Jika dibandingkan dengan meminum air dingin atau dari lemari es, itu merupakan pelepas dahaga yang semu. Karena air tersebut akan membuat kita cepat terasa haus kembali.

Foto by Google

4. Sebelum Tidur

Air putih sangat berperan ketika diminum sebelum tidur. Tujuannya adalah untuk menghilangkan depresi dan kecemasan tinggi terhadap sebuah masalah. Jika kita ingin tidur minumlah air putih hangat untuk merelakan tubuh secara perlahan.

Ingat 70 % Air dalam tubuh kita sangat berperan penting untuk kesehatan dan keberlangsungan hidup. Jangan lupa minum air putih sebanyak 8 gelas per hari atau 2 liter.
Kalian punya tips dan waktu lagi? Coba kirim masukannya di kolom komentar.

Terima kasih

Tulisan ini dipublikasikan dan dibuat dalam rangka #BobeOneWeekNulis  Blogger Bengkulu dengan tema Air Putih.

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

4 Tips Donor Darah Saat Puasa

Donor darah menjadi trend gaya hidup sehat masa kini. Selain memenuhi kebutuhan hidup para penggunanya, donor darah menjadi sebuah kebutuhan...