Skip to main content

Waktu Yang Tepat Minum Air Putih



Waktu Yang Tepat Minum Air Putih

Sudah tahu kan jika tubuh kita 70%nya adalah air. Kandungan air dalam tubuh membuat komposisi yang pas perbandingannya dengan tulang. Mulai dari darah, plasma darah, dll. Jika kekurangan air dalam tubuh maka akan terjadilah yang disebut dengan kakeringan atau degidrasi. Dehidrasi yang tinggi bahkan dapat merenggut nyawa seseorang.

Nah karena tubuh kita banyak mengandung air, tentu asupan air putih juga sangat mendukung untuk kesehatan. Tujuannya adalah untuk memperlancar kerja organ diantaranya pencernaan, pernapasan dan mencegah dehidrasi.

1. Bangun Pagi

Mencukupi kebutuhan air putih setiap hari akan menjadikan tubuh senantiasa sehat, bugar dan terhindar dari berbagai penyakit. Perut yang kosong pada pagi hari akan dibersihkan langsung oleh cairan alami dari Segelas air putih. Selain itu untuk kesehatan lainnya air putih diminum pada pagi hari bermanfaat untuk:

Mengurangi sakit kepala. Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama sakit kepala.
Mengeluarkan racun dari tubuh.
Menjadi kebiasaan baik.
Mengubah metabolisme tubuh.
Mencegah gangguan pencernaan.
Mencegah penyakit batu ginjal
2. Sebelum Makan

Meminum air putih memang banyak manfaatnya. Salah satunya adalah untuk membantu melancarkan proses pencernaan. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk meminum setidaknya segelas air putih sebelum makan.
Foto by. Goggle

Mengapa? organ pencernaan yang akan digunakan pada saat makan akan lebih lentur dan tidak kasar. Dengan kata lain, sudah dilunasi dengan air sehingga organ pencernaan menjadi lebih efisien badan maksimal dalam bekerja.
Namun jika kita keseleo atau sulit menelan makanan, tidak ada juga larangan untuk minum di tengah-tengah proses makan. Silakan minim saja sepertinya dan tidak boleh terlalu banyak.

3. Selesai Olahraga

Pada saat selesai olahraga tubuh kita sering merasakan haus yang luar biasa. Itu tidak lain disebabkan oleh berkurangnya ion di dalam tubuh. Ion di dalam tubuh akan dapat digantikan dengan mengkonsumsi minuman segar atau air putih.

Ingat, hanya dengan air putih kita dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang bukan dengan selain air putih.  Di dalam air putih yang biasa kita minum akan mengembalikan tenaga danembuat oksigen yang beredar di seluruh tubuh menjadi lebih cepat stabil. Jika dibandingkan dengan meminum air dingin atau dari lemari es, itu merupakan pelepas dahaga yang semu. Karena air tersebut akan membuat kita cepat terasa haus kembali.

Foto by Google

4. Sebelum Tidur

Air putih sangat berperan ketika diminum sebelum tidur. Tujuannya adalah untuk menghilangkan depresi dan kecemasan tinggi terhadap sebuah masalah. Jika kita ingin tidur minumlah air putih hangat untuk merelakan tubuh secara perlahan.

Ingat 70 % Air dalam tubuh kita sangat berperan penting untuk kesehatan dan keberlangsungan hidup. Jangan lupa minum air putih sebanyak 8 gelas per hari atau 2 liter.
Kalian punya tips dan waktu lagi? Coba kirim masukannya di kolom komentar.

Terima kasih

Tulisan ini dipublikasikan dan dibuat dalam rangka #BobeOneWeekNulis  Blogger Bengkulu dengan tema Air Putih.

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)