Skip to main content

Pencitraan


Pencitraan
Oleh: Efri Deplin

Saya ingin menjawab tantangan dari beberapa netizen eaea hee yang pernah menyampaikan kalimat pencitraan beberapa waktu yang lalu. Simak dengan baik ya. Berikut penjelasan dari saya.

Langsung saja gaes, 
Sejak beberapa waktu yang lalu, istilah 'pencitraan' menjadi sangat terkenal di tengah masyarakat Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, kata 'citra' secara umum dapat berarti rupa atau gambaran yg dimiliki orang banyak mengenai pribadi, perusahaan, organisasi, atau produk. KBBI online. Dengan demikian pencitraan adalah memberikan rupa atau gambaran yg dimiliki orang banyak mengenai pribadi, perusahaan, organisasi, atau produk.

Pada dasarnya pencitraan itu ada dua, baik dan buruk.

Namun pada umumnya masyarakat menilai pencitraan itu hanya sebatas memanipulasi sesuatu menjadi terlihat baik. Sekali lagi "Terlihat Baik".

Dalam perkembangannya, pencitraan dapat dibedakan berdasarkan empat kategori. Dimana keempat kategori ini merupakan turunan dari dua pencitraan di atas.

Pertama 
Sesuatu yang baik disampaikan dengan cara yang baik maka akan menghasilkan makna informasi yang baik.


Kedua
Sesuatu yang baik disampaikan dengan cara yang buruk makan akan menghasilkan makna informasi yang buruk.


Ketiga
Sesuatu yang buruk disampaikan dengan cara yang baik akan menghasilkan makna informasi yang baik.


Keempat
Sesuatu yang buruk disampaikan dengan buruk akan menghasilkan makna informasi yang buruk.

Baik secara personal, publikasi massa, issue kekinian, instansi, lembaga, komunitas dll. Pencitraan selalu ada dalam setiap lini.

Turunan keempat pengertian pencitraan di atas dapat diperjelas dengan ilustrasi berikut:

ilustrasi pertama
Seorang Kepala Daerah melakukan tugas sebagai kepala daerah dengan baik dan maksimal, informasi ini disampaikan melalui media massa dengan baik secara akurat dan akuntabel. Berita tersebut diketahui oleh setiap lapisan masyarakat. Maka pencitraan pun terjadi dimana sesuatu yang baik menjadi baik karena disampaikan dengan baik.


ilustrasi kedua
Saya akan mencatut nama Rasulullah Muhammad SAW dalam contoh ini. Kebenaran mutlak yang beliau sampaikan kala itu mendapat pertentangan dari berbagai kalangan. Issue pun beredar yang mengatakan bahwasanya beliau sebagai orang gila, tukang sihir dll. Disampaikan secara massal sehingga banyak masyarakat percaya dengan berita bohong itu. Maka pencitraan itupun terjadi, sesuatu yg baik kemudian diplintir bertolak belakang dengan keadaan sebenarnya menjadikan sosok beliau yang suci menjadi buruk di sebagian orang.


ilustrasi ketiga
Semua orang sudah mengenal objek yang akan saya sampaikan disini. Mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Adalah Rokok dengan publikasi massal dan dengan berbagai cara dipoles sedemikian rupa menjadikan Rokok sebagai menu wajib bagi sebagian orang baik anak kecil maupun orang dewasa bahkan lanjut usia. Padahal sudah terang dan jelas bahwasanya Rokok dapat menyebabkan serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin. Namun dengan bantuan informasi yang disampaikan media secara besar-besaran menjadikan image buruk dari Rokok menjadi istimewah. Nauzubillah.


ilustrasi keempat
Sekelompok atau oknum bandar narkotika dan atau pelaku kejahatan lainnya diinformasikan dengan gamblang bentuk tindakan hukum yang dilakukannya secara luas kepada masyarakat. Sehingga masyarakat umum tahu bahwa tindakan itu adalah negatif dan tidak mendapatkan tempat di masyarakat.


demikian semoga memperjelas arti dari sebuah kata pencitraan.

lebih menyakinkan lagi adalah, tergantung dengan emosi dan pengetahuan serta pola pikir seseorang untuk menilai sesuatu mengenai pencitraan yang sesungguhnya. Yang lebih penting lagi adalah kemampuan dan kejernihan hati dalam membaca setiap situasi dan kondisi untuk menterjemahkan informasi yang didapat.

Lantas kamu sedang mencitrakan apa?

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)