Saturday, 18 May 2019

Haflah Qur'an SDIT IQRA'1 KOTA BENGKULU



Haflah Qur'an 13 Ramadhan 1440 H



Alhamdulillah segala puji bagi Allah Rabb sekalian alam. Shalawat dan salam semoga tercurah untuk tauladan Ummat Manusia sempurna Muhammad SAW. Allahumma Shali ala Muhammad wa ala Ali Muhammad.

Sabtu pagi 18 Mei 2019 bertepatan 13 Ramadhan 1440 H pukul 08.00 wib sudah berkumpul dengan ramai memadati Masjid Qolbun Salim 2 Kampus SDIT IQRA'1 Kota Bengkulu. Masjid yang bersejarah ini dipadati oleh 88 para Hufadz Juz 30,29 dan juz 3 beserta orang tua dan dewan guru serta undangan.

Ketua Yayasan Alfida Ust Dr. Dani Hamdani, M.Pd.
Bersama kepala SDIT IQRA'1 dan Waka Ulumul Syar'i


Tampak ketua Yayasan Dr. H. Dani Hamdani, M.Pd. sudah hadir di tengah orang tua para hufadz. Hadir juga Ust Adi Sucipto, Lc pengasuh Pesantren Qur'an ALFIDA. Juga berdatangan ayah dan bunda terlihat sambil mengisi daftar hadir di meja registrasi. Jika dikalkulasikan kehadiran di Masjid Qolbun Salim 2 berkisar 300 lebih dalam acara haflah Qur'an periode 2 Ramadhan 1440 H.

Acara dimulai dengan pembukaan dan tasmik Qur'an oleh Zahran Muhammad Furqan bin Ardiansyah. Bacaan yang ia lantunkan membuat decak kagum dan menuntun hati ini bertasbih. Acara berlanjut dengan sambutan-sambutan dan ditutup dengan doa oleh Ust Sholihuddin Lubis, M.Pd.

Zahran Muhammad Furqan

Tak dapat dipungkiri haflah Qur'an kali ini memberikan nuansa yang sangat berbeda.S Seperti yang disampaikan oleh kepala SDIT IQRA'1 Kota Bengkulu Ust Syaiful Bakri, S.Pd.I. dalam sambutannya "Kali ini kita mengadakan Wisuda Hafidz di Bulan mulia dan dikemas dengan baik yang berbeda khusus acara hari ini Haflah Qur'an saja dimana selama ini selalu dibarengi dengan Semeru Expo atau Pelepasan Siswa".

Kepala SDIT IQRA'1 Kota Bengkulu
Ust Syaiful Bakri, S.Pd.I


Acara ini menjadi istimewah dengan penuh nuansa ukhrowi dan menggetarkan hati-hati para Hufadz dan keluarga. Bidang Ulumul Syar'i berhasil mengemas acara dengan baik agar menjadi catatan kedepan untuk pelaksanaan dan metode dari tahap awal ujian hingga haflah Qur'an. Ide-ide spontanitas dan brilian timbul dari berbagai sumber yang penuh inspirasi. Ini merupakan sebuah anugrah dari yang maha kuasa agar tercapainya kegiatan ini dengan khidmat dan penuh nuansa surgawi.

Dimulai dari proses ujian hingga persiapan di tengah lapar dan dahaga menambah kesejukan ketika acara ini berhasil dikemas dengan baik. Orang tua yang selalu mensupport setiap agenda sekolah merupakan sebuah keberhasilan yang cukup menggembirakan untuk kesuksesan bersama. Urutan acara yang runut dan mengalir dibuat oleh panitia atas masukan berbagai pihak menjadikan suasana menjadi apik dan harmonis.



Ketika nasyid yang penuh dengan muatan doa khatamul Qur'an dan hafidz Qur'an dilantunkan membuat hati para pendengar bergetar dan diimbangi doa terbaik ketika shoum ramadhan semoga diijabah Allah SWT.

Tak kala ketika mahkota sebagai lambang kemuliaan penghafal Qur'an kepada orang tua disematkan di kepala ayah dan bunda. Berharap diakhirat kelak akan benar-benar menjadi kenyataan dan 7 keturunan mendapat syafaat atas hafalan-hafalan terbaik. Aamiin

Menyematkan Mahkota

Ust Indra Saparuddin, S.Pd. melalui pesan singkatnya menyampaikan "Ana merasakan ada kesan dan pesan yang sangat menyentuh di hati yg dalam. Terharrrru sangat. Terbayang akhirat nanti bagaimana mahkota itu terbuat dari cahaya. Tidak kalah serunya pesan sya'ir yg disenandungkan para wisudawan, jadi tidak kuat menahan deraian air mata haru dan sedih. Alhamdulillah".

Waka Ulumul Syar'i
Ust Indra Saparuddin, S.Pd.


Ketua Yayasan Alfida Dr. H. Dani Hamdani, M.Pd. dalam sambutannya juga menyampaikan "Alhamdulillah siswa siswi SDIT IQRA'1 berhasil mencapai hafalannya yang ditargetkan sesuai dengan Quality Assurance atau Jaminan Kualitas. Semoga kedepan ananda dapat menyelesaikan hafalannya hingga 30 juz Al-Qur'an".

Dr. H. Dani Hamdani, M.Pd.


Wisudawan Terbaik dan Termuda


Pada wisuda haflah periode Ramadhan 1440 H ini dinobatkan beberapa kategori diantaranya adalah wisudawan terbaik Zahran Muhammad Furqon Bin Ardiansyah. Zahran panggilan akrabnya di kelas memang luar biasa. Menurut pantauan kami di kelas Zahran dapat menyetorkan satu halaman perhari minimal setengah halaman pada saat belajar. Dinobatkan sebagai wisudawan terbaik dengan hafalan 5 Juz Al-Qur'an Zahran sangat berpotensi menjadi Hufadz 30 Juz beberapa tahun kedepan.


Hal ini ditunjang kerjasama antara orang tua dan guru serta pola menghafal. Zahran akhir-akhir ini setoran dengan ustadzah Kusniati, S.Pd.I. Secara berkala kami di kelas juga memantau perkembangan dan kemampuan hafalan ananda. Zahran kerap menjadi contoh bagi teman-temannya di kelas 5C Jaafar bin Abi Thalib. Baarakallahu ya Zahran selamat juga buat Abi dan Ummi ya. Lihat juga di sini

Kategori kedua adalah wisudawan termuda. Adik kelas tingkat 2. Mereka adalah Raqilla Faeyza Putra Pratama bin Reza, Albarra Tahtya Wiragamma Bin Farrouk Oktora, Evan Billi Pratama bin Tubiyanto, Muhammad Habibie Prayata bin Riandi, Agni Farah Abqari binti Adi Susanto, dan Shiva Ulima Rahmadisa binti Sapuan Efendi. Keenam wisudawan termuda ini berasal jenjang kelas terbawa yang sudah mampu mencapai keberhasilannya dalam menghafal Al-Qur'an juz 30.

Berikut Daftar Wisudawan Haflah Qur'an Periode Ramadhan 1440 H


88 Siswa Hufadz Periode Ramadhan 1440 H


Bersyukur dan Memotivasi

Alhamdulillah pada Haflah Qur'an Periode ini kelas 5C Jaafar bin Abi Thalib wisuda sebanyak 9 siswa tersebar di beberapa juz 30, 29 dan juz 3. Artinya tahap demi tahap wisuda periode sebelumnya hingga hari ini tercapai 31 dari 33 siswa sudah menyelesaikan hafalan minimal juz 30.  Ini merupakan capaian yang cukup baik untuk ananda semua. Dimana Haflah Qur'an sebelumnya berlangsung pada bulan April dan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan sejak mereka kelas 3 dan 4.

Capaian yang patut diapresiasi ini akan memberikan ruang dan gerak mereka ketika di kelas 6 nanti menjadi lebih fokus untuk mencapai target akademik sebagai penunjang keberhasilan mereka selama sekolah dasar di SDIT IQRA'1 KOTA BENGKULU. Hal yang utama perlu dilakukan adalah mereka diharapkan selalu memurajaah hafalan pada jam-jam khusus Tahsin dan Tahfidz serta waktu khusus bldi rumah.


Sementara dua siswa lagi yakni ananda Aat dan Rafi sebenarnya mampu menyelesaikan di tahap ini namun karena terkendala waktu dan banyaknya waktu sakit ananda Rafi waktu itu memungkinkan kesulitan untuk menyetorkan hafalan. Kami berdoa semoga di semester awal kelas  6 nanti annada berdua dapat menuntaskan hafalannya Aamiin.

Kesan dan Harapan Kedepan

Berikut beberapa pesan dan kesan guru atas terselenggaranya haflah periode ini dan harapannya kedepan:


Utz RitiMaryani, S.Pd.I.
"Sangat terharu wali murid banyak yang berurai air mata.... Sangat....... terasa Ruh Qurannya mulai dari awal sampai akhir sangat khidmat. Sangat terharu meneteskan air mata"

Ust Endang Sri Wulandari, SE
"Alhamdulillah acaranya sangat mengharu biru.. Jadi termotivasi untuk terus berusaha dan bercita cita menghafidzkan anak-anak dan siswa siswa kedepan lebih baik lagi"

Ust Feredian Hidayat, S.Pd.I
"Wisuda pakai mahkota yg di berikan anak kepada org tuanya.. Alhamdulillah berjalan baik dan lancar.. Sungguh terharu.. dengar lagu ingat akan cita-cita ummi nya dlu terhadap abang afif ingin menjadi penghafal qur'an.."

Ust Sholihuddin Lubis, M.Pd.
"Acara Haflah kita hari sangat syahdu, membuat para orang tua nyaris menangis pada saat lagu aku ingin jadi hafdiz quran dan saat di pakaikan mahkota oleh anaknya. Semoga kedepan bisa lebih baik lagi. Syukron para ust/ ustazah"

Utz Roli Gunita, S.Pd.I.
"Sangat mengharukan, mudah-mudshab bisa memotivasi yang lain untuk terus mencintai Alqur'an dengan menghapalnya"

Utz Rinia Susanti, S.Pd.I.
Alhamdulillah atas nikmat Allah yang tak terhingga. Barokallah kepada seluruh ananda dan orang tua peserta haflah Qur'an SDIT IQRA' 1 tahap yang ke-2  tahun ajaran 2018/2019 semoga di akhirat kelak ananda semua bisa menghadiahi orang tuanya dengan makhota yang sesungguhnya serta membawa seluruh ustadz/ah di IQRA' 1 ke syurga firdausi. Teruslah berjuang serta  tingkatkan keinginan untuk benar-benar menjadi shohibul Qur'an. Ustadz/ah akan menunggu kabar gembira dari ananda semua, di suatu hari antum mengabarkan bahwa " kami sudah mengkhatamkan hafalan 30 juz beserta sanadnya". Aamiin

Ust Andi Saputra, S.Pd.I.
Alhamdulillah luar biasa khitmatnya.menyentuh qalbu, memotivasi. Kedepannya insya Allah akan di buat wisuda Akbar...

Utz Suryati, S.Pd.
Harapan kedepan..
Haflah menjadi acara utama yg spektakuler sprti Semeru Expo atau perpisahan...walau hanya 1 thn 1 kali..
acaranya fokus hanya d haflah saja...jdi smua guru akan fokus d acara Haflah❤

Pesertanya lebih banyak...secara kuantitas n kualitas meningkat...

Semoga nnti lbh gebyar n bahkan tmpatnya lbh luas lgi (baca: sewa gedung khusus)...
Tdi saja sdh luar biasa..

Apalagi kalau pesertanya lebh bnyak..pasti lebh sesuatu..MasyaAllah...

Punya semngat yg kuar biasa dgn Al Qur'an..dr guru2 n anak...2020 Haflah lebih Gebyar...

Seperti acara pelepasan kita yg cetar..Haflah bisa seprti itu harapannya aamiinπŸ€²πŸ»πŸƒ

Anak2 dipanggil pakai trua ada slide Foto dan biodatanya..

Aamiin..ini cita2 n harapan dlm khayalan ana..

Untuk Haflah hari ini luas biasa..❤

Smga kedepan lebh baik n baik...πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻

Baarokallah fiikum πŸ’πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

Rangkaian Acara Puncak Haflah Ramadhan 1440 H


Susunan acara haflah Alquran :

Sabtu, 18 Mei 2019/ 12 Ramadan 1440 H.
Masjid Qolbun Salim  2 Kampus SDIT IQRA'1 Kota Bengkulu

protokol ust Efri Deplin, M.Pd.
1. Pembukaan dengan Basmallah 08.00-08.05
2. Tasmi' Alquran oleh Zahran Muhammad Furqan 08.05 -08.10
3. Sambutan-sambutan :
     -kepala sekolah 08.10-08.20 Ustad Syaiful Bakhri, S.Pd.I
     - ketua Yayasan 08.20-08.30 Ustad Dr. H. Dani Hamdani, M.Pd..
     - mewakili wali murid 08.30-08.40 Bapak Reza ayah dari Raqilla Faeyza Putra Pratama
4. Doa oleh Ust. Solehuddin Lubis. M.Pd. 08.40-08.50
5. Penutup 08.50-09.00
ACARA SEREMONIAL
1. Nasyid dipandu oleh Ust. Efri Deplin, M.Pd. 09.00-09.15
2. Pemakaian mahkota dan penyerahan sertifikat dipandu oleh ust Umar Matondang, S.Pd.I. dan ust. Al Anshori, S.HI. Sekaligus sesi foto-foto. 09.15-10.45 (Pj. Acara)

Berikut lirik nasyid

Aku Ingin Jadi Hafidz Quran
Ku putuskan satu impian, aku ingin jadi hafidz qur'an.Ku akan bertahan, walau sulit melelahkan..
Allah beri aku kekuatan...
Ku impikan sepasang mahkota, ku berikan di akhirat kelak.. 
Sebagai pertanda bahwa kau sangat ku cinta 
Aku cinta engkau karena Allah...
Ku cinta umi, ku cinta abi, kuharap do'amu slalu dalam hati.Ku cinta umi, ku cinta abi, berharap bersama di syurganya nanti..

Akhirnya semoga kegiatan ini diberkahi Allah SWT dan memberikan dampak yang baik untuk kita bersama. Aamiin
Baarakallahu fikum jaamiian

Sekilas dokumentasi kegiatan




















2 comments:

  1. Alhamdulillah, acara berjalan dengan lancar dan penuh hikmah ..kemas acara ini dengan luar biasa hingga memotivasi semua orang tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas supportnya ayah dan bunda, insya Allah kedepan akan dikemas dengan lebih baik lagi baarakallahu fikum allahummar hamnabil Qur'an

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Trip Air Terjun Cuup PSUK Benteng

Pagi masih menyapa hangat dengan perpaduan sinar mentari di ufuk timur, menambahkan keceriaan hari ini. Benar saja kami dari tadi s...