Post Page Advertisement [Top]

Edukasiefri19

8 Persiapan Masuk Sekolah

8 Persiapan Masuk Sekolah
Wah tidak terasa kan sudah sampai waktunya kita kembali ke sekolah. Masa liburan sudah usai. Sekarang persiapkan dirimu menjadi lebih baik dari semester kemarin.
Apa saja persiapannya?
Secara tidak kebetulan sistem pendidikan di Indonesia awal semester genap jatuh pada awal tahun masehi. Bukan berarti kita turut merayakannya ya. Sebagai umat islam kita tentu tahu makna dari pergantian tahun yang sesungguhnya. Namun kita bisa menargetkan tahun 2019 ini jauh lebih baik dari 2018 yang lalu. Bukankah demikian?
Awal Masuk Semester
Perlengkapan sekolah tidak mesti harus baru. Persiapkan saja perlengkapan yang lama dan bisa dipakai. Kecuali sudah dibeliin abi ummi ayah bunda om tante nenek opah di jauh hari. Apa saja nih, baik diantaranya adalah:
1. Sepatu
Sepatu kemarin tentu sudah dicuci belum? Tentu sudah dong  Nah tinggal dipakai saja besok. Yuk disiapkan bersamaan dengan kaos kakinya yang imut si pelindung kulit kaki dan penutup aurat bagi kalian yang perempuan.
2. Tas Sekolah
Tas Sekolah juga demikian ya. Tas nya kan pasti masih bagus. Tentu juga siap dengan isinya kan? Yuk disiapkan juga. Ga perlu beli baru ya kecuali tasnya sudah ga bisa dipakai lagi hihi. Atau jika sudah ada yang dibelikan om dan tante. Wah asyiik.
3. Seragam Sekolah
Termasuk yang satu ini, apalagi jika sudah di kelas tinggi. Kelas 5 dan 6 untuk SD, kelas 9 SMP dan 12 SMA. Seragam sekolah ga mesti baru karena sebentar lagi teman-teman bakal ganti seragam lho. Bahkan untuk kelas 12 ga bakal pakai seragam lagi pas kuliah. Ditahan aja pakai seragam lama ga beli baru terus kan?. Jangan lupa topi dasimu ya. Walaupun tidak dipakai setiap hari tapi pada saat upacara menjadi perlengkapan yang wajib dipakai dan salah satu indikator nilai kedisiplinan lho.
4. Buku Tulis
Terkadang buku tulis yang dipakai semester kemarin masih menyisahkan halamam kosong. Benar ga? Teman-teman bisa memanfaatkan halaman kosong tersebut untuk bahan belajar di semester genap ini. Nanti diakhir tahun teman-teman bisa mengumpulkannya untuk bahan ujian tahap akhir kenaikan kelas. Apalagi jika sekarang sudah kelas 6, 9, atau 12. Buku tulis lebih dipahami karena tulisan sendiri dan lebih fokus jika dibandingkan dengan buku cetak.
5. Alat Tulis
Alat tulis yang dimaksud adalah pena, pensil, penghapus dan type-x. Ini mungkin harus beli baru. Beli seperlunya ya dan digunakan seperlunya juga. Ini wajib lho layaknya pak tani ke ladang membawa cangkul maka kalian jangan lupa dengan alat tulis ya.
6. Botol Air Minum
Jangan dikira ga penting ya. Botol air minum sangat berguna lho. Jangan malu dibilang anak TK. Anak TK saja membawa apalagi kakak kelasnya kan? Air minum mencegah dehidrasi karena aktifitas yang banyak. Botol air minum tentu tidak mesti baru juga kan? Yang lama kan masih bagus ya dipakai saja. Oke
7. Bangun Pagi dan Sarapan
Penting! Semangat kan sekolahnya? Salah satu faktor agar semangat datang ke sekolah adalah bagun pagi lebih awal agar tetap bugar dan siap menerima pelajaran. Tidur cepat agar bagun lebih awal itu tipsnya. Sarapan pagi jika tidak sahur bisa dibilang hal yang wajib agar siap dengan energi yang prima. Oke.
8. Niat
Ini yang paling penting. Niatkan selalu agar sekolah kita menjadi ibadah dengan Tholabul Ilmi. Niat menuntut ilmu adalah jihad fiisabilillah. Agar dibukakan pintu karuniaNya dan dimudahkan mencerna ilmu yang diberikan oleh guru-guru kita yang ikhlas mendidik.
Nah itulah 8 persiapan masuk sekolah di semester genap. Semoga bermanfaat.
Sampai jumpa di kesempatan selanjutnya ya

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib