Skip to main content

8 Persiapan Masuk Sekolah

8 Persiapan Masuk Sekolah
Wah tidak terasa kan sudah sampai waktunya kita kembali ke sekolah. Masa liburan sudah usai. Sekarang persiapkan dirimu menjadi lebih baik dari semester kemarin.
Apa saja persiapannya?
Secara tidak kebetulan sistem pendidikan di Indonesia awal semester genap jatuh pada awal tahun masehi. Bukan berarti kita turut merayakannya ya. Sebagai umat islam kita tentu tahu makna dari pergantian tahun yang sesungguhnya. Namun kita bisa menargetkan tahun 2019 ini jauh lebih baik dari 2018 yang lalu. Bukankah demikian?
Awal Masuk Semester
Perlengkapan sekolah tidak mesti harus baru. Persiapkan saja perlengkapan yang lama dan bisa dipakai. Kecuali sudah dibeliin abi ummi ayah bunda om tante nenek opah di jauh hari. Apa saja nih, baik diantaranya adalah:
1. Sepatu
Sepatu kemarin tentu sudah dicuci belum? Tentu sudah dong  Nah tinggal dipakai saja besok. Yuk disiapkan bersamaan dengan kaos kakinya yang imut si pelindung kulit kaki dan penutup aurat bagi kalian yang perempuan.
2. Tas Sekolah
Tas Sekolah juga demikian ya. Tas nya kan pasti masih bagus. Tentu juga siap dengan isinya kan? Yuk disiapkan juga. Ga perlu beli baru ya kecuali tasnya sudah ga bisa dipakai lagi hihi. Atau jika sudah ada yang dibelikan om dan tante. Wah asyiik.
3. Seragam Sekolah
Termasuk yang satu ini, apalagi jika sudah di kelas tinggi. Kelas 5 dan 6 untuk SD, kelas 9 SMP dan 12 SMA. Seragam sekolah ga mesti baru karena sebentar lagi teman-teman bakal ganti seragam lho. Bahkan untuk kelas 12 ga bakal pakai seragam lagi pas kuliah. Ditahan aja pakai seragam lama ga beli baru terus kan?. Jangan lupa topi dasimu ya. Walaupun tidak dipakai setiap hari tapi pada saat upacara menjadi perlengkapan yang wajib dipakai dan salah satu indikator nilai kedisiplinan lho.
4. Buku Tulis
Terkadang buku tulis yang dipakai semester kemarin masih menyisahkan halamam kosong. Benar ga? Teman-teman bisa memanfaatkan halaman kosong tersebut untuk bahan belajar di semester genap ini. Nanti diakhir tahun teman-teman bisa mengumpulkannya untuk bahan ujian tahap akhir kenaikan kelas. Apalagi jika sekarang sudah kelas 6, 9, atau 12. Buku tulis lebih dipahami karena tulisan sendiri dan lebih fokus jika dibandingkan dengan buku cetak.
5. Alat Tulis
Alat tulis yang dimaksud adalah pena, pensil, penghapus dan type-x. Ini mungkin harus beli baru. Beli seperlunya ya dan digunakan seperlunya juga. Ini wajib lho layaknya pak tani ke ladang membawa cangkul maka kalian jangan lupa dengan alat tulis ya.
6. Botol Air Minum
Jangan dikira ga penting ya. Botol air minum sangat berguna lho. Jangan malu dibilang anak TK. Anak TK saja membawa apalagi kakak kelasnya kan? Air minum mencegah dehidrasi karena aktifitas yang banyak. Botol air minum tentu tidak mesti baru juga kan? Yang lama kan masih bagus ya dipakai saja. Oke
7. Bangun Pagi dan Sarapan
Penting! Semangat kan sekolahnya? Salah satu faktor agar semangat datang ke sekolah adalah bagun pagi lebih awal agar tetap bugar dan siap menerima pelajaran. Tidur cepat agar bagun lebih awal itu tipsnya. Sarapan pagi jika tidak sahur bisa dibilang hal yang wajib agar siap dengan energi yang prima. Oke.
8. Niat
Ini yang paling penting. Niatkan selalu agar sekolah kita menjadi ibadah dengan Tholabul Ilmi. Niat menuntut ilmu adalah jihad fiisabilillah. Agar dibukakan pintu karuniaNya dan dimudahkan mencerna ilmu yang diberikan oleh guru-guru kita yang ikhlas mendidik.
Nah itulah 8 persiapan masuk sekolah di semester genap. Semoga bermanfaat.
Sampai jumpa di kesempatan selanjutnya ya

Comments

Popular posts from this blog

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI Silsilah Nabi / Rasul Sumber : Silsilah Nabi dan Rasul SILSILAH 25 NABI Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin. 1. ADAM AS. Nama: Adam As. Usia: 930 tahun. Periode sejarah: 5872-4942 SM. Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab. Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan. Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali. . 2. IDRIS AS. Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. Usia: 345 tahun di bumi. Periode sejarah: 4533-4188 SM. Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis). Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali. . 3. NUH AS. Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qi

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya. 1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: : a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain. b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu. c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya. d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebaga

Adzka Juara 1 Lomba Puzzle dan Manfaat Bermain Puzzle

Obrolan kami di rumah terlihat sangat santai, "Besok Adzka ikut lomba Puzzle bang" cerita istriku. "Oh begitu, kok bisa ikut?" selidikku. Karena kami sangat tahu bagaimana perkembangan Adzka di sekolahnya. Usut punya usut ternyata Adzka bisa ikut karena Paud IT Auladuna mendapat kuota tambahan sebagai peserta lomba dan tidak semua anak-anak dipilih.  Beruntungnya karena umminya disekolah jadi diprioritaskan. Tim intinya sudah dibentuk, Adzka sebagai pelengkap dan sebagai penggembira. Tak apa, itung-itung uji nyali di depan umum dan belajar bersosialisasi. Pengalaman itu sangat berharga. Namun, lihat nanti apa yang terjadi? Sehari sebelum hari lomba, iya di Ahad itu umminya sedang ada kegiatan di luar sana. Aku sendiri yang menjaga mereka di rumah. Termasuk abang nya, Harrik. Harrik kalau soal puzzle tidak diragukan lagi karena dia sudah membuktikan tahun lalu berhasil menjadi juara 2. Harrik masuk daftar tim inti lomba Puzzle. Sekali lagi Adzk