Skip to main content

Ifthor Jama`i kelas 5 Paralel SDIT IQRA`1 Kota Bengkulu Gaya Hidup Sehat dan Menumbuhkan Interaksi Sosial yang Kuat





Alhamdulillah sore kamis 18 oktober 2018 kami berkumpul di Majid Qolbun Salim 2 Kampus SDIT IQRA`1 Kota Bengkulu. Pertemuan istimewah dalam rangka ifthor jamaai siswa kelas 5 SDIT IQRA` 1 Kota Bengkulu. Agenda yang sudah dirancang jauh hari ini diikuti sekitar 166 siswa dan 10 dewan guru dari lokal A hingga E. Agenda ini merupakan sebuah program rukhiyah untuk menumbuhkan semangat dan meningkatkan imunitas keimanan warga sekolah. Kegiatan ifthor jaami juga menumbuhkan hidup sehat dan menciptakan interaksi sosial dalam masyarakat sesuai dengan Tema 4 “Sehat Itu Penting”. Untuk menjaga kesehatan tidak hanya dilakukan dengan berolah raga untuk jasmani namun rohani juga butuh asupan untuk meningkatkan keimanan, diantaranya adalah puasa. Puasa dalam ilmu kesehatan juga mampu membentuk pola kesehatan khususnya untuk pencernaan. Dengan berpuasa kita juga peka untuk merasakan bagaimana keadaan orang-orang yang tidak mampu makan secara teratur dengan asupan gizi yang cukup. Akhirnya dengan merasakan kehidupan di sebagian golongan masyarakat tertentu anak-anak juga merasakan empati terhadap sesama.

Agenda dimulai setelah dibuka resmi dengan basmallah dan disambung almatsurat jama`i. Kalimah robitho mengiringi tertunduknya kepala dan tengadah tangan-tangan suci dari malikat-malaikat kecil siswa kelas 5 SDIT IQRA` 1 Kota Bengkulu.

Tausyah dari Rumah Tahfidz Bakti Illahi yang diasuh oleh Ust Hilman Nugraha, S.Pd.I. memberikan nuansa tersendiri di hadapan siswa. Hufadz 14 juz dari ananda Rayhan asal Argamakmur dan ananda Rosikhan Hufadz 13 Juz yang juga alumni SDIT IQRA` 1 Kota Bengkulu membuat decak kagum ketika keduanya diuji kemantapan hafalan mereka masing-masing. Allahumma hamnabil Quraan Allahumma aamiin. Ust Hilman berkali-kali memberikan doa untuk siswa dan dewan guru juga keluarga besar SDIT IQRA` 1 agar senantiasa diberkahi dan dimuliakan dengan Al-Quran Aamiin Aamiin Aamiin ya` Rabbal`alamiin

Sesi terakhir yang tak kalah penting karena jumat pagi akan diadakan final  LCC tingkat Kota yang mempertemukan SDIT IQRA`1 Kota Bengkulu dengan SDIT Rabbani, SDN 1 Kota Bengkulu, dan SDN 04 Kota Bengkulu kami berdoa dengan khyusuk untuk kemenangan teman-teman yang mengikuti LCC. Mereka adalah siswa terpilih untuk mengikuti ajang ini yang berasal dari kelas 5B ananda Dyan Eka Jacinda, ananda Arika Gisca Afiyah, ananda Sayidah Afifah Karin dari kelas 5E. Cinda, Caca dan Afifah menjadi yang terbaik di babak sebelumnya semoga jumat besok tetap menjadi yang terbaik dan juara 1 Aamiin.

Acara ditutup dengan ifthor di kelas masing-masing. Shalat dan dzikir di masjid kemudian dilanjutkan makan malam bersama di kelas. Pada saat makan malam ini kami saling berbagi bekal yang dibawa dari rumah masing-masing. Ada yang membawa empek-empek ada yang membawa minuman segar dan ada juga yang berbagi lauk-pauk yang mereka bawa.

Sausana semakin hangat ketika pada saat makan malam terjadi dialog kecil saling bertanya kemana beberapa teman-teman yang lain tidak bisa hadir kali ini? Semoga di kesempatan selanjutnya semua warga kelas 5 dapat hadir untuk ifthor jamaa`i Aamiin.

Alhamdulillah Terima kasih kepada sekolah yang memfasilitasi, terima kasih ayah bunda hebat, terima kasih semua siswa hebat, terima kasih kepada tim hebat kelas 5 paralel 2018/2019.
Baarakallahu fikum

Korjen Kelas 5
Efri Deplin, S.Si.

 Ust Hilman Nugraha S.Pd.I pengasuh RTBI
memberikan tausya tentang Menghafal Al-Quran

Siswa-siswi hebat kelas 5C Jaafar bi Abi Thalib


Saat mendengrakan Tausya

Comments

  1. Afwan namanya Rosikhan ustadz👍🏼

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap bunda Rosikhan, Subhanallah kami sempat ngobrol sama ananda, Juli tahun 2019 insya Allah khatam 30 juz Aamiin

      Delete

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)