Post Page Advertisement [Top]

Desa Pramuka LebakharjoEdukasiPramuka

Perjalanan Menuju Desa Pramuka Lebakharjo Kabupaten Malang Jawa Timur

Alhamdulillah..
perjalanan panjang hari ini berlabuh di sebuah rumah makan ayam kembara desa Taman Asri. Tidak jauh dari tempat parkir bus atau angkutan peserta KPN 2018. Setelah melalui perjalanan panjang dari bandara Internasional Juanda sejak pukul 13.15 siang tadi.
Awalnya saya berangkat dari rumah menuju bandara Fatmawati pukul 04.30 wib. Shalat subuh dan berkumpul bersama teman-teman pembina dan pelatih serta kapusdik dari kwarcab Kota Bengkulu. Pukul 05.30 kami chek ini, hampir dipemanggilan terkahir mengingat pembina penggalang putri masih dalam perjalanan.
Jarak tempuh satu jam dari pukul 06.10 wib Bks-Jkt kami terpusat di A1 dan membuka bekal makan pagi sebelum transit ke Juanda. Awalan ini diwarnai dengan penuh kehangatan. Suasana semakin semarak dengan berbagi bekal di pagi ini. Iya, dalam sebuah perjalanan seperti ini ada-ada saja yang menjadi pusat perhatian. Termasuk bekal, ada yang berencana membawa namun karena lupa akhirnya tidak membawa. Kenapa tidak beli saja di bandara? terima kasih usulnya. Bekal saya disiapkan bidadari yang senantiasa mensupport. Terima kasih sayang.
Pukul 09.30 kami bording pass dan masuk ke dalam pesawat bersama ratusan penumpang lainnya. Sebagian besar memang dari peserta KPN tahun 2018 ini dari korda Bengkulu.
Pukul 11.30 kami tiba di Juanda dan langsung menantikan bagasi sampai pukul 12.15. Rencananya langsung naik ELF yang disediakan panitia ketika kami bertemu beberapa pandega di Bandara Juanda. Namun kami jadi berangkat setelah dhuhur jamak qashar ashar di prayer room bandara.
ELF yang kami tumpangi tidak lebih 5 jam perjalanan. Melewati tol daerah Surabaya menuju Malang Jawa Timur. Kami berhenti untuk makan di Lawang dan santap soto lawang yang sedap unik khas Lawang Jawa Timur. Rasanya dominan agak manis dengan campuran potongan daging, telur, dan sayuran khas soto. Saya sempatkan untuk saving energi dengan menambah sebutir telur asin dan segelas susu jahe. Rasanya mantap menghangatkan badan karena dinginnya Malang hampir terasa.
Sekitar pukul 18.30 kami tiba di area parkir angkutan peserta KPN satu jam jarak sebelum menuju desa Pramuka Lebakharjo Jawa Timur. Jangan dikira disini baru maghrib ya. Suasana jam segitu sudah hampir isya. Jadi ingat-ingat bahwa kita perlu shalat isya dan maghrib jamak.
Hujan rintik-rintik menyambut kedatangan kami di tempat registrasi. Kami berbagi tugas layaknya peserta didik. Kak Ayik daftar ulang, saya dan kak Rizal langsung mencari tempat menumpang malam ini. Maklum home stay baru akan berlaku besok pagi di lokasi desa Pramuka. Kakak-kakak yang lain bertugas memindahkan barang bawaan menuju sebuah teras rumah warga.
Kenapa mencari home stay? iya lebih baik kita home stay mandiri daripada langsung ke lokasi karena medan yang terjal dan sangat tidak memungkinkan berangkat malam hari ini. Lokasi juga siap pada tanggal 13 Agustus 2018.
Alhasil malam ini karena puncak kedatangan kontingen bahkan ada yang sudah beberapa hari tiba dan belum juga ke lokasi menjadikan tempat menginap sementara hampir tidak ada lagi. Sampai akhirnya pada kesempatan terakhir kami bertemu dengan seorang ibu dan bertanya bisakah menawarkan tumpangan satu malam saja di tempat beliau. Akhirnya beliau memberikan sebuah kamar di bagian ujung warung yang rame sekali malam ini. Warung ini tumpah ruah dikunjungi kontingen dari berbagai daerah untuk kebutuhan konsumsi. Mungkin karena inilah beliau menggratiskan tempat yg bisa ditempati pembina putri dari kwarcab kota Bengkulu ini. Malam ini kami makan malam dari menu ayam geprek kembara punya ibu yang baik hati ini dengan lahap sampai kenyang. Terima kasih bunda atas tumpangannya semoga Allah membalas dengan rezeki dan kebaikan yang banyak buat bunda dan keluarga. Aamiin.
Malam ini akhirnya kami menginap gratis disini menunggu besok menghadap ke panitia untuk melanjukan perjalanan dari desa Taman Asri menuju desa Pramuka Lebakharjo, Kab. Malang Jawa Timur.
Baarakallahu fikum jaamiian
Salam Pramuka.

8 comments:

1. Senangnya yang jalan-jalan, apalagi bisa sambil memperkenalkan Bengkulu dengan detar itu, senangnya plus plus

Replies
    1. Cari ilmu dan pengalaman kakak, dimana dan kapan saja, dengan Pramuka bisa berkreasi rasa hee

2. Wah... keren!!!!
    Salam pramuka kak...
    semoga sukses ya kegiatannya ^^

Replies
    1. Salam, Alhamdulillah suskes banget acaranya kak berapa hari ya, emm 10 hari kalo ga salah ingat, dan suskes Aamiin

3. Nah topi ini kan yang ditanya kak erik

Replies
    1. Topi biasa ini kak, motifnya disebut motif besurek kalau dalam bahasa Bengkulu.

Delete

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.