Friday, 29 June 2018

Wisata Edukasi (Bagian 8) Mengisi Liburan Bermain Tanah Pot Bunga di Halaman Rumah

Abdullah dan Tsamara Bermain Bersama

Alhamdulillah..
Pada saat liburan di kebun masih menyisahkan kenangan bagi Abdullah dan Tsamara. Setelah kembali ke kota, rumah kami yang sederhana berada di komplek ini masih mampu mengajak ke suasana liburan itu.

Di pagi yang cerah mereka tetap mau melemaskan jemari dengan bermain tanah. Berhubung tanah di halaman rumah berumput tebal jadi harus pakai media lain. Aku menyediakan dua pot besar yang diisi dengan pasir dan tanah.

Menurut umminya bermain tanah baik untuk perkembangan mereka. Pada saat mereka berinteraksi dengan tanah akan merangsang motorik halus melalui jemari kecil yang kaya akan banyak saraf diujung jari.

Pada saat mereka membentuk sebuah pola tertentu dari pasir dan tanah, akan melatih tingkat kognitif daya pikir mereka. Proses yang mereka alami dan menemukan sendiri jawaban dari kesulitan yang mereka hadapi akan membekas pada ingatan jangka panjang. Ini adalah modal kematangan belajar mereka secara mandiri.

Abdullah Tsamara Pada Ngapain?
Abdullah dengan mobilan barunya bermain angkutan material tanah dan pasir. Mobil angkutan baru yang dilengkapi dengan sebuah sekop. Wah, ini mobilan abi waktu seumuran kamu bang. Sedangkan Tsamara sibuk mencetak kue dari tanah dan pasir. Kadang sesekali minta dicicipi. Enak sih masakannya, ga ada yang tidak enak. Enak semua hee.Mereka terlihat akur diiringi gelak tawa ceria di pagi yang cerah.



Di Depan Rumah Lebih Aman.
Mereka memang sudah sering bermain tanah di halaman. Akadalanya di jalan gang yang masih belum diaspal. Ekstra mengawasi karena jalanan seringkali dilewati kendaraan. Makanya media bermain dari dua pot besar untuk menampung tanah dan pasir di halaman rumah sangat penting. Alhamdulillah mereka suka dan memanfaatkannya dengan baik.

Bermain bersama mereka ternyata juga harus dipantau jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ketika Abdullah Tsamara bermain aku duduk tidak jauh untuk mengawasi mereka. Jadi mereka juga merasa ada yang menemani dan aku juga merasa aman. yaa.. istilahnya ngamong lah. Ngasuh anak hee.

Ternyata kalau begini liburan tidak harus berbayar mahal atau jalan-jalan ke pusat wisata. Di depan halaman rumahpun juga bisa.

Mengisi liburan bersama mereka memang luar biasa. Kamu liburannya kemana saja?
Bengkulu, 28 Juni 2018.


No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Trip Air Terjun Cuup PSUK Benteng

Pagi masih menyapa hangat dengan perpaduan sinar mentari di ufuk timur, menambahkan keceriaan hari ini. Benar saja kami dari tadi s...