Skip to main content

Wisata Edukasi (Bagian 8) Mengisi Liburan Bermain Tanah Pot Bunga di Halaman Rumah

Abdullah dan Tsamara Bermain Bersama

Alhamdulillah..
Pada saat liburan di kebun masih menyisahkan kenangan bagi Abdullah dan Tsamara. Setelah kembali ke kota, rumah kami yang sederhana berada di komplek ini masih mampu mengajak ke suasana liburan itu.

Di pagi yang cerah mereka tetap mau melemaskan jemari dengan bermain tanah. Berhubung tanah di halaman rumah berumput tebal jadi harus pakai media lain. Aku menyediakan dua pot besar yang diisi dengan pasir dan tanah.

Menurut umminya bermain tanah baik untuk perkembangan mereka. Pada saat mereka berinteraksi dengan tanah akan merangsang motorik halus melalui jemari kecil yang kaya akan banyak saraf diujung jari.

Pada saat mereka membentuk sebuah pola tertentu dari pasir dan tanah, akan melatih tingkat kognitif daya pikir mereka. Proses yang mereka alami dan menemukan sendiri jawaban dari kesulitan yang mereka hadapi akan membekas pada ingatan jangka panjang. Ini adalah modal kematangan belajar mereka secara mandiri.

Abdullah Tsamara Pada Ngapain?
Abdullah dengan mobilan barunya bermain angkutan material tanah dan pasir. Mobil angkutan baru yang dilengkapi dengan sebuah sekop. Wah, ini mobilan abi waktu seumuran kamu bang. Sedangkan Tsamara sibuk mencetak kue dari tanah dan pasir. Kadang sesekali minta dicicipi. Enak sih masakannya, ga ada yang tidak enak. Enak semua hee.Mereka terlihat akur diiringi gelak tawa ceria di pagi yang cerah.



Di Depan Rumah Lebih Aman.
Mereka memang sudah sering bermain tanah di halaman. Akadalanya di jalan gang yang masih belum diaspal. Ekstra mengawasi karena jalanan seringkali dilewati kendaraan. Makanya media bermain dari dua pot besar untuk menampung tanah dan pasir di halaman rumah sangat penting. Alhamdulillah mereka suka dan memanfaatkannya dengan baik.

Bermain bersama mereka ternyata juga harus dipantau jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ketika Abdullah Tsamara bermain aku duduk tidak jauh untuk mengawasi mereka. Jadi mereka juga merasa ada yang menemani dan aku juga merasa aman. yaa.. istilahnya ngamong lah. Ngasuh anak hee.

Ternyata kalau begini liburan tidak harus berbayar mahal atau jalan-jalan ke pusat wisata. Di depan halaman rumahpun juga bisa.

Mengisi liburan bersama mereka memang luar biasa. Kamu liburannya kemana saja?
Bengkulu, 28 Juni 2018.


Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya. 1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: : a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain. b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu. c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya. d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebaga

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI Silsilah Nabi / Rasul Sumber : Silsilah Nabi dan Rasul SILSILAH 25 NABI Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin. 1. ADAM AS. Nama: Adam As. Usia: 930 tahun. Periode sejarah: 5872-4942 SM. Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab. Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan. Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali. . 2. IDRIS AS. Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. Usia: 345 tahun di bumi. Periode sejarah: 4533-4188 SM. Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis). Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali. . 3. NUH AS. Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qi

Pembagian Raport Online di Tengah Issue Covid-19

Pembagian Raport Online di Tengah Issue Covid-19 Saya bersama anak-anak Aulad Hari ini adalah hari Sabtu. Hari yang dinanti-nantikan bagi siswa saya ketika belajar tatap muka berlangsung. Mengapa? pasalnya adalah kalau tidak libur maka akan ada out door study atau kita akan melaksanakan POMG. Iya besok pembagian raport dan POMG. Pembagian Raport 😊. Kelas 4 Abdullah bin Umar  di Hutan Mangrove Apa itu POMG? POMG adalah Pertemuan Orangtua Murid dan Guru. Saat pembagian raport SDIT Iqra'1 Kota Bengkulu sejak lama menggaungkan budaya literasi tatap muka dengan beberapa istilah yang menarik seperti ini. Pembagian Raport dan POMG setidaknya kami laksanakan dua kali dalam satu semester. Pertama pada saat tengah semester dan yang kedua adalah di akhir semester. Biasanya pertemuan berlangsung dengan tatap muka di Masjid Qolbun Salim 1 atau Qolbun Salim 2 dan kembali berkumpul di kelas masing-masing. Baca Juga: Wisata yang Layak Dikunjungi di Bengkulu Namun ada perbe