Skip to main content

Tidak Puasa Karena Telat Makan Sahur


Doa-doa terbaik menuju TAQWA
10 Ramadhan 1439 H

Tidak Puasa Karena Telat Makan Sahur
Oleh: Efri Deplin


Abdullah Tsamara saat tiba di Rumah

Alhamdulillah syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kesehatan hingga kita sampai di ramadahan ke-10 dengan baik. Sholawat salam semoga tercurah untuk junjungan nabi besar Muhammad SAW.

Kemarin Abdullah dan Tsamara pulang pukul 11.00 wib. Mereka dengan gembira pulang bersama abi. Karena biasanya setiap hari pulang bersama ummi mungkin ada rasa jenuh. Apa serunya jika pulang bersama abi? Abdullah dan Tsamara akan bermain di lapangan futsal sekolah. Kebayang kan luas lapangannya. Belum lagi jika ada abang dan ayuk di sana mengajak mereka bermain, ini yang paling seru.
Lapangan SDIT IQRA` 1 Kota Bengkulu

Lapangan Futsal SDIT IQRA`1 Kota Bengkulu
Sering jadi tempat main Abdullah dan Tsamara hee

Tidak puas bermain di sekolah abi, pulang ke rumahpun main lagi. Dunia mereka memang dunia bermain hee. Sampai mereka capek. Tapi kalau diamati sepertinya mereka tidak ada capeknya. Buktinya tetap saja kalau ada peluang bermain pastinya mereka mau bermain. Istirahat terbaik memang di waktu tidur.
Abdullah Tsamara saat di Sekolah Abi

Akhirnya mungkin karena kecapekan kemarin, pada waktu makan sahur Abdullah tidak respon ketika diajak untuk makan sahur bersama. Benar-benar tidak sahur. Tsamara bagaimana? Terima kasih Alhamdulillah dia bangun dan makan sahur tapi kalau ditanya “Besok ayuk puasa ya?” pasti dijawabnya “Tidak”. Kapan dek belajar puasanya eh salah ayuk hee. ^_^

Abdullah sebenarnya bisa bangun tapi dia enggan untuk makan sahur. Kami jadinya tidak memaksa, mungkin hari ini dia benar-benar tidak siap puasa. Kami beralasan ya seperti tadi itu, mungkin karena kemarin terlalalu capek sehingga berdampak pada motivasinya untuk puasa.  Artinya lain kali kami harus mengingatkan Abdullah agar jangan terlalu capek saat bermain.

Bagi yang telat makan sahur boleh apa tidak  dia berpuasa?

Simak kisah berikut:
Ummul mukminin Aisyah menceritakan:
"Suatu hari, Nabi SAW menemui kami, dan bertanya, 'Apakah kalian punya makanan?' Kami menjawab, 'Tidak.' Kemudian beliau bersabda: "Kalau begitu, saya akan puasa.". (HR. Muslim 1154, Nasai 2324, Turmudzi 733).

Pada hadis ini, Nabi Muhammad SAW mendatangi istrinya di pagi hari. Beliau menanyakan kepada istrinya, apakah di rumah ada makanan untuk sarapan. Artinya, Nabi tidak memiliki niat puasa ketika itu.

Kemudian ketika Aisyah menjawab bahwa beliau tidak memiliki makanan, Nabi melakukan puasa.

Ini menunjukkan bahwa pada malam harinya, Nabi tidak makan sahur, karena pada malam itu, tidak ada keinginan dari beliau untuk berpuasa. Beliau baru menyatakan berpuasa di pagi harinya.

Namun perlu diketahui bahwa sahur merupakan sunnah yang muakkad bagi yang berpuasa dengan dasar perintah dari Rasulullah untuk itu sebagaimana hadits yang terdahulu dan juga sabda beliau:

“Bersahurlah karena dalam sahur terdapat berkah.”
Oleh karena itu, Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Fath al-Bary (3/139) menukilkan ijmak atas kesunahannya.

Dengan demikian jelaslah orang yang tidak sahur baik untuk puasa wajib ramadhan ataupun puasa-puasa sunnah tidak membuat tidak sahnya puasa. Hanya saja kehilangan keutamaan dan keberkahan makan sahur.

Bagi Abdullah yang masih berumur 5 tahun makan sahur selain untuk mendapatkan keberkahan juga penting untuk masa pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya. Terlebih lagi Abdullah yang rutin tranfusi karena Thalasemia sangat dipantau asupan makanannya.

Pokoknya belajar puasa Abdullah keren, belajar puasanya oke jika sampai berbuka itu adalah “bonus” sambung umminya.

Baarakallahu fik Abdullah, besok kita puasa ya. Aamiin

Bengkulu, 1 Juni 2018

Sumber:



Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)