Friday, 1 June 2018

Tidak Puasa Karena Telat Makan Sahur


Doa-doa terbaik menuju TAQWA
10 Ramadhan 1439 H

Tidak Puasa Karena Telat Makan Sahur
Oleh: Efri Deplin


Abdullah Tsamara saat tiba di Rumah

Alhamdulillah syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kesehatan hingga kita sampai di ramadahan ke-10 dengan baik. Sholawat salam semoga tercurah untuk junjungan nabi besar Muhammad SAW.

Kemarin Abdullah dan Tsamara pulang pukul 11.00 wib. Mereka dengan gembira pulang bersama abi. Karena biasanya setiap hari pulang bersama ummi mungkin ada rasa jenuh. Apa serunya jika pulang bersama abi? Abdullah dan Tsamara akan bermain di lapangan futsal sekolah. Kebayang kan luas lapangannya. Belum lagi jika ada abang dan ayuk di sana mengajak mereka bermain, ini yang paling seru.
Lapangan SDIT IQRA` 1 Kota Bengkulu

Lapangan Futsal SDIT IQRA`1 Kota Bengkulu
Sering jadi tempat main Abdullah dan Tsamara hee

Tidak puas bermain di sekolah abi, pulang ke rumahpun main lagi. Dunia mereka memang dunia bermain hee. Sampai mereka capek. Tapi kalau diamati sepertinya mereka tidak ada capeknya. Buktinya tetap saja kalau ada peluang bermain pastinya mereka mau bermain. Istirahat terbaik memang di waktu tidur.
Abdullah Tsamara saat di Sekolah Abi

Akhirnya mungkin karena kecapekan kemarin, pada waktu makan sahur Abdullah tidak respon ketika diajak untuk makan sahur bersama. Benar-benar tidak sahur. Tsamara bagaimana? Terima kasih Alhamdulillah dia bangun dan makan sahur tapi kalau ditanya “Besok ayuk puasa ya?” pasti dijawabnya “Tidak”. Kapan dek belajar puasanya eh salah ayuk hee. ^_^

Abdullah sebenarnya bisa bangun tapi dia enggan untuk makan sahur. Kami jadinya tidak memaksa, mungkin hari ini dia benar-benar tidak siap puasa. Kami beralasan ya seperti tadi itu, mungkin karena kemarin terlalalu capek sehingga berdampak pada motivasinya untuk puasa.  Artinya lain kali kami harus mengingatkan Abdullah agar jangan terlalu capek saat bermain.

Bagi yang telat makan sahur boleh apa tidak  dia berpuasa?

Simak kisah berikut:
Ummul mukminin Aisyah menceritakan:
"Suatu hari, Nabi SAW menemui kami, dan bertanya, 'Apakah kalian punya makanan?' Kami menjawab, 'Tidak.' Kemudian beliau bersabda: "Kalau begitu, saya akan puasa.". (HR. Muslim 1154, Nasai 2324, Turmudzi 733).

Pada hadis ini, Nabi Muhammad SAW mendatangi istrinya di pagi hari. Beliau menanyakan kepada istrinya, apakah di rumah ada makanan untuk sarapan. Artinya, Nabi tidak memiliki niat puasa ketika itu.

Kemudian ketika Aisyah menjawab bahwa beliau tidak memiliki makanan, Nabi melakukan puasa.

Ini menunjukkan bahwa pada malam harinya, Nabi tidak makan sahur, karena pada malam itu, tidak ada keinginan dari beliau untuk berpuasa. Beliau baru menyatakan berpuasa di pagi harinya.

Namun perlu diketahui bahwa sahur merupakan sunnah yang muakkad bagi yang berpuasa dengan dasar perintah dari Rasulullah untuk itu sebagaimana hadits yang terdahulu dan juga sabda beliau:

“Bersahurlah karena dalam sahur terdapat berkah.”
Oleh karena itu, Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Fath al-Bary (3/139) menukilkan ijmak atas kesunahannya.

Dengan demikian jelaslah orang yang tidak sahur baik untuk puasa wajib ramadhan ataupun puasa-puasa sunnah tidak membuat tidak sahnya puasa. Hanya saja kehilangan keutamaan dan keberkahan makan sahur.

Bagi Abdullah yang masih berumur 5 tahun makan sahur selain untuk mendapatkan keberkahan juga penting untuk masa pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya. Terlebih lagi Abdullah yang rutin tranfusi karena Thalasemia sangat dipantau asupan makanannya.

Pokoknya belajar puasa Abdullah keren, belajar puasanya oke jika sampai berbuka itu adalah “bonus” sambung umminya.

Baarakallahu fik Abdullah, besok kita puasa ya. Aamiin

Bengkulu, 1 Juni 2018

Sumber:



No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Trip Air Terjun Cuup PSUK Benteng

Pagi masih menyapa hangat dengan perpaduan sinar mentari di ufuk timur, menambahkan keceriaan hari ini. Benar saja kami dari tadi s...