Monday, 19 February 2018

Tugas Negeri Kaya

Bismillahi..

Tugas Negeri Kaya

Setiap kali jeruk Gerga Pal VII akan keluar daerah maka dia akan melewati proses karantina. Keluar daerah maksudku keluar kota atau keluar propinsi termasuk keluar pulau. Pengiriman diatas 10 kg maka wajib hukumnya untuk karantina hee. Tepatnya adalah karantina tumbuhan dan hewan.

Kali ini aku akan mengajak berkeliling kota Bengkulu. Kantor karantina tumbuhan dan hewan di Kota Bengkulu terletak di Padang Kemiling sebelum bandara Fatmawati dari pusat kota. Namun pelayanannya meliputi tiga tempat yakni, 1. Bandara Udara Fatmawati, 2. Dermaga Angkutan Laut Pulau Baai, 3. Kantor Pos Padang Jati Kota Bengkulu.

Sebelumnya aku pernah mengirim ke Semarang, Jakarta, Bekasi, Bogor, juga Medan Sumatera Utara. Banyak pelanggan banyak juga pola transaksinya juga kita akan mengenal dan memahami karakter daerah masing-masing. Indonesia memang kaya. Kaya Raya.

Dikarantina maksudnya apa sih? ya analoginya begini, buah ini memiliki biji dan bisa dibiakkan di daerah tujuan, so sederhananya adalah hak paten sebuah daerah itu harus dihargai. Dan yang tak kalah penting adalah memastikan kualitas produk, higienis, aman, dan nyaman.

Di kantor karantina produk ini akan diuji kelayakan di laboran. Kecuali di Pos, yang pernah saya lihat hanya memastikan sampel bagus dan layak. Kemudian setelah dipastikan keadaan produk, barulah Identitasnya ditulis meliputi nama pengirim, nama objek, nama penerima, tanggal pengiriman dll.

Setelah itu akan dikeluarkanlah sebuah Sertifikat. Sertifikat inilah nanti yang akan menjadi acuan untuk Pihak Penerbangan atau pihak keberangkatan sebagai bukti kelayakan produk. Biayanya cuma Rp 5.000_-  cukup murah kan prosesnya juga cepat.

Dari cerita di atas kalian juga bisa memberikan TUGAS pada siswa PAUD hingga MAHASISWA. Mulai dari mengenal bentuk, warna, dan rasa jeruk. Hingga membuat sebuah karya ilmiah. Jangan berfikir tugas itu hanya berkutat pada sebuah kertas. Tugas adalah Amanah. Paham.

Sawah Lebar
Dini hari 19 Februari 2018

Selamat mengawali pekan dengan sejuta mimpi dan harapan.

#jerukgerga #gergapalvii #efrideplin

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

4 Tips Donor Darah Saat Puasa

Donor darah menjadi trend gaya hidup sehat masa kini. Selain memenuhi kebutuhan hidup para penggunanya, donor darah menjadi sebuah kebutuhan...