Skip to main content

KEMNAS 4 Pramuka SIT 2018 JAWA BARAT INDONESIA

Pramuka Sekolah Islam Terpadu mengemas salah satu kegiatan pramuka dengan nama Kemah Ukhuwah Nasional. Sebelumnya Kemah Ukhuwah 3 dilaksanakan di Objek Wisata Caban Rondo, Batu, Malang Jawa Timur.

Tahun ini, insya Allah akan dilaksanakan Kemah Ukhuwah 4 di Jawa Barat pada tanggal 16 - 19 November 2018. Mengenai lokasi yang pasti akan menunggu konfirmasi dari pusat.

Tidak ada papan gapura kebanggaan segelintir koloni. Tidak ada tongkat berwarna-warni di tangan kanan untuk kepongahan. Tidak ada yel-yel meringis makna dan menyayat hati pendengarnya. Tidak ada, tidak ada. 

Tidak ada piala dan tidak ada apresiasi duniawi. Semua menyatu dengan religi dan saling mengingati. Sejatinya antara satu tenda dengan tenda yang lain tak berbatas walaupun dengan seutas tali. Pembinalah yang akan memberi motivasi dan sikap percaya diri peserta dan adik-adik nanti.

Kemah merupakan sarana untuk saling mengenal dan saling memahami. Bukan sebuah wadah untuk saling unjuk gigi. Disanalah nanti akan timbul rasa persaudaraan dan rasa empati dari setiap pangkalan bahkan seantero negeri.

Hari pertama mungkin masih sepi. Hari kedua pastikan tidak sendiri. Semua sauadara berhak untuk saling berbagi dan mengenal diri. Di akhir perkemahan nanti ada sebuah perasaan sedih karena harus berpisah untuk membawa nasihat-nasihat dan pesan surgawi. Disinilah pelajaran pertama bahwa kita semua akan berdoa untuk selalu bersama-sama lagi. Selamanya di surgaNya nanti. Aamiin

Sampai Jumpa di Kemanas 4 Jabar
16-19 November 2018

Oleh: Efri Deplin (Ketua Bidang Departemen Pramuka SIT Wilayah Bengkulu)


Aslmkm wr wb.

Ykh. Pinsakoda Pramuka SIT se-Indonesia

Hal : Gapura Tenda

*Mengingat :*

1. Arahan Pimpinan Nasional SAKO Pramuka SIT

2. Diperlukan adanya konsep perkemahan yang mengedapankan nilai ukhuwwah dimana anak-anak diminta berbaur berpadu untuk bersemangat menjalin persaudaraan di Kemah Ukhuwah Nasional 4

*Menegaskan dan mengingatkan kembali dalam pelaksanaan Kemah Ukhuwah Nasional 4 untuk :*

1. Tidak membuat gapura per regu 

2. Menghindari yel-yel regu, pangkalan, atau kontingen yang berpotensi menimbulkan kegaduhan dan dominasi regu tertentu

Demikian arahan ini untuk diikuti oleh seluruh peserta Kemah Ukhuwah Nasiona 4.

Salam Pramuka

Jazaakmllhu khairan katsiro

*Ketua Pelaksana*

Rizal Dharma Saputra

#kemahukhuwah #kemah #setiappramukaadalahkantorberita #kemahukhuwah4 #jawabarat #jsit #pramukasit

edit: 29 Okt 2018, 21.15 WIB.

edit: 30 Okt 2018, 08.25 WIB.

Bersama Kak M. Zahri (Ketua JSIT Indonesia) pada Lokakarya Nasional 10-11 Februari 2018
Wisma Hijau Depok, Jawa Barat.

Comments

  1. Amiin...
    Ya ya ya...itulah Pramuka, Pramuka sejati.. Sejati kata dan prilakunya.

    Allahu Akbar !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Rabb
      Salam buat SMPIT Cita Ummat kak,

      Delete
  2. Allah huakbar...
    Salam kami dari sdit citra ummat. salam kenal sadar2...

    ReplyDelete
  3. Allah huakbar...
    Salam kami dari sdit citra ummat. salam kenal sadar2...

    ReplyDelete
  4. Assalamunalaikum, Kamibdari SD dan SMP IT ALFIKRI Makassar mau bertanya, Masih bisa mendaftar untyk kemnas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa kakak, bisa online dan offline. Data online dapat diakses di www.kemnas4.com sedangkan data offline bisa hubungi panitia pusat atau japri nomor WA saya di 085268125187.

      Delete
  5. salam dari SMK IT Ihsanul Fikri kak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kembali kak Anggito Manyu, saya dari Provinsi Bengkulu. Gudep Unggul Nasional 2016 06.007-06.008 Kota Bengkulu.

      Delete

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Popular posts from this blog

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI Silsilah Nabi / Rasul Sumber : Silsilah Nabi dan Rasul SILSILAH 25 NABI Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin. 1. ADAM AS. Nama: Adam As. Usia: 930 tahun. Periode sejarah: 5872-4942 SM. Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab. Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan. Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali. . 2. IDRIS AS. Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. Usia: 345 tahun di bumi. Periode sejarah: 4533-4188 SM. Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis). Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali. . 3. NUH AS. Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qi

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya. 1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: : a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain. b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu. c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya. d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebaga

Adzka Juara 1 Lomba Puzzle dan Manfaat Bermain Puzzle

Obrolan kami di rumah terlihat sangat santai, "Besok Adzka ikut lomba Puzzle bang" cerita istriku. "Oh begitu, kok bisa ikut?" selidikku. Karena kami sangat tahu bagaimana perkembangan Adzka di sekolahnya. Usut punya usut ternyata Adzka bisa ikut karena Paud IT Auladuna mendapat kuota tambahan sebagai peserta lomba dan tidak semua anak-anak dipilih.  Beruntungnya karena umminya disekolah jadi diprioritaskan. Tim intinya sudah dibentuk, Adzka sebagai pelengkap dan sebagai penggembira. Tak apa, itung-itung uji nyali di depan umum dan belajar bersosialisasi. Pengalaman itu sangat berharga. Namun, lihat nanti apa yang terjadi? Sehari sebelum hari lomba, iya di Ahad itu umminya sedang ada kegiatan di luar sana. Aku sendiri yang menjaga mereka di rumah. Termasuk abang nya, Harrik. Harrik kalau soal puzzle tidak diragukan lagi karena dia sudah membuktikan tahun lalu berhasil menjadi juara 2. Harrik masuk daftar tim inti lomba Puzzle. Sekali lagi Adzk