Friday, 26 January 2018

Es Lilin dan Macang

Bismillahi.. Es Lilin dan Macang

Cuaca cukup cerah, teman-teman di kelas 5 SDN 4 Masmambang hari itu sedang olah raga. Karena gerah dan kepanasan banyak diantara mereka yang membeli es lilin. Es yang dibungkus plastik sepanjang kira-kira 15 cm. Mereka membeli dengan harga Rp.100,00. .
.
Aku tidak pernah membawa es ke sekolah lebih dari 40 batang, kecuali ada satu atau dua batang bonus untuk aku setiap hari. Es ini adalah milik guru agama ibu Puspa, semoga beliau senantiasa sehat Aamiin. Setiap laku 10 batang aku mendapatkan fee sebesar Rp.100,00. Artinya kalau habis es yang aku jual maka aku akan mendapatkan keuntungan Rp. 400,00. Jika bonus yang aku dapat dijual juga aku bisa menambah Rp. 100,00 hingga Rp. 200,00.
.
.
Tapi daganganku jarang habis hehe ada juga sih sesekali permintaan pelanggan meningkat drastis. Alhasil daganganku ludes. Alhamdulillah.
.
.
Sayang beribu sayang, aku belum bisa mengolah uang. Uang itu aku pakai buat jajan aku dan adikku. Tidak lama aku berjualan es karena listrik di desaku belum stabil. Bayangkan di tahun 1997/1998 di desaku Pagar Gasing belum mengalir listrik pada siang hari. Listrik hanya menyala pada malam hari. Bisa dibayangkan kan nikmatnya es siang hari pada masa itu hee dan aku pelakunya. Tahun itu juga terjadi kemarau yang sangat panjang (sesi lain insya Allah akan aku critakan). .
.
Selain es lilin, aku pernah menjual bauh macang. Waktu itu aku masih kelas dua. Nah kalau hasil penjualan macang ini kuserahkan ke emakku. Macang adalah semacam buah jenis kuini dan mangga, serat lebih kasar dan ukuran lebih besar terasa sedikit agak asam. Namun macang yang aku jual ini lebih manis. Seratnya memang lebih kasar tapi aku berani jamin kalau rasanya lebih manis dan lebih wangi. Macang ini milik kami sendiri, pohonnya tinggi basar menjulang di depan rumah. Haha.. ada-ada saja ya kerjaanku waktu di sekolah. .
.
Aku tidak malu berjualan di sekolah. Teman-teman juga jualan haha. Aku berjualan di jam istirahat. Ibuku juga mendukung, eh emak maksudku.. Aku juga tidak lepas dari tiga besar juara kelas. Alhamdulillah.

Aku masih di kelas, mau Jeruk Gerga Pal VII?. @30haribercerita
#30haribercerita2018
#30hbc1826
#30hbcmasakecil

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

4 Tips Donor Darah Saat Puasa

Donor darah menjadi trend gaya hidup sehat masa kini. Selain memenuhi kebutuhan hidup para penggunanya, donor darah menjadi sebuah kebutuhan...