Skip to main content

Primadona Rp.100,00,-

Bismillahi.. Primadona Rp.100,00.

Hari senin aku selalu dibekali dengan uang jajan biasanya Rp.200,00. Uang ini sudah bisa untuk beli lontong sayur dua piring. Minumnya gratis dari teko alumunium putih di atas meja kantin. Kantin? terlalu mewah sebutan itu untuk warung si sekolah. Karena kami tahunya ya warung. .
.
Hari-hari lainnya aku jarang sekali jajan. Bisa dibilang tidak pernah. Aku juga tidak risih dengan teman-teman yang jajannya banyak. Bahkan aku waktu itu sudah kenal istilah bandar. Teman yang punya uang membayari teman-temannya yang lain. Banyak faktor ia membandari teman-teman. Bisa karena kedekatan emosional alias satu visi atau selevel lah. Bisa jadi ia balas jasa. Misal, ada temanku waktu itu malas nulis jadi dia dimintai menuliskan di bukunya imbalan adalah dibayari belanja. Keren juga nih anak. Tidak ditiru ya teman-teman.
.
.
Bisa dibilang aku dengan uang sangat tidak akrab. Kita jarang sekali bertemu. Awal aku mengenal uang lima ribu ada gambar kecapi dan cengkih itu dikelas satu SMP.
Aku tidak pandai mengatur uang. Berapa uang ditangan selalu habis. Dibatasi jajan dengan nominal tertentu memang pilihan tepat. Tahun 90an memang indah dan berkesan hehe.
.
.
Makanya aku sangat kecewa di hari senin itu emak lupa memecah uang receh Rp.500,00 menjadi pecahan seratus. Akibatnya adalah uang itu habis dalam satu hari. Aku takut sekali emak kecewa. Ternyata diluar dugaan emak tidak marah dan tetap menguatkan aku. Tapi aku tetap saja berfikir kalau aku waktu itu sangat boros. Maafkan aku ya Mak.
.
.
Sekarang uang Rp.100,00 tidak ada apa-apanya dimata anak-anak. Nilai tukar mata uang semakin meningkat. Nominalnya semakin lama semakin tinggi untuk digunakan. Jarang sekali kita mendengar ada harga seratus rupiah. Paling rendah satuan harga minimal Rp.1000,00. Sangat berbeda jauh di zamanku kecil dulu.
.
.
Uang Rp.100,00 sudah dapat membeli ini dan membeli itu. Mendapatkan uang sebesar itu sebuah keajaiban kawan.
.
.
Ternyata di sebelah sana ada banyak sekali teman-temanku yang tidak pernah jajan sekalipun. Aku termasuk yang beruntung.

@30haribercerita
#30haribercerita
#30hbc1827
#30haribercerita2018
#jajan #uang #primadona #tahun90an

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya. 1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: : a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain. b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu. c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya. d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebaga

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI Silsilah Nabi / Rasul Sumber : Silsilah Nabi dan Rasul SILSILAH 25 NABI Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin. 1. ADAM AS. Nama: Adam As. Usia: 930 tahun. Periode sejarah: 5872-4942 SM. Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab. Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan. Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali. . 2. IDRIS AS. Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. Usia: 345 tahun di bumi. Periode sejarah: 4533-4188 SM. Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis). Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali. . 3. NUH AS. Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qi

Pembagian Raport Online di Tengah Issue Covid-19

Pembagian Raport Online di Tengah Issue Covid-19 Saya bersama anak-anak Aulad Hari ini adalah hari Sabtu. Hari yang dinanti-nantikan bagi siswa saya ketika belajar tatap muka berlangsung. Mengapa? pasalnya adalah kalau tidak libur maka akan ada out door study atau kita akan melaksanakan POMG. Iya besok pembagian raport dan POMG. Pembagian Raport 😊. Kelas 4 Abdullah bin Umar  di Hutan Mangrove Apa itu POMG? POMG adalah Pertemuan Orangtua Murid dan Guru. Saat pembagian raport SDIT Iqra'1 Kota Bengkulu sejak lama menggaungkan budaya literasi tatap muka dengan beberapa istilah yang menarik seperti ini. Pembagian Raport dan POMG setidaknya kami laksanakan dua kali dalam satu semester. Pertama pada saat tengah semester dan yang kedua adalah di akhir semester. Biasanya pertemuan berlangsung dengan tatap muka di Masjid Qolbun Salim 1 atau Qolbun Salim 2 dan kembali berkumpul di kelas masing-masing. Baca Juga: Wisata yang Layak Dikunjungi di Bengkulu Namun ada perbe