Post Page Advertisement [Top]

Edukasi

Abdullah Tsamara dan Ferifrok

Bismillahi..

Hari ini Sabtu 27 Januari 2018 M.Abdullah dan Tsamara kembali tranfusi. Setiap bulan mereka selalu ke hospital. Belakangan lebih dekat jaraknya hingga per tiga pekan. Jadi setiap tiga pekan sekali mereka tranfusi untuk memenuhi kebutuhan hemoglobinya agar sempurna. Kali ini Abdullah membutuhkan 2 x 170 cc PRC. Sedangkan Tsamara 1 x 130 cc PRC. Hb awal mereka masing-masing adalah Abdullah 7.7 dan Tsamara 9.3. Angka normal Hb berkisar diantara 12.00 - 13.00. Terima kasih kepada Ayah bunda Bapak ibu Ustad Ustdzah senantiasa komitment membantu kebutuhan darah ananda. Bulan ini Pak Dedi dan Bunda Erika terima kasih semua atas supportnya.

Umur Abdullah sudah menginjak 5 tahun 3 bulan. Sedangkan Tsamara sudah 3 tahun 11 bulan. Bulan depan ferbruari nanti Tsamara genap 4 tahun. Jadi dengan melihat umur mereka dapat digambarkan sudah berapa lama mereka melakukan proses tranfusi. Sejak Tsamara umur 4 bulan di tahun 2014. Lumayan lama ya, 3 tahun 7 bulan.

Kali ini saya akan bercerita mengenai feritin. Ferritin adalah sebuah protein yang terdapat di dalam sel pada hampir seluruh makhluk hidup. Ferritin merupakan protein penyimpan zat besi paling utama pada tubuh. Mengapa saya penting menceritakan ferritin?. Pada pasien thallasemia ferritin tidak asing dan menjadi bahasan penting.

Setelah sebelumnya saya bercerita tentang Abdullah Tsamara dengan hemoglobin mereka maka diharapkan semua pembaca akan lebih memahami pentingnya mengetahui kadar ferritin.

Fe atau besi di dalam tubuh pasien thallasemia tidak mengalami gangguan, semuanya normal. Namun karena sering dimasukkan darah pada proses tranfusi, maka tingkat Fe nya menjadi tinggi. Semakin banyak rutinitas tranfusi maka jumlah ferritin semakin bertambah. Kelebihan zat Fe di dalam tubuh akan berakibat menggangu sistem kerja organ. Fe bisa jadi akan menumpuk di organ-organ tertentu. Jadi penting sekali untuk mengetahui kadar Fe bagi seoarang thallasemia. Semoga Abdullah dan Tsamara Fe nya normal Aamiin. 

Untuk menurunkan tingkat Fe di dalam tubuh maka mereka harus mengkonsumsi zat peluruh Fe. Diantaranya adalah Ferifrok. Beberapa jenis direkomendasikan untuk mereka. Mulai dari bentuk cair hingga bentuk tablet atau pil. Abdullah dan Tsamara konsumsi jenis tablet berwarna putih yang disebut dengan ferifrok.

Tablet putih tersebut dikonsumsi dengan dosis 1 x 1 per hari. Pesan dokter Wasis Rohimah, S.Pa setiap kami kontrol, kadar ferritin ini harus dichek setiap tiga bulan sekali atau enam bulan sekali.

Di Bengkulu satu-satunya alat yang dapat mengetahui kadar ferritin di dalam darah ada di Laboratorium M.Yunus Bengkulu. Labor-labor swasta kemungkinan juga dapat mengechek kadar ferritin. Kendala yang dihadapi adalah jika di M.Yunus sering terjadi kehabisan reagen atau zat yang digunakan untuk chek Fe. Sementara kalau di laboran swasta lainnya, selain mengeluarkan biaya dengan cosh tidak murah hasil yang dicapai juga terbatas. Chek Fe sebaiknya berbanding lurus dengan konsultasi fungsi organ tubuh lainnya seperti jantung, paru, hati dan lainnya.

Terakhir kami mengechek kadar ferritin ananda Abdullah dan Tsamara sekitar dua tahun yang lalu di RSCM Jakarta. Kadar ferritin mereka sudah mencapai lebih dari 2.000. Sejak saat itulah mereka rutin konsumai ferifrok.

Apakah dalam waktu dekat ananda akan kontrol ferritin sekaligus konsultasi fungsi organ? Wallahualam bishowab. Kami selalu berdoa agar ananda senantiasa sehat dengan tumbuh kembangnya dan menjadi muslim muslimah yang shaleh. Menjadi generasi pembela agama Allah, hafidz dan hafidzah. Aamiin

Baarakallahu fikum.


Efri Deplin

Bengkulu, 27 Januari 2018

RS.M.Yunus Bengkulu

belajariangriang.blogspot.co.id

ig: efri deplin

fb: efri deplin

WA: 085268125187

Telepon: 0895326418115


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib