Skip to main content

Makna Logo FLP


Tidak semua anggota FLP tahu kalau logo FLP diciptakan Andi Yudha Asfandiyar. Logo yang bergambar orang membaca buku menggantikan logo lama yang bergambar pena melingkari bumi.

Agar dapat mengerti maknanya, mari simak deskripsi logo FLP di bawah ini:

–       Huruf F seperti pintu bagi semua orang yang ingin bergabung dalam aktivitas membaca dan menulis.

–      Huruf L seperti lembaran buku yang terbuka. Kalau diperhatikan seperti orang sedang membaca buku. Sehingga melambangkan aktivitas membaca yang tidak pernah henti. Kalau di logo lama ada gambar pena melingkari bumi (melambangkan aktivitas menulis), di logo baru huruf L melambangkan mata pena yang juga berarti aktivitas menulis.

–         Huruf P jika digabungkan dengan huruf P jika digabungkan dengan huruf L menyerupai orang yang sedang menjenguk buku melambangkan orang yang tidak henti membaca dan menegakkan pena.

Warna-warna logo FLP juga memiliki arti.

Biru berarti universalitas.Putih berarti aspiratif dan konsistensi.Merah berarti pencerahan.

Dalam AD/ART FLP yang disahkan pada Musyawarah Nasional FLP 2005, diatur pemakaian logo. Pengaturan penggunaan logo FLP sangat penting saat berkaitan dengan penerbit dan penulis. Urgensi pengaturan pemakaian logo FLP dibuat karena permasalahan yang pernah muncul seperti :

–         Apa isi tulisan sesuai dengan visi-misi FLP?

–         Apa penulis benar-benar anggota FLP?

Logo FLP sebagai identitas organisasi digunakan dalam kegiatan internal maupun kerjasama dengan pihak lain yang sesuai dengan azas, visi, misi FLP. Lofo FLP dapat digunakan untuk kebutuhan administrasi organisasi. Bisa juga digunakan untuk merchandise yang dibuat pengurus FLP. Keuntungan dari penjualan merchandise digunakan untuk kepentingan organisasi.

Pengaturan penggunaan FLP yang penting berkaitan dengan penggunaan dalam media khususnya buku. Sayangnya peraturan ini belum bisa dijalankan sepenuhnya.

Untuk pengawasan kualitas karya penulis FLP, penulis harus mengajukan permohonan pencantuman logo kepada organisasi dan penerbit. Kelak penerbit dan penulis wajiib membayar fee ke organisasi jika logo dicantumkan pada setiap penerbitan karya.

*Artikel ini ditulis oleh Andi Tenri Dala, dimuat di Buletin PENA Edisi 9/Desember/2006 rubrik Sosok. BuletinPENA merupakan media internal yang diterbitkan oleh FLP DKI Jakarta

*repost by.efri

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)