Skip to main content

Bintang Tahunan

 

blogspot.com

Dioptimalkan 15 jam yang laluLihat yang asliSegarkan

Home bintang tahunan pengetahuan kepramukaan tanda pengenal tanda penghagaan Mengenal Bintang Tahunan (Tanda Penghargaan Bagi Pramuka Muda)

Mengenal Bintang Tahunan (Tanda Penghargaan Bagi Pramuka Muda)

Penulis Alam Endah

Diterbitkan 12/15/2015 03:42:00 PM

TAGS

BINTANG TAHUNAN

PENGETAHUAN KEPRAMUKAAN

TANDA PENGENAL

TANDA PENGHAGAAN

Salah satu tanda penghargaan bagi anggota Gerakan Pramuka adalah Bintang Tahunan. Bintang Tahunan adalah tanda yang diberikan kepada anggota muda Gerakan Pramuka sebagai bentuk penghargaan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya sebagai anggota Gerakan Pramuka selama satu tahun atau kelipatannya. Bintang Tahunan diberikan kepada anggota muda Gerakan Pramuka untuk pramuka siagapramuka penggalangpramuka penegak, dan pramuka pandega dan tidak berlaku kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka. Tanda Penghargaan ini sendiri merupakan salah satu bentuk dari sistem Tanda Pengenal dalam Gerakan Pramuka.

Seorang Pramuka (baik Siaga, Penggalang, Penegak, maupun Pandega) menerima Tanda Penghargaan Bintang Tahunan setelah dinilai memiliki kesetiaan, kepatuhan, kerajinan, dan ketertiban dalam mengikuti kegiatan-kegiatan kepramukaan selama satu tahun penuh dan kelipatannya secara berturut-turut.

Tata cara dan peraturan tentang Bintang Tahunan diatur secara lengkap melalui Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 175 tahun 2012 tentang Petunjuk Penyelenggaraan (Jukran) Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka. SK Kwarnas ini dapat dibaca dan didownload di halaman

SK / PP Pramuka.

Bentuk, Bahan, Ukuran, Gambar, dan Warna Bintang Tahunan

Bentuk, bahan, ukuran, dan warna tanda penghargaan Bintang Tahunan sebagaimana diatur dalam Jukran Nomor 175 tahun 2012 adalah sebagai berikut:

Bintang Tahunan Pramuka berbentuk bintang bersudut lima (tiga dimensi) yang dibuat dari bahan logam berwarna perak.Tanda penghargaan Bintang Tahunan memiliki ukuran jari-jari 6 mm.Bintang dalam tanda penghargaan Bintang Tahunan diberi Alas berbentuk lingkaran dengan jari-jari 7 mm yang terbuat dari bahan laken, kulit, atau bahan lainnya.

Alas Bintang Tahunan tersebut berwarna dengan ketentuan sebagai berikut:Hijau untuk masa bakti sebagai seorang Pramuka SiagaMerah untuk masa bakti sebagai seorang Pramuka PenggalangKuning untuk masa bakti sebagai seorang Pramuka PenegakCoklat untuk masa bakti sebagai seorang Pramuka PandegaBintang Tahunan untuk tahun kedua, ketiga, dan seterusnya memiliki bentuk, ukuran, dan bahan yang sama, dengan ditambahkan angka sesuai dengan jumlah tahunnya. Angka tersebut berwarna perak dengan dasar berwarna hitam, bergaris tengah 6 mm, dan terletak di tengah-tengah bintang.

Bentuk bahan, ukuran, dan warna tanda penghargaan Bintang Tahunan selengkapnya lihat contoh gambar sebagai berikut.

Bentuk Bintang Tahunan Pramuka

Siapa yang Berhak Mendapatkan Bintang Tahunan?

Sebagaimana telah diuraikan di atas, bintang tahuanan merupakan tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota muda Gerakan Pramuka yang meliputi Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega. Para anggota ini untuk memperoleh Bintang Tahunan dinilai berdasarkan ketentuan, antara lain:

counter(li)Telah menyelesaikan dan dilantik dalam SKU tingkatan terendah dalam golongannya. Sehingga telah dilantik sebagai Siaga Mula bagi anggota Pramuka Siaga,Penggalang Ramu (Pramuka Penggalang),Penegak Bantara (Pramuka Penegak), dan Pandega.counter(li)Selama satu tahun terhitung sejak dilantik, selalu setia mengikuti kegiatan di satuannya baik kegiatan berkala (semacam latihan rutin) dan kegiatan insidental.counter(li)Selama satu tahun terhitung sejak dilantik, selalu patuh menjalankan tugas dan kewajiban yang diberikan pembinanya.counter(li)Selama satu tahun terhitung sejak dilantik, selalu giat dan rajin melatih diri untuk meningkatkan kesehatan jasmani dan rohaninya, sehingga berguna bagi dirinya, keluarganya, dan masyarakat sekitarnya.counter(li)Selama satu tahun terhitung sejak dilantik, selalu menunjukkan usahanya untuk menepati dan menjalankan Dwisatya dan Dwidarma, Trisatya dan Dasadarma Pramuka.

Bagi anggota pramuka yang telah menerima Bintang Tahunan, dan pada tahun berikutnya masih memenuhi syarat-syarat tersebut di atas, dapat menerima dan mengenakan Bintang Tahunan Pramuka untuk tahun kedua. Demikian juga pada tahun ketiga, dan seterusnya.

Wewenang untuk mengusulkan, memberikan, menganugerahkan, dan mencabut Bintang Tahunan ada di Pembina Gudep dimana anggota pramuka tersebut berada. Penganugerahan dapat juga dilimpahkan kepada Kwartir Rantingataupun Kwartir Cabang.

Tata Cara Pemakaian Bintang Tahunan

Bintang Tahunan Pramuka dikenakan oleh anggota pramuka yang berhak. Penempatannya di pakaian seragam pramuka adalah di atas saku kanan baju seragam pramuka, tepat di atastanda WOSM (untuk pramuka putra). Sedang untuk anggota putri di dada sebelah kanan dengan lokasi menyesuaikan sekiranya sama dengan putra.

Apabila seorang anggota Gerakan Pramuka memiliki Bintang Tahunan lebih dari satu dalam satu golongan maka yang dikenakan cukup Bintang Tahunan yang tertinggi. Semisal memiliki Bintang Tahunan tahun pertama dan kedua untuk golongan penggalang, maka yang dikenakan adalah Bintang Tahunan Tahun Kedua, sedang Bintang Tahunan Tahun Pertama tidak usah dikenakan.

Bila memiliki Bintang Tahunan lebih dari satu dari golongan yang berbeda maka yang dikenakan adalah Bintang Tahunan Tertinggi dari masing-masing golongan. Pemasangannya berurutan dari kanan mulai dari Bintang Tahunan golongan Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega. Sebagai contoh, seorang anggota Gerakan Pramuka memiliki dua Bintang Tahunan Siaga, tiga Bintang Tahunan Penegak, dan satu Bintang Tahunan Pandega, maka pemasangannya secara berutan mulai dari kanan adalah Bintang Tahunan Siaga Tahun Kedua; Bintang Tahunan Penegak Tahun Ketiga; dan Bintang Tahunan Pandega Tahun Pertama.

Selain Bintang Tahunan, seorang anggota muda Gerakan Pramuka dapat juga memperoleh berbagai tanda penghargaan lainnya. Tanda penghargaan yang bisa didapatkan oleh pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega adalah Lencana Teladan, Lencana Wiratama, Lencana Karya Bakti, dan Tanda Penghargaan Kegiatan (Tiska dan Tigor).

Adik-adik sudah memahami apa itu Bintang Tahunan? Ingin dan merasa telah memenuhi syarat untuk mendapatkannya, silakan bicarakan dengan pembina masing-masing untuk mendapatkan tanda penghargaan Bintang Tahunan.

Google Facebook Twitter

 

Artikel Terkait

Mengenal Pramuka Pandega

Pemasangan Atribut (Tanda Pengenal) Siaga di Seragam Pramuka

SKK dan TKK (Syarat Kecakapan Khusus dan Tanda Kecakapan Khusus)

Tanda Satuan dalam Gerakan Pramuka

Bapak Pramuka Indonesia, Sri Sultan Hamengku Buwono IX

Arti Kiasan Badge (Lencana) Kwarda Jawa Barat

Alam Endah

Kuis Interaktif Materi Pramuka Penggalang Ramu

Teka Teki Silang (TTS) Pramuka Interaktif

4 comments

Balas

 

Dharmapala Scout 

Cara pemakaiannya kak. jika kita pernah siaga penggalang dan sekarang kita penegak. apakah bintang tahunan yang pernah di dapat saat siaga dan penggalang juga dipasang di seragam penegak.?

Balas

 

Serdi Gila 

tidak kak, untuk siaga atau bintang sebelumnya tidak dipasang, itu sih menurut pembina saya kak

Balas

 

Muhamad Anwar 

Apakah bisa mendapat bintang tahunan lebih dari satu ditahun yang sama? Dan memakai bintang tahunan golongan yg sama lebih dari satu (contoh : memakai bintang tahunan penegak sampai 3 buah)

Balas

 

Anonymous 

bisa gan

EmoticonEmoticon

:)

:(

hihi

:-)

:D

=D

:-d

;(

;-(

@-)

:o

:>)

(o)

:p

:-?

(p)

:-s

8-)

:-t

:-b

b-(

(y)

x-)

(h)

Comment as: 

Select profile...Google AccountLiveJournalWordPressTypePadAIMOpenIDName/URLAnonymous

 

Facebook 

TwitterYoutubeRSSGoogle+Instagram

Artikel Pilihan

Pemasangan Atribut (Tanda Pengenal) Pramuka Penggalang

Kumpulan Materi Pramuka Penggalang Lengkap

Belajar Semaphore Cara Mudah Cepat

Sejarah Singkat Kepramukaan di Indonesia

Sejarah Singkat Kepramukaan di Dunia

Kategori

administrasi anggota pramuka baris berbaris beritadownload gambar game pramuka gerakan pramuka gudep hari pramuka jambore jawa tengahJota Joti kartun lucu kegiatan pramuka kemahkepramukaan kode kwartir kwartir daerah kwartir nasional lagu daerah lagu nasional lagu pramuka lagu wajib logo menaksir morsenasional organisasi pandega penegakpengetahuan kepramukaanpenggalang pionering poster pppk pramuka pramuka garuda saka saka bahari saka bhayangkara saka tarunabumi sandi satuan karya pramuka scouting skillseragam pramuka siaga simpul skk sku tali temali tanda pengenal teknik kepramukaan tkk undang-undang video wosmyel lucu yel pramuka

Artikel Terbaru

DP BBM Gambar Gerak Saka Bahari dan Bhayangkara

Lagu Pramuka Di Bawah Langit Malam (AT Mahmud)

Bapak Pramuka Indonesia vs Bapak Pandu Indonesia

Pertinas Saka Bakti Husada V Tahun 2016

DP BBM Gerak Hari Pramuka ke-55

About

Pramukaria adalah blog pribadi tentang pramuka dan kepramukaan di Indonesia.

Web Tools

Contact FormDisclaimerPrivacy PolicySitemapTerms of Service

Newsletter

Berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email.

 

Copyright © 2016 Pramuka All Right Reserved

Designed by Arlina Design Powered by Blogger

Tentang PramukariaAdmin dan KontakPrivacy PolicyPramuka SiagaPramuka PenggalangPramuka PenegakPramuka PandegaPengetahuan PramukaTeknik KepramukaanSKUSKKUndang-undangSK/PP PramukaLagu dan Yel PramukaLagu NasionalVideo PramukaOrganisasiSatuan KaryaBerita PramukaDaftar Isi

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)