Sunday, 24 January 2016

Belajar Sepanjang Hayat

Bismillahi...

Belajar sepanjang hayat merupakan implikasi dari sebuah hadits yang berbunyi "Tholabul `ilmi faridtatun `ala kulli muslim" artinya "Menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap orang muslim". Mengapa setiap muslim diwajibkan menuntut ilmu?. Merupakan pertanyan yang tepat untuk semua umat manusia. Bukan hanya muslim namun semua umat manusia. Namun ada perbedaan makna dan tujuan ketika membahas tentang "ilmu" dan "umat manusia".
Perbedaannya terletak pada kata "muslim" dan "umat manusia". Jika dibicarakan disini mengenai muslim maka letak ilmu akan berada pada hal yang luara biasa yakni sebuah amal. Karena ilmu akan menghasilkan amal yang akan membawa seorang muslim menuju Rabb-Nya. Hal ini seperti yang telah di sampaikan dalam Al-Quran "Allah akan mengangkat beberapa derajat bagi orang-orang yang berilmu". Sementara apabila ilmu dikaitkan dengan kata "umat manusia", pertanyaannya akan berujung panjang. Umat manusia yang mana? jika ia muslim maka seperti yang dibicarakan sebelumnya. Namun jika "umat manusia" disini "selain muslim" maka semua ilmunya tidak akan menghasilkan apa-apa kecuali keduniawian saja. Tidak lebih. Ini sangat erat hubungannya antara ilmu dan agama. Dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Ilmu dan agama merupakan penyatuan hal yang religius untuk menemukan Rabb. Seperti yang tercantum dalam Al-Qur`an "Agama yang diridhai di sisi Allah adalah agama ISLAM".
Dari uraian diatas sangatlah besar arti dari sebuah kata "belajar" bagi seorang "muslim". Tentulah aktifitas belajar ibarat seekor ikan yang menemukan lubuknya. Ia akan senantiasa senang dan gembira berenang bebas di samudera ilmu yang luas untuk menemukan Rabb-Nya.
Selamat belajar.
Belajar Sepanjang Hayat.
Bumi Raflesia dihujani keberkahan
Bengkulu 24 Januari 2016
Terima Kasih Ilmunya

1 comment:

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Trip Air Terjun Cuup PSUK Benteng

Pagi masih menyapa hangat dengan perpaduan sinar mentari di ufuk timur, menambahkan keceriaan hari ini. Benar saja kami dari tadi s...