Skip to main content

Kelas Maya Sederhana Metode Belajar Jarak Jauh



Hari ini memulai metode belajar jarak jauh. Dengan diberlakukannya siswa belajar di rumah, saat ini berbagai upaya dilakukan untuk memaksimalkan proses pembelajaran.

Tidak ada kelas tatap muka bukan berarti tidak ada proses belajar sesungguhnya. Solusinya adalah kelas Maya yang sangat sederhana saya buat untuk mengontrol proses pembelajaran anak-anak di kelas 4 Abdullah bin Umar.


Tutorial Sederhana

Setelah semua bahan materi disiapkan dari hari pertama hingga hari terkahir ditentukan. Langkah selanjutnya adalah membuat skenario semacam tutorial sederhana. Bahan materi disatukan dan diramu dalam sebuah file. Siap dipresentasikan dalam kelas Maya yang saya sebutkan tadi. 


Kelas Maya yang dimaksudkan tidak lain adalah semacam Video Converence. Tentu melalui jaringan? Iya melalui jaringan. Saya ada di rumah dan siswa saya ada di rumahnya masing-masing. Jauh sebelum ini dilakukan, siswa saya juga sudah terbiasa dengan tugas-tugas kelas Maya. Mungkin tanpa disadari beberapa kali di kelas saya memberikan tugas yang terukur sesuai capaian kurikulum.

Kerjasama Orang Tua Hebat

Siswa yang saya ajar masih kelas 4. Tepatnya adalah kelas 4 Abdullah bin Umar. Peraturan di sekolah siswa diperkenankan tidak bermain HP. Namun dalam dunia pendidikan kita juga tidak lupa akan perkembangan teknologi. Bagaimana kita mengemas teknologi dan mengendalikannya sesuai dengan kebutuhan. 

Saat kontrol jarak jauh, tentu sebagai guru saya tidak dapat melihat langsung apa, bagaimana, sedang apa dan tentunya apakah siswa saya interaksi dengan HP nya diluar kendali? Inilah waktu yang tepat mengajak orang tua bekerja sama menciptakan suhu yang kondusif dan aktif.

Video Converence Bersama Siswa dan Walimurid


Jauh-jauh hari saya sudah memperkenalkan kepada walimurid saya di kelas untuk berinteraksi dengan sistem jaringan. Pertama kali saya lakukan hasilnya adalah 99 % aktif. Hanya ada 1 siswa dari 30 siswa yang tidak mengirimkan tugas. Namun ini tetap dapat diatasi dengan komunikasi lintas personal, apa sebabnya dan bagaimana solusinya. Jadi ketercapaian belajar siswa dalam kurikulum dapat dicapai.

Sama halnya dengan metode yang saya lakukan saat ini. Beberapa hari sebelum diberlakukannya belajar di rumah, saya sudah memperkenalkan sebuah aplikasi Meeting Room. Hasilnya memang tidak semua done namun cukup mewakili. Setelah dicoba semuanya dengan mudah melakukan Vicon dengan baik dan lancar. Tadi malam tepatnya kami Vicon selama lebih kurang 30 menit untuk menyampaikan capaian siswa di rumah. Langkah ini saya lakukan untuk berinteraksi langsung dengan siswa dan walimurid untuk memaksimalkan ketercapaian tujuan pembelajaran.


Bagaimana dengan siswa yang tidak ikut Vicon malam ini. Tenang saya juga menyiapkan Video Rekaman saat sesi Vicon berlangsung dan dikirimkan ke group kelas 4 Abdullah bin Umar.

Formulir Laporan Kegiatan Siswa

Untuk melihat hasil ketercapaian siswa dibutuhkan sebuah form laporan kegiatan. Tim kelas 4 sudah membuat sebuah formulasi yang tepat untuk melihat perkembangan kegiatan siswa. Karena laporan ini merupakan tolak untuk melihat dan acuan sebagai presensi kehadiran siswa. 


Form laporan dibuat tidak baku namun sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kelas masing-masing paralel. Peran oran tua kembali dibutuhkan untuk menciptakan dan mewujudkan laporan yang benar-benar real tanpa dibuat-buat. Kerjasama dengan orabg tua adalah dengan mengisi formulir dan mengirimkan kembali. Setelah itu semua laporan masuk dan direkap dalam bentuk Exel. 

Semoga dimudahkan dan diberkahi. Tercapai semua kebutuhan kurikulum dengan metode belajar jarak jauh. Kelas Maya mungkin masih jauh namun berangsur-angsur belajar menuju kesana. Terkahir semoga sistem pembelajaran bebas merdeka belajar dan merdeka menilai.

Semoga berkahir juga Covid 19. Aamiin


Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)