Skip to main content

Pulau Tikus Wahana Snorkeling Terbaik di Bengkulu




Pantai Malabero pagi itu masih terlihat lengang. Senin sebagai pembuka pekan cukup berkesan dengan kehadiran 63 peserta paket wisata Pulau Tikus yabg ada di tengah lautan di arah Barat kawasan Kota Bengkulu.



Saya datang dengan istri juga salah satu ustadzah di sekolah ustadzah Nadia, tetangga hee. Sampai di lokasi Paket Wisata Pulau Tikus 3 putra di Malabero saya tidak langsung turun dari mobil karena harus sarapan terlebih dahulu. Saya khawatir jika tidak sarapan akan membuat mual dan muntah dalam perjalanan laut yang ditempuh sekitar 30 menit nanti.

Wajah gembira nampak sekali terpancar dari semua keluarga besar SDIT Iqra'1 Kota Bengkulu yang akan melakukan perjalanan ke pulau tikus hari ini.

Persiapan Ke Pulau Tikus

1. Luruskan Niat dan Doa
Jangan lupa berdoa dimanapun kapanpun dan dalam situasi apapun. Wisata yang dilakukan kali ini adalah Rihlah Ukhuwah Jilid 2 bagi keluarga besar SDIT Iqra'1 Kota Bengkulu. Dimana Rihlah Ukhuwah Jilid 1 kita lakukan setahun yang lalu di Lebong Rafting Arung Jeram.

2. Perlengkapan
Bawalah pakaian yang siap basah-basahan hee. Secara pada saat naik kapal pertama kali nanti kita langsung bertemu dengan air laut. Bawa juga pakaian ganti juga alat shalat untuk keperluan di Pulau Tikus nantinya.



Sepatu atau alas kaki yang nyaman sudah disediakan paket wisata. Jadi kalau mau pakai sandal atau sepatu lainnya juga tidak apa-apa. Sepatu yang disediakan paket wisata adalah sepatu khusus berbahan karet agar nyaman jika terinjak batu karang yang tajam.

3. Makanan dan Minuman
Paket wisata sudah menyiapkan bekal makan siang dan minuman hangat. Tapi jika dirasa perlu membawa air minum tambahan dan bekal tambahan sangat disarankan. Karena Disana tidak ada warung satupun hee. Ada cuma mie cup harga selangit, masih murah di sini sih daripada di air port haha.

Kami menggunakan sebuah kapal yang cukup besar dengan kapasitas muatan 150 penumpang. Dilengkapi dengan safety body. Dalam perjalanan selama 30 menit mata ini memandang lautan yang membentang luas dengan iringan beberapa ikan yang meloncat-loncat indah kegirangan. Kali menyambut kehadiran kita semua ya hee.

Saat Tiba di Pulau Tikus

Jangan aneh ya jika banyak ditemukan seperti puing-puing seperti dermaga bisu. Di tiang yang berdiri ini akan ditambatkan tali kapal. Namun pada siang hari jangan diharapkan disini masih kering seperti ini, ketinggian air mencapai setinggi orang dewasa dan saya sempat main air dan terjun dari kapal hee.

Acara Rihlah Ukhuwah Jilid 2 ini disambut oleh Kepala Sekolah SDIT IQRA'1 Kota Bengkulu Ust Syaipul Bakri, A.pd.I. dan  dibuka resmi oleh pengawas sekolah ibu Yurnaningsih, M.Pd. Pembukaan begitu khidmat setemah itu kita melipir cari aktifitas masing-masing. 

Saya mengajak bidadari surgaku, dan kita main air ke arah pukul 09.00, arah pukul 9 arah barat maksudnya. Disini kami banyak menemukan biota laut yang unik. Selain daripada ikan, udang, dan kepiting, kami juga menemukan beberapa biota moluska dan avertebrata lainnya. Paling banyak ya teripang, juga ular laut, dan satu lagi, bulu babi.

Air Pasang

Hamparan batu karang yang sangat luas membuat kami berdua hampir lupa jika arus air terus saja meningkat. Bisa dibilang 2 Samapi 3 kali lapangan bola kaki. Tidak mungkin kami jejaki semua kawasan seluas ini dan akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke tepian menuju daratan Pulau Tikus.

eits.. kita foto-foto dulu tadi ya..


Tepat setelah sampai di daratan, air mulai nampak naik. Inikah yang disebut dengan air pasang atau pasang. Hari sudah menunjukkan pukul 11.00 siang dan saatnya snorkeling.

Snorkeling

Jumlah yang banyak membuat kita antre dalam pengambilan gambar di bawah air. Tujuannya disini adakah untuk mengabadikan gambar dengan beberapa jenis ikan cantik air laut. Biasa yang kita kenal dengan ikan Nemo dan satu jenis ikan lainnya berwarna kuning belang hitam.



Terdapat dua tempat ikan-ikan cantik ini berada. Kedua jenis ikan ini sengaja dipelihara dan dikembangkan oleh pemerhati lingkungan agar menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke Pulau Tikus.

Alat Snorkeling

Snorkeling (selam permukaan) atau selam dangkal (skin diving) adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa kaki katak (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.

Snorkel adalah peralatan selam berupa selang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah. Alat ini berfungsi sebagai jalan masuk udara ketika bernapas dengan mulut tanpa harus mengangkat muka dari permukaan air. Pemandangan bawah air bisa dilihat sambil berenang dengan wajah menghadap ke permukaan air dan bernapas melalui snorkel. Penyelam bisa mengambil napas dalam-dalam sebelum menyelam ke bawah air. Penyelam scuba menggunakan snorkel untuk menghemat udara di dalam tabung sewaktu berenang di permukaan air.


Kegiatan snorkeling bisa dilakukan semua orang. Penyelam yang tidak bisa berenang atau tidak bisa mengapung bisa mengenakan baju pelampung. Ketika menyelam di air bersuhu rendah, penyelam memakai baju selam untuk menjaga tubuh dari kedinginan. Selain itu, baju selam merupakan pelindung tubuh dari luka tergores terumbu karang atau sengatan ubur-ubur.

Selain menguasai cara bernapas dengan mulut melalui snorkel, kegiatan snorkeling tidak memerlukan pendidikan khusus. Pemula yang belum pernah melakukan snorkeling bisa mempelajarinya dalam waktu singkat dari pemandu selam. Cara mengenakan masker, snorkel, dan kaki katak bisa dipelajari dari pemandu selam, toko selam, atau tempat penyewaan alat selam di pinggir pantai. Walaupun demikian, seperti halnya selam scuba, kegiatan snorkeling tidak untuk dilakukan seorang diri, melainkan bersama teman atau secara berkelompok.

Snorkeling adalah kegiatan rekreasi air yang populer, terutama di resor pantai tropis dan lokasi selam scuba yang dangkal. Penyelam bisa mengamati beraneka ragam flora dan fauna bawah laut, seperti: terumbu karang, ikan, kerang, bintang laut, rumput laut, ubur-ubur, udang, dan penyu. Selain itu, snorkeling juga dilakukan orang di danau air tawar atau sungai.
(Sumber: Wikipedia)

Bagaimana Kesan Snorkeling di Pulau Tikus

Kemarin kita hanya menggunakan alat pernapasan saja, alat ini cukup membantu kok untuk sekedar skin diving karena airnya tidak terlalu dalam. Air yang tidak terlalu dalam ini ternyata arusnya cukup menantang lho. Arusnya cukup kuat, untuk itu bagi yang membawa anak kecil harap berhati-hati dan dalam pengawasan ekstra.

Pada saat skin diving atau snorkeling kita tidak menggunakan alat pelampung lagi lho. Jadi kita berusaha untuk mengambang di dalam air dan menemukan spot cantik di hadapan ikan-ikan cantik di sana.

Selain arus yang cukup kuat yang menjadi tantangan tersendiri saat skin diving adalah sensasi arus dingin dan arus hangat. Kita dapat merasakan ada perbedaan yang cukup jelas dalam sebuah kawasan di perairan ini, ada air yang dingin dan ada juga air yang hangat.

Jadi setelah selesai mengambil foto atau video di dalam air, silakan dengan sennag hati main sepuasnya hanya sekedar diving kecil-kecilan ga apa-apa tidak ada larangan hee.

Kapan Shalat Dhuhur

Shalat dhuhur bisa dilaksanakan sebelum snorkeling tadi atau menyesuaikan dengan kondisi lapangan.

Tempat mengganti pakaian ada di dalam ruangan. Di Pulau Tikus ada sebuah bangunan lengkap dengan tempat bersih-bersih dan tempat ibadah shalat.

Begitu juga dengan makan siang, paket wisata akan memberitahu kapan saatnya makan siang dimulai. Jadi tenang saja, main saja dulu mumpung di Pulau Tikus hehe.

Selesai Wisata

Kita berkumpul kembali bersiap diri untuk pulang menggunakan kapal yang sangat rekomended.

Paket Wisata

Wisata Bahari Pulau Tikus
One Day Fun One Day Happy

Nemo Spot
Safe and Confortable

Bookig Your Ticket Now
WA. 0896-5337-5181

Pilihan Paket 3 Putra Bengklu:

1. Rp 170.000,00
  • Transport Boat PP
  • Life Insurance
  • Life Jacket
  • Guide
  • Toilet
  • Snorkeling and Shoes
  • Photo Underwater
  • Alla Master File Foto
  • Mineral Water
  • Tea/ Hot Coffe

2. Rp 200.000,00
  • Transport Boat PP
  • Life Insurance
  • Life Jacket
  • Guide
  • Toilet
  • Snorkeling and Shoes
  • Photo Underwater
  • Alla Master File Foto
  • Mineral Water
  • Tea/ Hot Coffe
  • Lunch 1 kali

3. Rp 300.000,00
  • Transport Boat PP
  • Life Insurance
  • Life Jacket
  • Guide
  • Toilet
  • Snorkeling and Shoes
  • Photo Underwater
  • Alla Master File Foto
  • Mineral Water
  • Tea/ Hot Coffe
  • Lunch 1 kali and Sncak
  • BBQ
Follow
Ig: wisatapulautikus_3putra
fb: Wisata Pulau Tikus 3 Putra Bengkulu




Nah... gimana? tertarik ayo segera pesan sekarang.

Comments

  1. Wah kok tempting banget nih mas, snorkeling dengan ikan nemo, eh badut alias clown fish. Airnya juga jernih, bikin foto makin nyus. Harga yang dibayarkan juga menurut saya ok.

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata di Pulau Tikus ada tempat snorkling yang tak kalah bagus dengan daerah lainnya ya..

    ReplyDelete
  3. Wah.. ada nemo pulak. Itu baru bagus. Hehehe.. dimana ada ikan badut, itulah spot terbaik snorkeling untuk aku. harganya juga ramah kantong. Lunchnya buffet atau nasi kotak ya mas?

    ReplyDelete
  4. Belum pernah nyoba snorkeling, soalnya takut karena gak bisa berenang. Eh tapi dr artikel ini, baru tau ternyata snorkeling juga bisa buat orang yg gak bisa berenang, ya.

    ReplyDelete
  5. Kayaknya paket wisata yang menarik sekali ini. Patut dicoba apalagi Bengkulu dekat dengan palembang. Mupeng euy.

    ReplyDelete
  6. Wah pilihan paketnya banyak ya jadi bisa sesuai kebutuhan dan budget. Mau lah kalau ke Bengkulu ke sini. Asyik bisa snorkling

    ReplyDelete
  7. Makasih reviewnya bang. Dari dulu penasaran gimana paketnya kalau mau ke Pulau Tikus. Mudah-mudahan bisa kesampaian kesana kapan-kapan hehe

    ReplyDelete
  8. Saya baru tahu soal pulau Tius ini, Mas Efri. dan seru ya, buat snorkeling. Ditambah lagi, itu paketnya sangat pas di hati dan kantong. 170, 200, dan 300 ribu.
    jadi pengin ke Bengkulu nih, Mas. Kemarin juga baca postingan teman tentang wisata Bengkulu lainnya yang memikat.

    ReplyDelete
  9. reviewnya super lengkap ms efri. mengenai harga paket snorkeling juga lumayan terjangkau ya. Semoga aja kalo ada rejeki bisa ikut merasakan berlibur kesana

    ReplyDelete
  10. Wah seru banget bisa snorkeling ya, ada ikan badut yang lucu juga, waaaah. Btw, kenapa ya dinamakan pulau tikus. Kok saya jadi penasaran, hehehe

    ReplyDelete
  11. Ragam flora dan fauna disana sungguh menggoda untuk berkunjung kesana. Aktifitas snorkling asik banget dilakukan di pulau yang indah begitu. Hmm, ternyata Bengkulu juga punya wisata indah yang wajib banget dikunjungi nih.

    ReplyDelete
  12. Seru bangeeet.. Pengen ngrasain snorkeling belum kesampaian. Btw sekolahnya keren ih acara gatheringnya.. tapi kok nama pulaunya Tikus ya.. apa bentuk pulaunya Kaya Tikus? 🤔🤔🤔

    ReplyDelete
  13. Wah Pulau Tikuuus, jadi rekomendasi nih kalau buat snorkeling di Bengkulu, untuk harga paketannya juga murah ya termasuknya, plg enak ya sama makan siang sekalian biar nggak ribet :3

    ReplyDelete
  14. Kenapa dinamakan Pulau Tikus, kak? Jadi kepo pengen googling.
    Saya belum pernah snorkeling. Gegara baca ini mendadak jadi tertarik, padahal gak bisa berenang & takut ikan qiqiqiii... Ah, semoga besok impian snorkeling ini terwujud, apalagi sekalian ada paket foto underwaternya gini.

    ReplyDelete
  15. wah wah seru banget ke pulau tikus tapi bagian yang saya suka itu adalah saat snorkelingg ini cocok banget tempatnya buat sayaa

    ReplyDelete
  16. Serunya bisa snorkeling dan ketemuan sama Ikan Badut alias Nemo.

    ReplyDelete
  17. Huaaaa, ketemu Nemo yg lucu2 dan menggemaskan gitu.
    Biayanya juga affordable ya Mas.

    Etaapiii, penasaran deh, kenapa disebut Pulau Tikus? Apa disana banyak tikus gitu? Atau banyak jalan tikus?hihihih

    ReplyDelete

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya. 1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: : a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain. b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu. c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya. d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebaga

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI Silsilah Nabi / Rasul Sumber : Silsilah Nabi dan Rasul SILSILAH 25 NABI Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin. 1. ADAM AS. Nama: Adam As. Usia: 930 tahun. Periode sejarah: 5872-4942 SM. Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab. Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan. Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali. . 2. IDRIS AS. Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. Usia: 345 tahun di bumi. Periode sejarah: 4533-4188 SM. Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis). Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali. . 3. NUH AS. Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qi

Pembagian Raport Online di Tengah Issue Covid-19

Pembagian Raport Online di Tengah Issue Covid-19 Saya bersama anak-anak Aulad Hari ini adalah hari Sabtu. Hari yang dinanti-nantikan bagi siswa saya ketika belajar tatap muka berlangsung. Mengapa? pasalnya adalah kalau tidak libur maka akan ada out door study atau kita akan melaksanakan POMG. Iya besok pembagian raport dan POMG. Pembagian Raport 😊. Kelas 4 Abdullah bin Umar  di Hutan Mangrove Apa itu POMG? POMG adalah Pertemuan Orangtua Murid dan Guru. Saat pembagian raport SDIT Iqra'1 Kota Bengkulu sejak lama menggaungkan budaya literasi tatap muka dengan beberapa istilah yang menarik seperti ini. Pembagian Raport dan POMG setidaknya kami laksanakan dua kali dalam satu semester. Pertama pada saat tengah semester dan yang kedua adalah di akhir semester. Biasanya pertemuan berlangsung dengan tatap muka di Masjid Qolbun Salim 1 atau Qolbun Salim 2 dan kembali berkumpul di kelas masing-masing. Baca Juga: Wisata yang Layak Dikunjungi di Bengkulu Namun ada perbe