Post Page Advertisement [Top]

Lampulampu utamamobilmobil kijang

Penyebab Lampu Utama Mobil Tidak Menyala, Kunjungi Harry Variasi Tanah Patah Bengkulu

Jangan salah, lampu utama tidak menyala bisa kenah tilang sama pak Polisi. Apalagi untuk keamanan dalam berkendara, lampu utama menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam mengemudi.

Pulang dari Curup

Pulang dari Curup beberapa waktu yang lalu kami kami menyempatkan mampir di sebuah resto. Pendek cerita saya langsung parkir dan matikan mesin juga mematikan lampu besar atau lampu utama. 

Selesai makan malam karena memang sudah bakda isya kami langsung pulang. Tak disangka-sangka ternyata lampu utama tidak bisa dinyalakan. Saya coba berulangkali untuk mencoba menyalakan lampu tetapi benar-benar tidak bisa dinyalakan. Wah bisa berabe ini sudah malam tapi lampu tidak bisa dinyalakan.

Jangan-jangan lampu utama mati total alias putus. Apa boleh buat saya akhirnya mengambil keputusan untuk tetap mengendarai mobil dengan menyalakan lampu darurat. Ada benarnya juga kan lampu darurat, darurat karena tidak ada pilihan lain dan terpaksa haha.

Tenang, kami sampai di rumah dengan selamat tanpa kurang suatu apapun. Alhamdulillah.

Harry Variasi Tanah Patah Bengkulu


Beberapa hari kemudian saya bawa mobil ke variasi untuk diganti lampu utama. Setelah menyampaikan maksud dan tujuan kepada petugas layanan variasi Jalan S. Parman Kelurahan Tanah Patah Bengkulu, sebelum lampu utama diganti terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan di beberapa item kendaraan tekait sumber daya sistem pencahayaan mobil.

Ada pegawai Harry Variasi namanya Yudi kalau tidak salah, dari penjelasan yang disampaikannya setelah dilakukan pengecekan, lampu utama tidak menyala disebabkan oleh Relay. Otomatis ganti baru hee. Namun ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa lampu utama mobil tidak menyala, yuk simak penjelasan berikut

Sebab Tidak Menyalanya Lampu Utama

1. Kondisi Sekring Putus


Salah satu penyebab lampu depan mobil mati yang seringkali terjadi adalah kondisi sekring yang putus. Sekring kelistrikan di dalam mobil biasanya terkumpul dalam sebuah wadah kotak yang berada di bawah kanan dekat setir mobil. Sekring berbentuk seperti dua jari atau gigi. Carilah sekring yang berkaitan dengan lampu, cek kondisinya apakah memang putus atau tidak. Kamu bisa memperbaiki nya dengan cara melilitkan 2 helai serabut logam di dalam kabel ke terminal satu dan lainnya. Setelah itu pasangkan kembali sekring lampu tersebut. Setelah itu kamu bisa mencoba menyalakan lampu mobil.

2. Karena Kabel atau Relay


Saat kondisi kunci kontak sedang on atau menyala serta aki sedang aktif maka pastikan apakah penyebab lampu mobil mati total merupakan masalah bagi lampu utama tersebut. Biasanya akan terlihat lampu mati dan menyala saat kabel sedikit saja digoyangkan. Relay ini merupakan kotak yang berfungsi menghubungkan antara kabel dengan sumber listrik. Jika memang terjadi masalah pada bagian kabel relay, maka cobalah untuk mengambil kabel yang masih utuh dan belum digunakan. Kemudian cabut pada bagian relay.

Setelah itu jadikan kabel tersebut untuk menjadi penyambung langsung antara lampu dan sumber listrik, dapat dikatakan jika terminal 30 disambungkan dengan kabel ke nomor 87. Namun lakukan ini saat kondisi sedang darurat dan terdesak saja. Setelah itu segera cari bengkel terdekat untuk memperbaiki lampu mobil mati total tersebut.

3. Bohlam Mati 


Penyebab lampu utama tidak menyala lainnya dapat dikarenakan lampu bohlam yang memang kondisinya mati. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan matinya lampu adalah pemasangan bohlam lampu yang salah. Misalnya saja pemasangan bohlam lampu di bagian kacaanya memang harus bersih dari kotoran atau minyak. Dengan kata lain tidak boleh sampai tersentuh dengan tangan. Jika kamu memang ingin menggantinya, maka pastikan jangan sampai bagian kaca tersentuh oleh tangan kamu.

4. Kualitas Bohlam


Masih berkaitan dengan bohlam lampu, kini kualitas bohlam lampu juga menjadi salah satu penyebab mengapa lampu mobil mati total. Kualitas dari lampu yang digunakan memang akan sangat mempengaruhi kerja lampu. Jika kamu menggunakan kualitas yang rendah maka tentunya akan seringkali putus atau rusak. Bohlam lampu berkualitas rendah tidak memiliki kemampuan dalam menahan panas sehingga menyebabkan filamen di dalamnya menjadi mudah putus. Sehingga hanya 3 kali pakai saja kamu akan membuat lampu mati.

Meskipun bohlam yang bagus biasanya memiliki harga yang mahal, namun jika dibandingkan dengan membeli bohlam lampu berkualitas kurang baik terus menerus maka hal ini akan jauh lebih merugikan. Kualitas bohlam yang baik tentunya akan memiliki usia pakai yang cukup lama. Selain itu pilih bohlam yang memang sesuai dengan ukuran daya dari spesifikasi mobil kamu.

5. Tegangan Listrik Tidak Stabil 


Tegangan pada sistem kelisrikan yang kurang stabil juga seringkali menyebabkan bohlam lampu sering putus. Sistem kelistrikan yang tidak stabil atau terlalu tinggi menyebabkan lampu depan mobil tiba-tiba mati total. Untuk memeriksanya, kamu bisa menggunakan voltmeter atau multimeter. Jika memang tegangannya terlalu tinggi atau rendah, maka cobalah untuk mengecek komponen seperti aki mobil yang memang sudah soak atau drop.

Kamu bisa mengetahui tanda aki kering mobil soak terlebih dahulu. Setelah itu cek pada bagian regulator dan rangkaian lainnya pada mobil. Kerusakan yang terjadi akibat tegangan listrik yang tidak stabil biasanya tidak hanya menyebabkan satu lampu mobil saja yang mati, namun juga menyebabkan lampu-lampu mobil lainnya mati total.

6. Kondisi Soket Lampu Kotor atau Kendor


Jika kamu sering mengalami lampu mobil yang sering mati cobalah untuk mengecek pada bagian soket lampu mobil, mungkin saja bagian tersebut memang kotor dan kendor. Kondisi soket lampu yang kotor atau kendor biasanya akan menyebabkan lampu mudah rusak dan putus. Hal ini karena suplay listrik yang menuju lampu terhalang. Cobalah cek pada bagian soket lampu, jika memang kotor maka bersihkan dan rapatkan kembali soket lampu yang kendor. Selain itu lakukan pembersihan secara berkala sebagai tips merawat lampu mobil agar lebih tahan lama.

7. Switch Leleh



Kondisi lampu mobil yang seringkali mati juga dapat disebabkan karena kondisi switch leleh. Kondisi seperti ini biasanya dapat pengemudi rasakan saat mengeoperasikan mobil. Switch yang leleh akan terasa seret saat dijalankan. Untuk mengetahui gejala-gejala yang lebih pasti maka cobalah untuk memeriksakan di bengkel yang memang sudah terpercaya.

Nah itulah tadi beberapa penjelasan penyebab tidak menyalanya lampu utama pada mobil. So sesuaikan dengan keadaan yang terjadi segera bawa ke bengkel atau variasi mobil terdekat, diantaranya adalah Harry Variasi Tanah Patah Bengkulu.

6 comments:

  1. Sepertinya lampunya di modifikasi ya mas...saya sedari awal bawaan mobil belum pernah mengalami seperti ini mati total loh... dulu senpat lampu kecil atau lampu kota yang mati karena korslet dari tempat colokan api yang dipake buat nge charge hape... selepas itu ga dipake lagi...ga ada masalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah dichek lampunya ternyata ga Maslaah mas, yang masalah adalah relaynya ga bisa aktif lagi jadi mesti ganti baru. Untung nya pada saat itu sudah di dalam kota dan tidak terlalu jauh dari rumah.

      Delete
  2. Kalau gitu perlu dicek secara berkala ya Kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, memang harus rutin perawatan apalagi kalau mobilnya model mobil tua hee kaya mobil saya haha

      Delete
  3. nah betul, biasanya saya karena Kabel atau Relay :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kak,relaynya yang bermasalah harus diganti baru.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib