Skip to main content

REVIEW KONTEN RUMAH BELAJAR oleh Efri Deplin, M.Pd. VCT Batch 5 125.1 Bengkulu



REVIEW KONTEN RUMAH BELAJAR

Bismillahi..

Alhamdulillah kembali bersama saya pemilik blog www.efrideplin.com dan kali ini ada yang spesial karena akan mereview dua konten terbaik dari Rumah Belajar.

Selamat datang guru hebat yang kami hormati dalam Virtual Coordinator Training (VCT) Batch 5 125.1 Bengkulu kita akan mencoba untuk mengupas dan mereview dua konten rumah belajar. Berikut ini akan kita bahas konten tentang buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Selain itu kita akan belajar dengan menggunakan metode speec to text (STT) dan text to speec (TTS). 


Review buku Ilmu Pengetahuan Alam
Untuk SD dan MI kelas IV

Buku karangan Priyono dan Titik Sayekti ini yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional. Buku dengan tebal 227 halaman ini memiliki materi yang komprehensif dengan 16 bab mata materi pelajaran. 

Buku yang diterbitkan pada tahun 2010 ini sebelumnya disunting oleh Budi Wahyono, Penata letak oleh Tejokusumo dan Topi Prabowo serta ilustrasinya dibuat oleh Haryana Humardani.

Buku ini juga dilengkapi dengan kata sambutan oleh kepala pusat perbukuan dan  kata pengantar oleh penulis. Buku ini juga dilengkapi dengan petunjuk penggunaan agar memudahkan penggunaan buku dan maksimal dalam berinteraksi dengan buku ini.

Pada ke-16 BAB yang tercantum di dalam buku ini juga dilengkapi dengan pelatihan ulangan semester di akhir BAB. Semester ganjil memuat 9 BAB pelajaran dan dilengkapi soal-soal Pelatihan Ulangan Semester Gasal. Sedangkan pada semester genap memuat 7 BAB pelajaran dengan soal-soal Pelatihan Ulangan Semester genap. 

Soal-soal yang diberikan juga dilengkapi dengan kunci jawaban soal untuk melihat hasil kemampuan menjawab soal siswa. Kunci jawaban terletak pada bagian akhir buku. Terdapat Glosarium yang memudahkan bagi siswa maupun guru untuk mengontrol aktifitas pembelajaran siswa ketika menemukan istilah-istilah sulit dalam bacaan.
Buku ini masih sangat relevan digunakan sebagai bahan belajar mandiri bagi siswa. Bahas yang digunakan juga cukup sesuai dengan usia dan tingkat plberfikir siswa. Sangat pas jika digunakan oleh guru sebagai buku pendamping pembelajaran mata pelajaran IPA maupun tema sebagai pemenuhan kebutuhan materi dalam kurikulum 2013.

Review buku Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam
Untuk kelas IV
Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah 

Pada buku satu ini yang ditulis oleh S. Rositawaty dan Aris Muharam memiliki 211 halaman dari sampul depan hingga bagian halaman belakang. Dengan ukuran buku 17,6 cm x 25 cm buku ini dapat memuat materi mata pelajaran IPA selama satu tahun. 

Buku terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional tahun 2018 ini memiliki hak cipta dan dilindungi undang-undang Sam aswpeti buku-buku lainnya yang diterbitkan Departemen Pendidikan Nasional. 

Menarik untuk menjadi catatan adalah buku ini juga memiliki kekhasan sebanyak 20 daftar isi buku dari judul bab hingga indeks. Selain itu buku ini jelas memberikan batasan materi antara Semester 1 dan semester 2. Ini ditandai dengan pemisahan ban-ban yang tercantum pada semester 1 yakni 6 bab pelajaran dan semester 2 sebanyak 5 bab pelajaran. 

Di setiap bab pelajaran selalu memuat evaluasi bab. Sedangkan pada akhir setiap semester selalu dibekali dengan evaluasi semester. Sedangkan pada akhir tahun dilengkapi dengan evaluasi akhir tahun. Setiap evaluasi terdapat kunci jawaban yang diletakkan pada bagian akhir buku. Ini juga memudahkan untuk mengontrol jawaban benar atau salah pada konsep pembelajaran IPA kelas 4 SD. 

Buku ini menjadi lebih menarik dengan sentuhan kamus IPA yang menjadikan istilah dan kata-kata sulit dan asing di setiap kalimat akan menjadi lebih mudah dipahami.

Buku ini tentu masih sangat relevan digunakan pada saat ini. Baik yang masih menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan maupun kurikulum 2013. 

Semoga bermanfaat atas review yang saya tuangkan dalam tulisan kali ini dan mari kita bersama-sama mencerdaskan anak-anak bangsa demi Indonesia yang bermartabat.

Baarakallahu Fikum Jamiian

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)