Wednesday, 4 September 2019

Apa itu Sako Pramuka Satuan Komunitas Pramuka



Alhamdulillah puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan dan karunia-Nya. Shalawat salam semoga tercurah untuk kunjungan kita nabi besar Muhammad SAW. Allahumma shali ala Muhammad wa ala Ali Muhammad.

Malam ini saya terbaca sebuah status yang sangat penting untuk disimak, apa itu? Iya SAKO Pramuka.

Tulisan ini saya dapat dari status Facebook kak Ichsan berikut penjelasan:

Benarkah Grup Pramuka = Sako?
Beberapa kali saya mendapatkan pertanyaan tentang Sako, ada juga adik-adik pramuka mengajak membentuk Sako.  Apa itu Sako?

1. Satuan  Komunitas  Pramuka  adalah  satuan  organisasi penyelenggara  pendidikan  kepramukaan  yang  berbasis, antara lain profesi, aspirasi, dan agama. (UU 12/2010, Pasal 1 Ayat 7)

2. Satuan  komunitas  pramuka  disingkat  sako,  adalah  satuan  organisasi  penyelenggara pendidikan kepramukaan yang berbasis komunitas antara lain: profesi, aspirasi, dan agama (AD-ART Pasal 41 Ayat (1))

3. Sako  merupakan  himpunan  dari  gugus  depan  berbasis  komunitas  yang  mempunyai  kekhususan dalam: profesi, aspirasi, dan agama (AD-ART Pasal 41 Ayat 2). 

4. Sako  merupakan  himpunan  dari  gugusdepan  berbasis  komunitas  dan  berbasis  satuan  pendidikan  yang  mempunyai kesamaan profesi, aspirasi, dan agama (Keputusan Kwarnas 177/2012 tentang PP Sako)

Pembentukan Sako

Berdasarkan AD Gerakan Pramuka Pasal  57,
> Sako  tingkat  cabang  dibentuk  apabila  sedikitnya  ada  3  gudep  seaspirasi di wilayah cabang tersebut.
> Sako  tingkat  daerah  dibentuk  apabila  sedikitnya  ada  sako yang sama di 5 kwartir cabang.
> Sako  tingkat  nasional  dibentuk  apabila  sedikitnya  ada  sako yang sama di 5 kwartir daerah.


Beberapa Sako yang sudah berdiri antara lain Sako Ma’arif NU, Sako Sekawan Persada Nusantara (LDII), Sako SIT (Sekolah Islam terpadu)




Kesimpulan

Sako merupakan himpunan Gudep. Grup/kelompok Pramuka tidak dapat dinamakan sako.


#Sako #SatuanKomunitasPramuka #GerakanPramuka #Pramuka #SakoSPN #SAKOSIT #SAKOMaarifNU




Sumber:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=3011297238886688&id=100000193249474

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Trip Air Terjun Cuup PSUK Benteng

Pagi masih menyapa hangat dengan perpaduan sinar mentari di ufuk timur, menambahkan keceriaan hari ini. Benar saja kami dari tadi s...