Wednesday, 26 December 2018

Poliklinik Thallasemia RSUD M.Yunus Bengkulu Ramai Tranfusi di Akhir Desember 2018

Bismillahi..
Hari ini rabu 26 des 2018 bisa dibilang puncaknya tranfusi sejak hampir sepekan yang lalu kegiatan tranfusi ditiadakan. Mengapa demikian? karena dengan adanya kebijakan baru sistem tranfusi di RSUD M Yunus yakni hari senin, selasa dan rabu saja. Selain hari itu tidak diperkenankan untuk mendaftar ke poliklinik thallasemia. Selain itu juga karena adanya beberapa hari libur sehingga baru dibuka kembali pendaftaran di poliklinik thallasemia hari rabu tanggal 26 des 2018.

Kami tiba lebih awal, nomor antrean yang didapat adalah nomor 2 dan 3. Seperti biasa Abdullah dan Tsamara mengukur berat badan dan segera ke laboratorium untuk chek tingkat hemoglobin dalam darah mereka. Babak pertama akan segera dimulai. Perundingan akan dilakukan semaksimal mungkin agar sample darah dapat diambil dengan mudah tanpa tangisan.

Mungkin hari ini tingkat bapernya lebih tinggi. Jika Abdullah dapat diambil darahnya dengan sekali tusuk, Tsamara hingga dua kali baru berhasil. Pun ketika memasang infus, Abdullah cukup tenang sehingga mudah memasangkan infusnya. Lagi-lagi Tsamara hingga dua kali proses. Kasian sih Tsamara, tapi mau bagaimana lagi.

Ruangan Penuh
Ini media silaturahim bagi pasien dan keluarga pasien thallasemia. Moment berkumpul seperti ini menambah semangat bahwa banyak saudara-saudara kita yang perlu untuk saling mensupport, saling menguatkan itu sangat penting.

ada sekitar 15 pasien yang melakukan tranfusi hari ini. Terdiri dari berbagai usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Alhamdulillah ruangan cukup sejuk dengan ditambahnya pendingin ruangan yang didapatkan dari usulan pengurus POPTI bu Eva dan bu Sri, Perawat dan dr.Lenny kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah M Yunus Bengkulu. Alhamdulillah.. cukup membantu sekali AC nya bikin sejuk ruangan .

Jadi walaupun terkesan penuh di ruang poliklinik thallasemia seperti hari ini, ruangan tetap sejuk. Pasien dan keluarga yang mendampingi tetap aman dan nyaman.

Pendonor Tetap
Pasien thallasemia idealnya memiliki pendonor tetap. Jika belum terpenuhi tidak apa-apa namun harus banyak berkoordinasi dengan PMI dan Popti. PMI sebagai wadah penampungan kantong darah dan Popti sebagai penghubung bagi pasien dan keluarga pasien untuk pemenuhan kebutuhan darah.

Bagi keluarga yang memiliki pendonor tetap pastikan bahwa pendonor mendapatkan informasi yang akurat mengenai waktu atau jadwal mendonorkan darahnya. Kemudian jika darah sudah selesai di donorkan maka pastikan juga kantong darah tersebut agar segera diantarkan ke BANK darah agar lebih aman pada saat akan digunakan.

Semoga kesehatan para pendonor tetap terjaga dengan baik. Sehingga pemenuhan darah bagi pasien thallasemia dapat terpenuhi dengan baik juga Aamiin. Mereka adalah pahlawan dunia nyata bagi para thaller sedunia, bangganya.

Semoga Allah SWT menguatkan dan menautkan hati-hati kita dan memberikan kebaikan yang banyak atas setiap kehendakNya Aamiin

Tetap Semangat dan kompak ya anak-anak dan adik-adik thaller Bengkulu, ♡♡

Ingin Menjadi pendonor tetap sahabat thallasemia?
Hubungi Popti Bengkulu bu Eva 085268960778  dan Karunia Cahyati. S. Ked. 08226843309 (Farum Sahabat Thallasemia Bengkulu)

Kebetulan saya ayah dari Abdullah dan Tsamara, mau menjadi sahabat dan pendonor tetap ananda  M. Abdullah dan Tsamara?
M. Abdullah golongan darah O
Tsamara golongan darah B
Hubungi WA/Tele di 0895326418115
Terima Kasih 

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Puasa Arafah

Puasa Arafah Puasa Arafah adalah puasa pada Hari Arafah, yaitu hari kesembilan dari bulan Dzulhijjah. Puasa ini sangat dianjurkan b...