Skip to main content

14 Pramuka Garuda Lahir dari Kwarcab 0704 Kota Bengkulu Tahun 2018

Pagi ini jumat, 31 Agustus 2018 bertempat di lantai 2 kantor walikota Bengkulu berlangsung penyerahan penghargaan pramuka tertinggi. Setelah beberapa hari yang lalu telah dilakukan gladi untuk peringatan hari pramuka ke-57 oleh kwarcab 0704 Kota Bengkulu.

Sesuai dengan visi gerakan pramuka "Gerakan Pramuka sebagai wadah pilihan utama dan solusi handal masalah kaum muda”
Kwarcab 0704 Kota Bengkulu tahun ini kembali berhasil melahirkan 10 Pramuka Garuda. Pramuka Tertinggi di tiap tingkatan.

Sekretaris Kwarcab 0704 Kak Heriyadi menuturkan "Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi dari kecakapan seorang peserta didik, yang juga menandakan keberhasilan seorang pembina dalam menempa anak asuhnya. Dua tahun berhasil mengarahkan para pembina untuk menghasilkan pramuka garuda kwartir cabang juga patut berbangga, artinya geliat dan animo dari gudep semakin besar dan  bertambah, semoga untuk tahun depan, pramuka garuda semakin bertambah" Aamiin semoga.

Kamabigus Kak Muhyiddin, M.Pd. Menyampaikan "Alhamdulillah wa Syukurillah, di hari pramuka ke 57, SDIT IQRA'2 kembali meraih prestasi  pramuka sehingga 2 orang siswa SDIT IQRA2, dilantik sebagai siaga garuda, yang langsung diberi penghargaan oleh ibu kadis.Rosmayeti, MM. kami ikut bangga, untuk siaga garuda di Bengkulu ini baru satu-satunya, kedepan akan terus berjuang agar lebih banyak lagi siaga garuda dari pangklan SDIT IQRA'2. Terima kasih banyak kepada seluruh kakak pembina yg tetap semangat dalam membina adik-adiknya tak kenal lelah. Karena pramuka sebagai perekat NKRI. Satu Pramuka Satu Indonesia, dan kami doakan semoga jadi amal jariyah"

Berikut dua Pramuka Siaga Garuda dari Pangkalan SDIT IQRA' 2 Kota Bengkulu.

Ahmad Firas Altaf Purnomo 
Siswa SDIT IQRA' 2 Kota Bengkulu
Lahir di Bengkulu 14 Juli 2009
Ayah Bambang Purnomo
Ibu Rta Prima Beryanti

Arehan Sauqi Al-Ghofar
Siswa SDIT IQRA' 2 Kota Bengkulu
Lahir di Bengkulu 17 Nov 2008
Ayah Armansyah
Ibu Rika Jusri Putri

Istimewa kedua siaga diatas berasal dari SAKO Pramuka Sekolah Islam Terpadu. Sako terbesar yang ada di Indonesia dan aktif dalam setiap event kwarcab hingga nasional.

Kembali kepada penghargaan tertinggi garuda ini, senada dengan apa yang disampaikam kakak multitalenta kak Diana Gustina Pembina SMPN 2 Bengkulu "Kesannya, Pastinya sangat bahagia ya.. Karna Pramuka Garuda itu tidak mudah mendapatkannya dan tidak semua bisa. Bahagia karena bisa menghantar adek-adek meraih penghargaan tertinggi sebagai seorang Pramuka yaitu Pramuka Garuda".

Kak Diana yang juga Doker Gigi ini tentu banyak sekali kiat khusus untuk bagaimana caranya adik-adiknya menjadi Pramuka Garuda "Kita tahu Syarat SKK Pramuka Garuda sangat sulit. Mereka harus mampu mencapai 2 Madya setiap bidang dan Utama minimal 5.  Calon-calon Garuda ini khusus kami TC kan hampir 2 bulan. Setiap hari mereka kompak dari mulai menyiapkan berkas dan melatih skill".

Inilah mereka 8 Penggalang Garuda Kwarcab 0704 Kota Bengkulu
Aqilah Ismi Azizah SMPN 2 Bengkulu
Istiqomah Rabitha Alam Islami SMPN 1 Bengkulu
Anjani Nur Fhadillah SMPN 1 Bengkulu
M. Furqon Abdul Hadi SMPN 2 Bengkulu
Dezza Pero Apriansyah SMPN 2 Bengkulu
Muhammad Iqbal SMPN 2 Bengkulu
Zahira Haniyah SMPN 1 Bengkulu
Duty Falensia Dwi Mariani SMPN 1 Bengkulu
Selain itu juga 4 Penggalang Garuda diberikan penghargaan langsung oleh Plt Gubernur Bengkulu Bapak Rohidin Mersyah pada tanggal 14 Agust 2018 yang lalu.
Penggalang Garuda SMPN 1 Kota Bengkulu Rahma Aulia Putri dan Hafifah
Penggalang Garuda SMPN 2 Kota Bengkulu Willy Dava Nugraha dan Prayogi Genta Nugraha

Mereka berhak mengenakan tanda kecakapan dan tanda penghargaan tertinggi di tiap tingakatannya.

Siapa saja yang berperan besar terciptanya Pramuka Garuda ini? 
Tentunya semua pembina gugus depan hingga mabigus dan tentunya dukungan orang tua yang memberi support besar. Pengurus kwarcab 0704 Kota Bengkulu serta dewn juri dan penguji. Seperti yang disampaikan Kak Witri Dahlena, MS. "Alhamdillah Kota Bengkulu ada lagi Pamuka Garuda. Semoga tahun dapan semakin banyak anak-anak dan adik-adik yg ikut Pramuka Garuda. Semakin banyak Pramuka Garuda berarti pramuka di sekolah itu juga semakin maju dan bagus. Setidaknya butuh 2 tahun mempersiapkannya" beliau menuturkan.

Menurut kak Sayuk panggilan akrab dari Kak Muhammad Sayuk. "Kesan sebagai juri pramuka garuda sangat bangga karena dengan adanya pramuka garuda di Bengkulu khususnya Kota Bengkulu menunjukkan bahwa pramuka di Bengkulu semakin maju dan berkembang. Bagi diri saya pribadi di sisi lain sebagai pelatih dan dewan juri, sangat bangga dan acung jempol buat adik adik yg gigih berlatih dan berlatih demi mendapat pramuka garuda.  Sekali lagi kesannya sangat bangga dengan pramuka garuda Bengkulu".

Terakhir ucapan semangat dan suport dari kapusdiklatcab Balai Buntar Kak Herman Suryadi, S.Pd, M.Pd. "Dengan adanya pelantikan Pramuka Garuda di Kwartir Cabang 0704 Kota Bengkulu selama  kurun waktu dua tahun terakhir, sangat menggembirakan kami Tim Penilai. Sebab sudah ada contoh Pramuka Garuda di kota ini. Namun, ke depannya kami berharap calon Pramuka Garuda akan lahir lebih banyak lagi".

Benar, semoga kedepan akan lahir Pramuka Garuda-Pramuka Garuda yang senantiasa mengibarkan sayapnya untuk kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selamat atas capaian tertinggi ananda dan adik-adik semua. Semoga jiwa pramuka yang patriotik menjadi bekal untuk masa depan kalian kelak. Aamiin

Edisi Khusus Giat Nasional
Berlangsung juga penyerahan penghargaan yang mewakili perwakilan Lomba Gudep Unggul yang dilaksanakan pada tanggal 5 s.d 11 Agustus 2018 di Malang yg diserahkan oleh Kamabigus pangkalan SD N 69 Kota Bkl kakak Susilowati, S.Pd, Kepada Pemerintah Kota Bengkulu Kakak Marjon, M.Pd,  perwakilan ketua Kontingen KPN 2018 Kakak Wagino.MHP kepada Kadispora kakak Herman. S.Sos, perwakilan Peserta KPN Koncab Kota bkl kak Witri Darlena, S.Pd menyerahkan kepada kakak Rosmayetty, MM selaku Wakil Jetua kwarcab Kota Bengkulu


Kadep. Pramuka SIT Wilayah Bengkulu
Efri Deplin, MG.








Comments

  1. Hebaaat kak semoga terus berkarya Pramuka maju terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas supportnya kak, Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia. Salam Kak dari kami Kwarcab 0704 Kota Bengkulu.

      Delete

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)