Skip to main content

Wisata Edukasi (Bagian 15) Pantai Panjang Bengkulu Icon Wisata Bahari Pilihan di Provinsi Bengkulu.

Alhamdulillah..

Nah kali ini saya akan ajak ke pantai panjang Bengkulu. Wisata edukatif ingin mengajak "menyelam" ke perairan samudera Indonesia.

Sebelum kesana saya akan mengajak ke utara dan selatan. Kita ke utara dulu ya.


Bengkulu Bagian Utara, 
Pantai di sana cukup unik tepat berada di pinggir Jalan Lintas Barat Sumatera. Beberapa dihiasi dengan bebatuan khas pantai. Ada juga beberapa pulau cantik di bagian agak ke tengah. Kamu juga bisa menikmati beberapa pantai dari bagian sebuah pondok di daerah Lais Bengkulu Utara. Iya, pantai utara bengkulu cukup memesona dan eksotis.

Ombak yang cukup kuat dan dengan struktur tanah yang ada pantai utara tetap harus menjadi perhatian khusus. Hal ini ternyata mempengaruhi tingkat abrasi. Satu hal penting lainnya adalah pengguna Jalan Lintas Barat Sumatera yakni truk-truk besar. Truk yang melintas menurut referensi penelitian tahun 2009 hal ini mempengaruhi tingkat abrasi walaupun sangat kecil. So, apa yang harus dilakukan? Saya rasa kita sudah dapat solusinya.

Bengkulu Bagian Selatan,
Pantai disana terlihat lebih eksotis. Sebagian besar berada di Jalan Lintas Barat Sumatera. Jadi, pantai Bengkulu memanjang di pinggiran sepanjang Jalinbar Sumatera. Pantai selatan sebut saja Ancol, Linau, Way Hawang dll.


Dihiasi dengan bebatuan pantai alami nan memukau. Dengan variasi ukuran dan corak, batu ini seakan menjadi ciri pantai-pantai tertentu seperti Ancol yang terletak di Desa Padang Bakung Semidang Alas. Jangan salah, batu ini dilarang untuk diambil secara besar-besaran. Karena batu ini berfungsi sebagai penahan ombak datang atau swash secara alami. Menurut pengamatan, batu ini berasal dari dasar lautan secara alamiah.

Namun, fakta membuktikan berdasarkan hasil penelitian saya di tahun 2009/2010 yang lalu tingkat abrasi di sini cukup tinggi, yakni 5 cm per tahun.

Dari mana angka itu keluar? selama satu kali purnama saya menghimpun data swash dan backswash dari pantai Ancol. Dari data itu dapat diketahui kekuatan ombak datang dan ombak kembali atau ombak balik. Tingkat kelengasan struktur tanah dan bebatuan juga dapat menjadi faktor tinggi rendahnya abrasi.

Lalu, setelah 8 tahun ini bagaimana perkembangan luas pantai? setelah diketahui hal ini maka faktor alam juga dapat mengubah keadaan. Setidaknya Pantai Ancol menjadi icon wisata di Seluma saat ini dengan gunung batu yang kian meninggi menahan ombak.
Bagaimana dengan Pantai Panjang Bengkulu?
Pantai Panjang Bengkulu berbeda dengan struktur pantai Utara dan Selatan. Satu hal yang menjadi catatan penting ketika kesini adalah "Dilarang Mandi di Pantai" saya ulang "Dilarang Mandi di Pantai Ini".

Mengapa? Karena, Pantai Panjang langsung terhubung dengan lautan yang lebih dalam. Ketika pertama kali kesini kamu akan melihat jelas perbedaan warna antara laut yang penuh ombak dan lautan biru yang "garang". Ibarat sebuah rumah panggung, maka teras depan adalah laut yang kaya ombak dan busa putih dari ombak. Dan bagian halaman depan atau tanah di halaman rumah adalah lautan biru yang sangat dalam. Tentu sangat tidak memungkinkan bermain air dan mandi dengan leluasa di Pantai Panjang.

Namun, Pantai Panjang cukup memesona dengan tampilan dari waktu ke waktu yang semakin baik dan nyaman. Ketersediaan ruang publik cukup memadai. Ketersedian pilihan tempat dengan view menarik cukup berkesan. Walaupun tetap harus menjadi perhatian pemerintah setempat dan tentunya sebagai pengunjung juga harus sadar kita juga harus terlibat dalam menjaga kekayaan sumber daya alam yang luar biasa ini.

Jadi, harapannya Pantai Panjang Bengkulu bisa menjadi Icon Wisata bahari pilihan di Provinsi Bengkulu.

Bisa ya, menurut kamu?

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)