Saturday, 7 July 2018

Wisata Edukasi (Bagian 15) Pantai Panjang Bengkulu Icon Wisata Bahari Pilihan di Provinsi Bengkulu.

Alhamdulillah..

Nah kali ini saya akan ajak ke pantai panjang Bengkulu. Wisata edukatif ingin mengajak "menyelam" ke perairan samudera Indonesia.

Sebelum kesana saya akan mengajak ke utara dan selatan. Kita ke utara dulu ya.


Bengkulu Bagian Utara, 
Pantai di sana cukup unik tepat berada di pinggir Jalan Lintas Barat Sumatera. Beberapa dihiasi dengan bebatuan khas pantai. Ada juga beberapa pulau cantik di bagian agak ke tengah. Kamu juga bisa menikmati beberapa pantai dari bagian sebuah pondok di daerah Lais Bengkulu Utara. Iya, pantai utara bengkulu cukup memesona dan eksotis.

Ombak yang cukup kuat dan dengan struktur tanah yang ada pantai utara tetap harus menjadi perhatian khusus. Hal ini ternyata mempengaruhi tingkat abrasi. Satu hal penting lainnya adalah pengguna Jalan Lintas Barat Sumatera yakni truk-truk besar. Truk yang melintas menurut referensi penelitian tahun 2009 hal ini mempengaruhi tingkat abrasi walaupun sangat kecil. So, apa yang harus dilakukan? Saya rasa kita sudah dapat solusinya.

Bengkulu Bagian Selatan,
Pantai disana terlihat lebih eksotis. Sebagian besar berada di Jalan Lintas Barat Sumatera. Jadi, pantai Bengkulu memanjang di pinggiran sepanjang Jalinbar Sumatera. Pantai selatan sebut saja Ancol, Linau, Way Hawang dll.


Dihiasi dengan bebatuan pantai alami nan memukau. Dengan variasi ukuran dan corak, batu ini seakan menjadi ciri pantai-pantai tertentu seperti Ancol yang terletak di Desa Padang Bakung Semidang Alas. Jangan salah, batu ini dilarang untuk diambil secara besar-besaran. Karena batu ini berfungsi sebagai penahan ombak datang atau swash secara alami. Menurut pengamatan, batu ini berasal dari dasar lautan secara alamiah.

Namun, fakta membuktikan berdasarkan hasil penelitian saya di tahun 2009/2010 yang lalu tingkat abrasi di sini cukup tinggi, yakni 5 cm per tahun.

Dari mana angka itu keluar? selama satu kali purnama saya menghimpun data swash dan backswash dari pantai Ancol. Dari data itu dapat diketahui kekuatan ombak datang dan ombak kembali atau ombak balik. Tingkat kelengasan struktur tanah dan bebatuan juga dapat menjadi faktor tinggi rendahnya abrasi.

Lalu, setelah 8 tahun ini bagaimana perkembangan luas pantai? setelah diketahui hal ini maka faktor alam juga dapat mengubah keadaan. Setidaknya Pantai Ancol menjadi icon wisata di Seluma saat ini dengan gunung batu yang kian meninggi menahan ombak.
Bagaimana dengan Pantai Panjang Bengkulu?
Pantai Panjang Bengkulu berbeda dengan struktur pantai Utara dan Selatan. Satu hal yang menjadi catatan penting ketika kesini adalah "Dilarang Mandi di Pantai" saya ulang "Dilarang Mandi di Pantai Ini".

Mengapa? Karena, Pantai Panjang langsung terhubung dengan lautan yang lebih dalam. Ketika pertama kali kesini kamu akan melihat jelas perbedaan warna antara laut yang penuh ombak dan lautan biru yang "garang". Ibarat sebuah rumah panggung, maka teras depan adalah laut yang kaya ombak dan busa putih dari ombak. Dan bagian halaman depan atau tanah di halaman rumah adalah lautan biru yang sangat dalam. Tentu sangat tidak memungkinkan bermain air dan mandi dengan leluasa di Pantai Panjang.

Namun, Pantai Panjang cukup memesona dengan tampilan dari waktu ke waktu yang semakin baik dan nyaman. Ketersediaan ruang publik cukup memadai. Ketersedian pilihan tempat dengan view menarik cukup berkesan. Walaupun tetap harus menjadi perhatian pemerintah setempat dan tentunya sebagai pengunjung juga harus sadar kita juga harus terlibat dalam menjaga kekayaan sumber daya alam yang luar biasa ini.

Jadi, harapannya Pantai Panjang Bengkulu bisa menjadi Icon Wisata bahari pilihan di Provinsi Bengkulu.

Bisa ya, menurut kamu?

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Trip Air Terjun Cuup PSUK Benteng

Pagi masih menyapa hangat dengan perpaduan sinar mentari di ufuk timur, menambahkan keceriaan hari ini. Benar saja kami dari tadi s...