Skip to main content

Menu Berbuka Syawwal di Penghujung Aphelion

Masih ingat dengan beberapa hari yang lalu mengapa bumi terasa lebih dingin dari biasanya? Iya fenomena alam yang disebut dengan Aphelion dimana titik terjauh bumi dan matahari terjadi. Lintasan revolusi bumi versus matahari tepat berada pada ujung ellips terjauh.

Aphelion dimana titik terjauh bumi dan matahari terjadi 


So, pasti semua merasakan dinginnya suhu bumi waktu itu. Jangan bayangkan bagaimana dinginnya Bogor ya. Curup saja lebih dingin dari biasanya. Kota Bengkulu yang terbilang dataran rendah juga terjadi perubahan suhu yang signifkan.

Perubahan suhu menjadi lebih dingin dari biasanya mulai terjadi sehari sebelumnya dan berlanjut hingga siang hari besoknya. Tepatnya terjadi pada tanggal 6 juli 2018 pukul 23.48 wib. Nah udara jadi lebih sejuk nih. Bagi yang sedang syawwalan di khatulistiwa, ini moment mengesankan selama 13 jam berpuasa.

Tepatnya terjadi pada Jumat 

6 juli 2018 pukul 23.48 wib.


Pada saat puasa dengan cuaca sejuk seperti ini kamu harus memperhatikan asupan mineral ya. Energi yang hilang pada saat puasa dapat diganti dengan minumam segar tanpa es batu. Bagaimna caranya? Bisa dengan cara membuat jus jambu biji merah. Apalagi kalau jambunya ada di halaman rumah sendiri hee.

Selain jus jambu biji merah, percernaanmu juga bagus konsumsi gado-gado. Lho apa alasannya? Gado-gado itu lengkap. Semua kebutuhan tubuh tersedia. Karbo dari potongan nasi, protein dari biji kacang dan kuahnya. Apalagi coba? sayurannya juga lengkap kan?

Jangan karena lebih sejuk dan dingin kamu malas makan ya pada saat berbuka. Konsumsi yang manis untuk cepat menggantikan energi yang hilang dari jus jambu merah dan gado-gado cinta 😍😍 eaaa.  Nah jadi gado-gado ini pas menggantikan energi dari dinginnya Aphelion kemarin.

Jazakallahu khairon katsir menu berbukanya Alhamdulillah. Semoga Allah Yang Maha Kaya membalas dengan pahala yang lebih baik lagi.. Aamiin..

Kamu sudah syawwalan?

Baarakallahu fik selamat ya.



Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya. 1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: : a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain. b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu. c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya. d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebaga

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI Silsilah Nabi / Rasul Sumber : Silsilah Nabi dan Rasul SILSILAH 25 NABI Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin. 1. ADAM AS. Nama: Adam As. Usia: 930 tahun. Periode sejarah: 5872-4942 SM. Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab. Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan. Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali. . 2. IDRIS AS. Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. Usia: 345 tahun di bumi. Periode sejarah: 4533-4188 SM. Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis). Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali. . 3. NUH AS. Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qi

Pembagian Raport Online di Tengah Issue Covid-19

Pembagian Raport Online di Tengah Issue Covid-19 Saya bersama anak-anak Aulad Hari ini adalah hari Sabtu. Hari yang dinanti-nantikan bagi siswa saya ketika belajar tatap muka berlangsung. Mengapa? pasalnya adalah kalau tidak libur maka akan ada out door study atau kita akan melaksanakan POMG. Iya besok pembagian raport dan POMG. Pembagian Raport 😊. Kelas 4 Abdullah bin Umar  di Hutan Mangrove Apa itu POMG? POMG adalah Pertemuan Orangtua Murid dan Guru. Saat pembagian raport SDIT Iqra'1 Kota Bengkulu sejak lama menggaungkan budaya literasi tatap muka dengan beberapa istilah yang menarik seperti ini. Pembagian Raport dan POMG setidaknya kami laksanakan dua kali dalam satu semester. Pertama pada saat tengah semester dan yang kedua adalah di akhir semester. Biasanya pertemuan berlangsung dengan tatap muka di Masjid Qolbun Salim 1 atau Qolbun Salim 2 dan kembali berkumpul di kelas masing-masing. Baca Juga: Wisata yang Layak Dikunjungi di Bengkulu Namun ada perbe