Sunday, 15 July 2018

Berburu Durian di Sawah Lebar Kota Bengkulu


Malam minggu ini ada forum sastra yang mengajak untuk silaturahim. Sebelum kasana anak dan istriku mengajak mampir ke sebuah pasar dadakan yang menjual buah durian. Sudah lama buah ini membanjiri beberapa pusat kuliner buah pada musimnya. Salah satunya adalah pusat kuliner di depan stadion semarak Bengkulu.

Mulai dari sepuluh ribuan hingga lima puluhan ribu

Kamu jangan kaget jika mendengar harganya. Mulai dari sepuluh ribuan hingga lima puluhan ribu ada. Mulai dari ukuran kecil, sedang hingga besar semua ada. Beli satuan atau dalam jumlah banyak. Kamu juga bisa tawar menawar dengan penjual yang datang dari beberapa kabupaten di daerah Bengkulu ini.

Kamu juga bisa tawar menawar

Durian umumnya memberikan sensasi rasa yang khas dan tajam. Sebagian yang baru mengenal mungkin belum tahu nikmatnya buah durian. Namun bila sudah mencicipi buah durian dengan kualitas jempol kamu pasti bikin ketagihan.

Durian memang bermacam-macam namanya. Sebut saja durian batu, durian bantal, durian montong, durian tembaga dll. Semua memiliki karakteristik daging buah yang berbeda. Durian bantal misalnya selain buahnya yang besar, durian ini memiliki daging buah yang tebal dan lunak. Katika matang dagingnya tidak lembek namun lunak dan gurih. Wah.. pasti bikin ngiler nih hee.

Sewaktu aku masih kecil seumuran SD, musim durian adalah hal yang sangat menyenangkan. Aku bisa bermalam di sebuah gubuk dari dedaunan yang dibuat darurat. Mirip bivak lah ya. Lengkap dengan dindingnya agar menangkal angin malam. Tidak lupa perapian di sekitar bivak untuk berjaga-jaga dan menghangatkan suhu. Selain untuk sumber penerangan api ini juga tentu untuk memasak air, membakar jagung atau ubi. Wah pokoknya mengesankan deh. Satu malam sesuai dengan prediksi, jika memang musimnya durian jatuh bisa dipastikan banyak membawa durian ke rumah.

Yang menarik lagi adalah ketika durian jatuh dan harus diambil. Senter jangan lupa dibawa, pastikan letak jatuhnya dimana. Yang bikin seru ini, berkeliling mencari sumber jatuhnya durian. Jangan juga kaget kalau pas lagi keliling cari duriannya eh malah dapat 3 sampai 4 buah sekaligus. Kenapa? karena aku ketiduran beberapa saat dan terbangun pada saat durian terakhir jatuh haa. Nah.. ini bukan durian runtuh ya haa. Rizki yang tak boleh ditolak. Alhamdulillah..

Sekarang, kamu bisa langsung ke pusat dagangan buah. Mumpung masih musimnya. Buah durian selain dapat dimakan langsung juga dapat diolah menjadi aneka kuliner. Sebut saja tempoyak, dodol durian atau lempuk.

Sekarang aku mau pilih-pilih dulu duriannya, kamu jangan lupa kesini malam nanti ya. Kuliner buah ini rame di malam hari karena siang cuaca lumayan panas. Kamu juga bisa pilih buah durian di depan Gedung Balai Buntar Km.7 Kota Bengkulu. Mumpung masih musim, beli saja ya. 


No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Trip Air Terjun Cuup PSUK Benteng

Pagi masih menyapa hangat dengan perpaduan sinar mentari di ufuk timur, menambahkan keceriaan hari ini. Benar saja kami dari tadi s...