Skip to main content

Wisata Edukasi (Bagian 3) Jeruk Gerga Pal VII yang Tiada Duanya

Wisata Edukasi (bagian 3)
Jeruk Gerga Pal VII yang Tiada Duanya
Oleh: Efri Deplin


  
Jeruk Gerga PAL VII

Tidak mudik ke Curup kalau tidak ke kebun memetik jeruk gerga Pal VII. Alhamdulillah satu hari menjelang pulang ke Bengkulu kita sempatkan ke sawah dan ke kebun jeruk.

Tidak menunggu lama, setelah makan bersama di atas pondok sambil memandang sekitar mata ini semakin manja untuk melihat setiap sudut kebun. Pohonnya memang sebagian sudah mengalahkan tinggiku 180-1 haa.
 
Makan Bersama

Makan Bersama

Rasa penasaran memetik kali ini sensasi beda. Alasannya apa? Ada deh. Ternyata dan ternyata ini komoditi jeruk bewe. Mertuaku bilang demikian. Bewe adalah komoditi jeruk dengan ciri kulitnya yang sudah matang berwarna agak kekuningan dan dominan hijau. Kulit buahnya tipis dan bulir buahnya sedikit agak berwarna orange kemerahan. Warna apa ya? red yellow hee. Rasanya memang manis asli deh. Tapi Gerga Pal VII yang berdiri kokoh di sampingnya ga kalah menarik. Tau kan selanjutnya bagaimana? Langsung saja serbu.

Jeruk Bewe "BW"

Gerga Pal VII tiada duanya
Abdullah sudah dibonceng datuknya. Tsamara dan umminya aku bonceng menuju desa Pal VII. Perkiraanku bapak mertua langsung mengajak pulang ternyata kita mampir di kebun yang paling dekat dengan desa. Kebun ini yang membuat banyak kejutan.

Kejutan bagaimana? 
Jeruk ini masih berada di antara kopi-kopi yang subur. Petani kebun jeruk gerga disini masih banyak sekali yang menanam jeruk gerga diantara tanaman komoditas lain seperti kopi. Alhamdulillah untuk menyegarkan tenggorokan dari beberapa pohon cukup terobati. Maklumlah kita jarang ketemu hee. Kalau tidak libur jarang berjumpa haa. Baarakallahu fik.

Kulit buahnya yang tebal dan bisa tahan hingga satu pekan lebih pada suhu ruang. Bulirnya yang besar memambah sensari segar. Dan ketika disantap tidak cukup satu buah hee. Pingin nambah lagi karena memang sensari segar dari bulirnya yang perpadu dengan rasa manis asam membuat tidak jenuh. Baarakallahu fikum.

Insya Allah bisa memasok pasaran secara luas, wisata edukasi kali ini teriring doa semoga hasilnya berlimpah di musimnya nanti. Aamiin Alhamdulillah hasil memetik kemarin berkisar 20 kg Jeruk Gerga PAL VII, dan ada beberapa Jeruk Bewe juga pedes asem alami hee ayoo icip-icip gratis.
Jeruk Bewe Cabe dan Tomat

Jeruk Gerga PAL VII

Kapan ya kesini lagi? Sudah tak sabar rasanya.
Terima pesanan, soal buah bisa kita usahakan. Masih bisa kok pesan antar dalam kota Bengkulu. Juga melayani pengiriman luar kota. Ahamdulillah JKT-sekitarnya, Semarang, Bekasi, Palembang dll sudah pernah dikirim.  Jeruk Gerga Hubungi. WA. 085268125187 atau 0895326418115


Bengkulu, 18 Juni 2018.



Comments

  1. Replies
    1. Ada kak main ke rumah ya, lebaran ini belum musim beneran insya Allah entar panen di bulan desember panen raya doain hasilnya melimpah aamiin

      Delete

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)