Skip to main content

Wisata Edukasi (Bagian 2) Bermain di Kebun Jeruk Gerga dan Memetik Sayur

Wisata Edukasi (bagian 2)
Bermain di Kebun Jeruk Gerga dan Memetik Sayur
Oleh: Efri Deplin



Abdullah Tsamara Memetik Jeruk Gerga PAL VII



Alhamdulillah Abdullah dan Tsamara kali ini berada di kebun Jeruk Gerga Pal VII.

Mereka terlihat sangat antusias saat sebelum kita menuju kebun. Hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk ke kebun? Diantaranya adalah sepatu berkebun dan pakaian berlengan panjang dan tentunya celana panjang. Yang lengkap memakai cuma Tsamara. Sementara Abdullah dengan lengannya yang masih berbalut karena patah terlihat santai dengan kaos panjang tanpa sepatu kebun.

Agar lebih terkesan eksotis kita memilih menggunakan matic. Kok pakai motor bisa ke kebun ya? Iya kebun di sini sudah dihubungkan dengan jalan aspal, pakai mobil juga bisa hee.

Apa saja yang menarik bagi Abdullah Tsamara 
1.    Berjalan Kaki
Berjalan kaki saat tiba di kebun adalah hal mengagumkan bagi mereka. Kebun Jeruk Gerga yang dituju harus melewati beberapa bidang tanah lainnya. Melewati persawahan dan kebun sayuran. Wah pokoknya seruh deh. Sambil bernyari, tertawa riang. Menyeimbangkan badan saat di atas tanggul sawah. Naik turun pendakian saat bertemu medan menanjak. Apalagi Abdullah yang dharus hati-hati dengan kondisi lengan kanannya yang patah. Pokoknya seru deh.

2.    Pondok
Pondok bukanlah hal baru bagi mereka. Namun kali ini pondok yang dibuat datuknya masih 80% pengerjaan. Lebih tinggi dan lebih  besar. Pondok ini dilengkapai 11 tiang yang kokoh dan 3 bagian utama. Ada dapur dan kamar tidur juga ruang tamu bisa juga untuk tempat shalat. Teras depan terlihat siap diberi dinding setengah bangunan. Bagian paling depan ada tangga dilengkapi induk tangga untuk tempat alas kami. Wah pondok datuk keren sekali. mantap tuk pondoknya keren.

3.    Masak dan makan bersama
Tidak dapat dipungkiri bagi kamu yang pernah ke kebun dan ke sawah, masak dan makan di kebun jauh lebih nikmat jika dibandingkan dengan makan di rumah. Ada nuansa alam yang tak bisa didapatkan di rumah ketika makan di kebun. Makannya hanya sederhana, misalnya sambal dan rebus sayur yang baru di petik di kebun. Nah kali ini kita membawa mie instan dan memetik saruyan. Untuk abi ummi ditambah rawit segar. Hasil memetik sendiri memang jauh lebih sedap.

Kalau sudah begini ada pesan illahi yang harus diingat "Nikmat tuhanmu yang manakah yang akan kau dustakan" Alhamdulillah segala puji bagi Allah yang maha Razzaq atas semua rizki dan nikmat.

Bermain tanah, membuat kue dari tanah, memetik sayuran, tomat, dan tentunya Abdullah dan Tsamara memetik Jeruk Gerga Pal VII.
Di kota memang sulit mencari waktu dan tempat berwisata edukasi seperti ini. Pengalaman ini pasti sangat berharga untuk mereka.

Puas kan pegang tanahnya dan bikin kue dari tanah. Hayoo apa abi harus tanam sayuran lagi di halaman rumah biar bisa metik sendiri seperti di kebun ini? Baik kita buat perencanaan dulu ya.


Memetik Sayur

Hasil memetik tomat

Asyiknya main apa sih kak

Bermain Tanah

Alhamdulillah

Curup, 18 Juni 2018


Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya. 1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: : a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain. b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu. c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya. d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebaga

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI Silsilah Nabi / Rasul Sumber : Silsilah Nabi dan Rasul SILSILAH 25 NABI Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin. 1. ADAM AS. Nama: Adam As. Usia: 930 tahun. Periode sejarah: 5872-4942 SM. Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab. Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan. Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali. . 2. IDRIS AS. Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. Usia: 345 tahun di bumi. Periode sejarah: 4533-4188 SM. Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis). Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali. . 3. NUH AS. Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qi

Pembagian Raport Online di Tengah Issue Covid-19

Pembagian Raport Online di Tengah Issue Covid-19 Saya bersama anak-anak Aulad Hari ini adalah hari Sabtu. Hari yang dinanti-nantikan bagi siswa saya ketika belajar tatap muka berlangsung. Mengapa? pasalnya adalah kalau tidak libur maka akan ada out door study atau kita akan melaksanakan POMG. Iya besok pembagian raport dan POMG. Pembagian Raport 😊. Kelas 4 Abdullah bin Umar  di Hutan Mangrove Apa itu POMG? POMG adalah Pertemuan Orangtua Murid dan Guru. Saat pembagian raport SDIT Iqra'1 Kota Bengkulu sejak lama menggaungkan budaya literasi tatap muka dengan beberapa istilah yang menarik seperti ini. Pembagian Raport dan POMG setidaknya kami laksanakan dua kali dalam satu semester. Pertama pada saat tengah semester dan yang kedua adalah di akhir semester. Biasanya pertemuan berlangsung dengan tatap muka di Masjid Qolbun Salim 1 atau Qolbun Salim 2 dan kembali berkumpul di kelas masing-masing. Baca Juga: Wisata yang Layak Dikunjungi di Bengkulu Namun ada perbe