Tips Nonton Asyik di BIOSKOP Sambil Membawa Balita

Tips Nonton Asyik di BIOSKOP membawa Balita
Oleh: Efri Deplin

Pernah kan menonton film di bioskop-bioskop di kota kamu. So, di zaman melenial ini masih banyak yang belum pernah menonton film di bioskop. Bioskop adalah sebuah sarana untuk menonton sebuah film yang diputar dalam sebuah gedung tertutup di waktu tertentu dan pada jam tayang yang ditentukan. Jadi, bioskop berada di dalam sebuah ruangan. Tidak pernah bioskop berada di lapangan terbuka hee. Mengapa tidak di lapangan terbuka, kalau di lapangan terbuka namanya layar tancap yang booming tahun 80-90.

Kali ini aku ingin berbagi kisah dan tips untuk sobat semua gimana caranya biar asyik nonton ketika bawa anak kecil alias balita.

Pertama
Pastikan film yang ingin ditonton akan diputar di bioskop kesayangan anda. Di kota Bengkulu ada studio 21 dan XXI. Tinggal pilih diantara dua ya. Studio 21 ada di Mega Mall Bengkulu (MeMo) berlokasi di Pasar Minggu Bengkulu dan XXI ada di Bengkulu Indah Mall (BIM) yang berlokasi di dekat Pantai Panjang Bengkulu.

Aku Bersama Istri dan Anak-anak
21 Mega Mall Bengkulu


Kedua
Pastikan juga jam tayangnya kapan. Biasanya jam tayang di 21 sangat variatif. Diantaranya ada di pukul 12.00; 14.15; 16.15; 18.15; 20.15. Namun kamu bisa menentukan kapan kamu mau nonton tidak di jam tayang itu. Caranya adalah kamu booking ruangan. Iya booking di 21 dengan seat 199 room besar dan 70 seat room kecil. Semua seat kamu bayar cash dan kamu tentukan kapan hari dan jam tayang. Asalkan tidak di jam operational. Kebayang kan maksudnya membayar semua seat dengan kata lain kalau mau kesana bawa pasukan satu RT hee.
Oke Oke..

Info Jam Tayang




Ketiga
Jam operational yang pas buat nonton adalah pukul 16.15 atau bakda ashar. Kenapa? karena bakda ashar cuaca dalam perjalanan sudah mulai menurun. Secara walaupun di dalam room sejuk tetap saja dari rumah dengan kepadatan kendaraan walaupun pakai mobil tetap saja gerah, apalagi kalau pakai motor.

Tiket Nonton di Jam 16.30
Film 212 The Power Of Love


Jam ini juga biasanya agak sepi pengunjung. Buktinya beberapa kali aku ajak istri dan anak-anakku yang masih kecil, aku menemukan banyak sekali bangku kosong hee.. Studio menjadi arena bermain anak-anak. Bisa pilih juga bebas tempat duduk walaupun seat sudah ditentukan. Iya karena bangkunya banyak kosong.

Waktu shalat juga tidak terputus. Ini penting lho jangan sampai gara-gara nonton eh shalatnya malah molor. Kalau bisa demikan ambil jam tayangnya yang pas buat kewajiban kita sebagai muslim tetap diawal waktu.

Keempat 
Pastikan kalau film itu cocok disimak anak-anak. Dengan kata lain sesuaikan dengan genre umur. Anak kecil sangat peka dengan apa yang dilihat dan didengarnya. Jadi ketika mengajak anak-anak nonton film pastikan filmnya edukatif sesuai umur mereka.

212 The Power Of LOve

Foto Bersama saat Jam Tayang Siang
Bersama siswa SDIT IQRA` 1 Kota Bengkulu



Aku beri tahu ya, biasanya aku  mengajak anggota keluarga kalau ke 21 film yang ditonton adalah film religi dan aku tidak cukup nonton satu kali haa.. beneran hee. Aku pastikan alur ceritanya dan setiap detail adegan filmnya. Baru aku putuskan boleh bawah anak-anak atau tidak.

Oh.. ternyata anak-anakku bukannya nonton film tapi malah main. Maaf ya.. Kali ini aku mengasuh dan istriku tersedu-seduh lho kenapa? filmnya bikin mewek.
Selama aku menonton 3/4 waktuku di studio digunakan cuma memastikan dua buah hatiku aman bermain. Baik main di kursi maupun di lantai karpet tebal ini. Waduh nak nak nanti kita mandi yang bersih ya.

Tapi disinilah letak edukasinya bagi anak-anak umur 4-5 tahun. Mereka belum mau diam menonton film ini tapi mereka sedang merekam apa yang mereka lihat dan mereka dengar secara visual dan audio. Belajar berinteraski dengan sesama pengunjung untuk suasana ketenangan. Mereka juga harus diebritahu kalau ini studio bukan milik kita tapi milik orang lain juga yang sama-sama mempunyai hak untuk menonton dengan nyaman.

Kapan aku sampaikan pesan ini pada mereka yang masih kecil? Iya, mereka mendengrkan nasihatku ketika kami bertiga duduk di seat paling bawah sambil duduk di lantai dan mendongak ke layar hee.

Kelima
Pastikan snack dan minum harus dibawa. Masukkan ke dalam tas dan jangan sampai tertinggal. Secara minuman dan snack di mall harganya selangit. Kita bisa mensiasati dengan membawa dari rumah dan terjamin kesehatan dan unsur kebutuhan yang pas buat buah hati.

Sudah ya..
Ini judul mungkin kurang pas dengan isi tapi cukup mewakili dari pengalaman pribadi. Komentar dan masukan silakan coret-coret ya. ^_^




Comments