Saturday, 5 May 2018

GERAKAN NASIONAL Orang Tua MEMBACAKAN BUKU (GERNAS BAKU)


GERAKAN NASIONAL Orang Tua MEMBACAKAN BUKU
(GERNAS BAKU)
Pembinaan Menjadi Pembiasaan
di Lembaga, di Masyarakat, dan di Rumah.
Oleh: Efri Deplin

Namanya Muhammad Abdullah Absfar Al-Muharrik. Panjang memang dengan beberapa suku kata dari nama itu tergambar cita-cita besar dari sang Abi agar masa depan ananda Abdullah lebih baik dan lebih gemilang. Semoga Allah mudahkan aamiin.


Abdullah bersama Abi 

sedang dibacakan buku Muhammad Nabiku


Saat ini ananda Abdullah yang berumur 5 tahun. Ia sekolah formal kelas A3 di sebuah pendidikan swasta di Kota Bengkulu. Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu (PAUD IT) Auladuna Sawah Lebar menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhannya bermain dan belajar.



Abdullah bersama Abi 

sedang dibacakan buku Muhammad Nabiku


PAUD IT Auladuna Sawah Lebar memberikan suasana belajar yang sangat menyenangkan dengan pendekatan pembelajaran metode BCCT (Beyond Centers and Circle Time) atau disebut dengan sistem sentra dan saat lingkaran. Dengan demikian semua aspek kecerdasan anak (multiple intelligent) melalui bermain yang terarah. Setting pembelajarannya mampu merangsang anak untuk saling aktif, kretif, dan terus berfikir dengan menggali pengalaman sendiri.


Merujuk pada 6 aspek perkembangan anak usia dini yakni nilai agama dan moral, nilai fisik motorik, nilai kognitif, nilai sosial ekonomi, nilai bahasa, dan nilai seni, PAUD IT Auladuna memberikan pelayanan prima kepada ananda Abdullah dan teman.


GERNAS BAKU Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku










Seperti halnya program pemerintah GERNAS BAKU yang akan dilaksanakan pada hari sabtu 5 Mei 2018. Program ini sejalan dengan pogram sekolah, dimana PAUD IT Auladuna memberikan waktu khusus pada siswa untuk menambah nilai bahasa dengan mengaji di setiap pagi. Mengaji memberikan stimulus untuk mengulang kata-kata yang diucapkan sang guru. Selain mengaji PAUD IT Auladuna Sawah Lebar memiliki sentra bermain peran. Dimana semua anak yang mendapatkan peran akan terjadi dialog antara satu dengan yang lainnya. Pada saat terjadi dialog akan memberikan dampak positif pada kemampuan anak untuk berbicara dan berkomunikasi.

Pada akhirnya kemampuan anak yang sudah diberi stimulus di sekolah akan memberikan pembiasan di sekolah itu sendiri, di masyarakat bahkan di rumah. Ananda Abdullah pertama kali dilakukan pembiasaan membaca buku dengan judul Muhammad Nabiku semakin nampak timbul dari dalam dirinya semangat dan keinginan kuat untuk mengulang dan siap mendengarkan cerita-cerita selanjutnya.




Bahan Bacaan Gernas Baku
Abdullah dan Abi

Semoga dengan adanya sosialisasi hingga pelaksanaan GERNAS BAKU akan memberikan pembiasaan baik ananda Muhammad Abdullah Basfar Al-Muharrik dan teman-temannya untuk membaca buku bersama orang tua di sekolah, di masyarakat, dan di rumah, secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

Bengkulu, 5  mei 2018.

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

4 Tips Donor Darah Saat Puasa

Donor darah menjadi trend gaya hidup sehat masa kini. Selain memenuhi kebutuhan hidup para penggunanya, donor darah menjadi sebuah kebutuhan...