Skip to main content

Tips Lolos Pretest PPG


Tips Lolos Pretest PPG

Alur setelah lolos pre test PPG. Panjangnya euyyyyy…

Jalur untuk memperoleh sertifikasi guru saat ini adalah melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG). Untuk mengikutinya, diberikan pre test kepada kurang lebih 210 ribu guru yang telah memenuhi syarat dan terundang oleh SIM PKB. Tes ini berbeda dengan pola sertifikasi sebelumnya, yaitu PLPG yang dirangking dari hasil UKG tahun 2015. Bisa dibilang, beban untuk lolos semakin berat. Karena entah sistem eliminasinya berupa kuota atau batas minimal hasil ujian. Yang jelas, untuk pre test pertama pada bulan November 2017 lalu, hanya 13 % yang lolos. Tentu saja ini menjadi pekerjaan berat bagi peserta pre test kedua di bulan Mei ini. Oleh karena itu, hmmm, saya ambil nafas dulu ya, he-he, saya ingin berbagi pengalaman mengikuti pre test dan tips agar bisa lolos. Langsung saja ya…

1. Baca kisi-kisi pre test disini.
2. Pahami jenis soal
Pre test PPG mempunyai 4 jenis soal. Menurut pengalaman saya, tes kemarin berisi :
a. Tes potensi akademik – 25 menit – 40 soal
Isinya semacam psikotest. Ada hubungan kata, deret angka dan hubungan bentuk. Saya kira disini tidak hanya di tes tentang kemampuan kognitif, tapi juga kekuatan mental kita, he-he. Bagaimana tidak, kita diberi 40 soal dengan waktu 25 menit saja!
b. Tes pedagodik – 25 menit – 15 soal
Berisi soal tentang isi RPP dan macam-macam model pembelajaran. Pelajari RPP Anda, mulai dari atas sampai bawah, apa saja komponen dan urutannya. Baca juga macam-macam model pembelajaran beserta sintaks-sintaksnya.
c. Tes Profesional – 60 menit – 50 soal
Berisi pertanyaan tentang mapel yang Anda ampu.Soalnya antara 50-70 (saya lupa-lupa ingat)
d. Tes bakat minat – 15 menit – 15 soal
Berisi pertanyaan normatif tentang keseharian Anda mengajar. Juga ada soal esai, 2 buah. Jawaban soal esai diketik langsung di tempat yang sudah disediakan. Waktu itu, soal yang saya dapat adalah menanyakan pendapat tentang gerakan literasi dan penanaman karakter (menyanyikan lagu Indonesia Raya di kelas). Jawab saja sampai kotak yang disediakan penuh.
Untuk latihan soalnya, Anda bisa browsing di internet dengan kata kunci tersebut. Semisal “tes potensi akademik”, atau “tes pedagogik” dst.
3. Perhatikan waktu
Kendala yang banyak dialami peserta pre test adalah minimnya waktu untuk mengerjakan. Sehingga dari curhatan beberapa teman, mereka tidak selesai mengerjakan seluruh soal. Saya kira ini sangat merugikan. Perhatikan betul timer yang terpampang di kanan atas monitor Anda. Jangan berlama-lama di satu soal. Bila dirasa sulit, lewati dan kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu.
4. Persiapan yang baik
Hasil yang baik, bisa didapat sejak awal. Persiapkan diri semaksimal mungkin. Datanglah ke tempat tes minimal setengah jam sebelum ujian. Sempatkan berdoa agar diberi keyakinan diri. Jangan sampai mengikuti tes dalam kondisi lapar atau mengantuk.
5. Percaya diri
Ini yang tidak bisa dibeli. PD hanya bisa didapat dengan keteguhan hati bahwa sudah belajar dengan baik. Buang jauh-jauh niat untuk nyontek atau bertanya ke teman sebelah. Niatkanlah mengikuti tes untuk beribadah, cieeee. Ben barokah, kata mbah-mbah dulu.
Itu adalah sharing pengalaman saya mengikuti tes tempo hari. Memang tidak menjamin soalnya sama dengan yang saya deskripsikan. Tapi paling tidak bisa memberikan gambaran umum akan jalannya tes sepanjang 2 jam ini. Saya berharap semoga Anda bisa lolos pre test PPG. Amin.

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)