Friday, 4 May 2018

Tips Lolos Pretest PPG


Tips Lolos Pretest PPG

Alur setelah lolos pre test PPG. Panjangnya euyyyyy…

Jalur untuk memperoleh sertifikasi guru saat ini adalah melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG). Untuk mengikutinya, diberikan pre test kepada kurang lebih 210 ribu guru yang telah memenuhi syarat dan terundang oleh SIM PKB. Tes ini berbeda dengan pola sertifikasi sebelumnya, yaitu PLPG yang dirangking dari hasil UKG tahun 2015. Bisa dibilang, beban untuk lolos semakin berat. Karena entah sistem eliminasinya berupa kuota atau batas minimal hasil ujian. Yang jelas, untuk pre test pertama pada bulan November 2017 lalu, hanya 13 % yang lolos. Tentu saja ini menjadi pekerjaan berat bagi peserta pre test kedua di bulan Mei ini. Oleh karena itu, hmmm, saya ambil nafas dulu ya, he-he, saya ingin berbagi pengalaman mengikuti pre test dan tips agar bisa lolos. Langsung saja ya…

1. Baca kisi-kisi pre test disini.
2. Pahami jenis soal
Pre test PPG mempunyai 4 jenis soal. Menurut pengalaman saya, tes kemarin berisi :
a. Tes potensi akademik – 25 menit – 40 soal
Isinya semacam psikotest. Ada hubungan kata, deret angka dan hubungan bentuk. Saya kira disini tidak hanya di tes tentang kemampuan kognitif, tapi juga kekuatan mental kita, he-he. Bagaimana tidak, kita diberi 40 soal dengan waktu 25 menit saja!
b. Tes pedagodik – 25 menit – 15 soal
Berisi soal tentang isi RPP dan macam-macam model pembelajaran. Pelajari RPP Anda, mulai dari atas sampai bawah, apa saja komponen dan urutannya. Baca juga macam-macam model pembelajaran beserta sintaks-sintaksnya.
c. Tes Profesional – 60 menit – 50 soal
Berisi pertanyaan tentang mapel yang Anda ampu.Soalnya antara 50-70 (saya lupa-lupa ingat)
d. Tes bakat minat – 15 menit – 15 soal
Berisi pertanyaan normatif tentang keseharian Anda mengajar. Juga ada soal esai, 2 buah. Jawaban soal esai diketik langsung di tempat yang sudah disediakan. Waktu itu, soal yang saya dapat adalah menanyakan pendapat tentang gerakan literasi dan penanaman karakter (menyanyikan lagu Indonesia Raya di kelas). Jawab saja sampai kotak yang disediakan penuh.
Untuk latihan soalnya, Anda bisa browsing di internet dengan kata kunci tersebut. Semisal “tes potensi akademik”, atau “tes pedagogik” dst.
3. Perhatikan waktu
Kendala yang banyak dialami peserta pre test adalah minimnya waktu untuk mengerjakan. Sehingga dari curhatan beberapa teman, mereka tidak selesai mengerjakan seluruh soal. Saya kira ini sangat merugikan. Perhatikan betul timer yang terpampang di kanan atas monitor Anda. Jangan berlama-lama di satu soal. Bila dirasa sulit, lewati dan kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu.
4. Persiapan yang baik
Hasil yang baik, bisa didapat sejak awal. Persiapkan diri semaksimal mungkin. Datanglah ke tempat tes minimal setengah jam sebelum ujian. Sempatkan berdoa agar diberi keyakinan diri. Jangan sampai mengikuti tes dalam kondisi lapar atau mengantuk.
5. Percaya diri
Ini yang tidak bisa dibeli. PD hanya bisa didapat dengan keteguhan hati bahwa sudah belajar dengan baik. Buang jauh-jauh niat untuk nyontek atau bertanya ke teman sebelah. Niatkanlah mengikuti tes untuk beribadah, cieeee. Ben barokah, kata mbah-mbah dulu.
Itu adalah sharing pengalaman saya mengikuti tes tempo hari. Memang tidak menjamin soalnya sama dengan yang saya deskripsikan. Tapi paling tidak bisa memberikan gambaran umum akan jalannya tes sepanjang 2 jam ini. Saya berharap semoga Anda bisa lolos pre test PPG. Amin.

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

4 Tips Donor Darah Saat Puasa

Donor darah menjadi trend gaya hidup sehat masa kini. Selain memenuhi kebutuhan hidup para penggunanya, donor darah menjadi sebuah kebutuhan...