Skip to main content

Kiang

Pada tahun 90an aku masih familiar sekali dengan bangunan berbentuk persegi beratap lengkap dengan empat tiang kokoh. Tingginya mulai dari 1,5 meter hingga 2 meter.

Bangunan ini terbuat dari papan atau dinding pelupuh yang berasal dari bambu. Memiliki satu pintu di bagian depan tanpa jendela dan ventilasi. Layaknya sebuah rumah tinggi, bangunan ini sangat mirip dengan rumah adat Bengkulu Rumah Panggung. Oleh sebab itu bangunan ini dilengkapi dengan debuah tangga untuk mencapai ke atas bagian dalam bangunan. Namun tangga pada Kiang tidaklah dipasang permanen. Biasanya masyarakat memiliki tangga khusus dari bilah bambu dan digunakan ketika diperlukan saja.

Belum aku temukan referensi khusus mengenai bangunan ini. Filosofi yang aku umpakan diatas dapat dikaitkan dengan kebiasaan masyarakat Bengkulu atau secara luas Sumatera bahwa rumah bertiang berfungsi agar terhindar dari hewan buas seperti harimau sumatera dll.

Baiklah aku akan perkenalkan nama bangunan ini adalah Kiyang. Kiyang atau Kiang adalah bangunan khusus yang dindingnya terbuat dari papan atau pelupuh lengkap dengan atap dan tiang yang tinggi serta dilengkapi dengan sebuah tangga yang tidak permanen dan hanya memiliki satu pintu di bagian depan. Kiang ini digunakan untuk menyimpan hasil panen padi. Besar ukuran kiang bervariasi sesuai dengan keinginan pemiliknya. Tidak ada ukuran mutlak atau khusus. Maka tidak heran jika di temukan kiang dengan ukuran jumbo 4 x 4 x 2 meter atau 2 x 2,5 x 2 meter.

Kiang ini akan menyimpan hasil panen hingga satu musim. Bahkan hingga lewat musim bergantung dari pengelolaan dari tuannya. Untuk diketahui ada masyarakat yang membutuhkan padi hanya untuk bahan pokok saja. Namun ada juga masyarakat yang menjual beras dari penggilingan padi untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Padi yang disimpan di dalam kiang ada yang langsung ditumpuk di dalam ruangan dengan pola berundak dan meninggi lengkap dengan tangkainya. Ada juga yang menyimpan dengan menggunakan karung dengan posisi padi yang tidak lagi bertangai atau masih bertangkai. Padi dimasukkan ke dalam karung dan karungnya dimasukkan ke dalam kiang.

Ketika membutuhkan beras kiang akan dibuka dan padi segera dijemur di bawah terik matahari.

Demikianlah artikel mengenai bangunan bernama Kiang. Pagi tadi aku tidak sengaja melewati beberapa Kiang di Desa Durian Bubur Kecamatan Talo Kabupaten Seluma Bengkuku. Kiang ini terletak di sebuah lahan, ada beberapa Kiang yang berdiri kokoh disana. Biasanya masyarakat menempatkan Kiang mereka masing-masing satu rumah satu kiang pada tanah mereka sendiri. Namun ada juga yang menempatkan kiang secara kolonin di sebuah tempat seperti yang kutemukan pagi ini.

Kini Kiang sudah jarang sekali ditemui. Masyarakat kebanyakan menyimpan gabah di dalam gudang rumah mereka masing-masing. Keberadaan kiang sudah semakin langka. Menurutku, kiang ini unik dan menarik. Ada sebuah pesan tertanam disana. Rasa syukur pada yang maha kuasa tetap melekat pada jiwa-jiwa yang bersahaja. Cobalah kalian lihat ketika diujung bulan mereka bersama-sama membuka kiang dan menjemur gabahpun mereka bersama. Itu adalah pemandangan indah bagian-bagian dari tasbihnya mereka disepanjang tahun.


Bengkulu, 11 maret 2018

wa.085268125187
telp.0895326418115
fb.efri deplin
ig.efri deplin
tweet.efrideplin87
belajariangriang.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)