Thursday, 12 October 2017

Gerbang Kasih

Gerbang Kasih
Oleh: Efri Deplin

*****
Ana terharu sekali sore ini, ada siswa kita dari kelas 5A mengantarkan makanan berupa gorengan untuk berbuka puasa, pesannya adalah "ini untuk guru-guru iqra' 1" semoga semua guru iqra' 1 tadi menikmatinya dan ananda Ona serta keluarga dilimpahkan pahala yang besar atas ilmu yang diaplikasikannya dalam kehidupan nyata atas janji Allah yang pasti, semoga kebaikan untuk kita semua. Aamiin.. Baarakallahu fik

*****

Sore ini 12 Oktober 2017 adalah jadwal bulanan dengan agenda ifthor jamaai keluarga besar Yayasan Al Fida. Bertempat di unit SMAT IQRA' Kota Bengkulu, pukul 17.00 sudah penuh sesak menempati masjid besar komplek SMAIT IQRA'. Bidadari kecilku sejak tadi aktif sekali bermain bersama abangnya Abdullah. Karena hal itu maka aku bawa ia bermain di luar masjid. Kami duduk bercengkrama di saung nan indah di samping rumah Allah.

Tak lama kemudian mobil yang membawa bekal makan malam bakda berbuka sudah tiba. Kembali gadis kecil bidadariku merengek minta ini dan itu. Lalu kuajak ia pergi ke tempat duduk yang terletak di depan ruang kelas. Tempat duduk permanen dengan meja bundar nyaman sekali dipakai apalagi jika payungnya juga terpasang. SMAIT IQRA' memang Oke punya.

Tak lama di sana, arah telunjuk Tsamara mengajak aku ke gerbang sekolah. Materi "Kapal" di masjid sayup-sayup terdengar dari kejauhan. Tiba-tiba mata ini tertuju pada berbincangan antara Ayah dan anaknya di luar pagar sekolah. Ayahnya melihatku dan ia memberikan isyarat kepada anaknya untuk menghampiriku. Oh iya dia Siswa di sekolah panggilannya Ona. Siswi cerdas dari kelas 5A.

Setelah ia memasuki gerbang sekolah Ona memberikan bungkusan berukuran sedang dan satu kotak berisi sesuatu. "Ustad afwan ini kami titip makanan" Ona menjelaskan. "Untuk siapa?" Aku bertanya. "Untuk guru-guru Iqra' 1 yang berpuasa hari ini" jawabnya ringan. Sejenak hati ini bergetar. "Ustad untuk yang di kotak ini nanti kotaknya dititip dengan Ustadzag Novi" tambahnya sambil berlalu. Akupun mengucapkan terima kasih kepada Ona dan memberi isyarat yang sama kepada Ayahnya. Ona da ayahnya pergi ku dan Tsamarapun berlalu.

Bungkusan itu kubawa dan kutemui ustzah Novi dan menjelaskan dari awal. "Oh.. iya tadi dia bertanya siapa saja guru kita yang berpuasa" tanggap ustadzah Novi.

Waktu berbuka pun tiba. Beberapa piring berisi gorengan dan donat ala rumahan tersaji menghias kiri dan kanan tempat duduk bersila. Semua terlihat menyukainya karena ini merupakan menu yang paling digemari dikalangan umum.

Ona, menjadi teladan dan kisah dari tulisan ini. Betapa niat yang ikhlas untuk berbagi menjadi motivasi dengan hadirnya ketulusan memberi. Bisa dirasakan ketika ia berkomunikasi. Dari kata-kata yang ia ucapkan dari dalam hati.

Semoga Ona dan keluarga diberikan rezeki yang berlimpah. Diberikan pahala yang besar atas niat baik yang suci. Sungguh Allah maha menepati janjinya dengan pahala yang tak berujung.

Tsamara terima kasih telah mengajak abi pergi ke gerbang kasih. Gerbang sekolah SMAIT IQRA' menjadi saksi atas kebaikan anak cucu adam dalam mengaplikasikan ilmu untuk kebaikan bersama. Baarakallahu fik.

Kompleks SMAIT IQRA' Kota Bengkulu
Kamis, 12 Oktober 2017

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Puasa Arafah

Puasa Arafah Puasa Arafah adalah puasa pada Hari Arafah, yaitu hari kesembilan dari bulan Dzulhijjah. Puasa ini sangat dianjurkan b...