Skip to main content

Bukit Gajah



Bukit Gajah Kaba Wetan

Kabupaten Kepahiang memiliki destinasi yang sangat indah. Dengan kebun teh yang sangat luas dalam bentuk hamparan permadani alam yang hijau. Menyejukkan dipandang mata dan lebih mendamaikan jiwa di sela kepenatan hiruk pikuk kesibukan perkotaan. Dengan bermodalkan hanya ongkos parkir kendaraan saja Kebun Teh Kaba Wetan menyajikan hidangan alam yang tiada bandingnya di Kabupaten Kepahiang. Tidak salah jika Kebun Teh Kaba Wetan menjadi alternatif wisata disemua kalangan masyarakat baik kalangan ekonomi bawah, menengah, maupun kalangan atas.

Dengan luas 10.000 ha kebun teh Kaba Wetan menyimpan kekayaan alam yang cukup beragam. Selain menyimpan kekayaan alam berupa teh itu sendiri, kebun teh Kaba Wetan juga berada di tengah-tengah pemukiman penduduk desa. Sebagian dari penduduk desa memang bukanlah penduduk asli yang dikenal dengan sebutan tun jang atau yang sering dikenal dengan "orang rejang", namun penduduk desa tersebut merupakan penduduk pendatang yang berasal dari tanah Jawa dan Sunda yang didatangkan secara bertahap. Sebagian besar dari mereka berprofesi sebagai pemetik teh di kebun teh Kaba Wetan. Sudah dilakukan turun temurun sejak digalakkan perkebunan yang dibentuk pada tahun 1908 oleh penjajah Jepang.

Dari sekian luas kebun teh Kaba Wetan ada sekitar 1.000 ha berada di empat desa. Salah satu desanya bernama Desa Air Sempiang berada di daerah puncak sebelah kanan gerbang utama. Lalu bagaimanakah dengan keberadaan Bukit Gajah? mari ikuti ulasan berikutnya.

Setelah puas berada Desa Air Sempiang ada baiknya berbalik arah untuk menikmati keindahan alam di jalur sebelah kiri gerbang utama. Seperti diawal kami sampaikan kebun teh Kaba Wetan banyak sekali menyimpan kekayaan alam, maka sebelum kita berada di ujung kebun kita akan disuguhkan sebuah perkampungan warga yang akan memberi petunjuk kepada Bukit Gajah. Bukit Gajah akan ditemukan ketika ada pertigaan jalan di sebelah kanan. Tetap telusuri jalan beraspal hitam hingga menuju puncak sekitar 500 meter. Kita akan dipertemukan dengan daerah 1000 dpl yang sungguh luar biasa menakjubkan. Disana kita bisa memarkirkan kendaraan di area parkir yang telah disediakan. Ada juga tempat duduk yang terbuat dari bambu besar dan mulailah mata mata kita senantiasa melirik puncak bukit sambil menelusuri jalan setapak penuh tantangan.

Istriku waktu itu tidak percaya kalau akan sampai dipuncak tertinggi. Tapi setelah dipacu dan dipicu dengan semangat akhirnya dua bocah beberapa kali saya yang menggendong sambil bawa tas dipunggung. Istri bawa bekal di tangan. Kalau bisa kita melewati jalur melintang bukan jalur yang lurus menuju puncak. Mengapa? jalurnya sungguh ekstrem hampir 80 derajad, bayangkan saja bawa anak kecil umur 2 tahun dan 3 tahun. Tapi itulah tantangannya. Nah kalau melewati jalur melintang, kita aman untuk menuju puncak kita hanya melewati bagian sisi bukit di sepanjang jalan walau diawalnnya tetap mendaki.

Baik, banyak sekali pelajaran dari cerita diatas bisa diambil manfaatnya untuk semua. Apalagi kalau ada yang belum pernah kesana bisa menjadi referensi liburan keluarga maupun kolega. Akhirnya Kami tiba di Puncak Tertingi Bukit Gajah. Alhamdulillah senang bahagia rasanya, bersyukur sehat selamat.

Selamat Mencoba
Semoga Bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)