Friday, 25 September 2020

Pengalaman Belajar di RRI Mengajar di Masa Pandemi

 Pengalaman Belajar di RRI Guru SDIT Iqra`1 Kota Bengkulu Efri Deplin M.Pd Mengajar Bahasa Indonesia

Alhamdulillah

Puji dan syukur kehadirat Alah SWT sholawat serta salam semoga tercurah atas junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. Allahumma Sholi ala Muhammad wa ala ali Muhammad.

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman baru di masa pandemi ini. Pandemi covid-19 selain memberikan dampak negatife dalam tatanan kehidupan secara global, namun juga memberikan stimulus yang cukup efektif untuk senantiasa memberikan ruang gerak yang cukup efektif dalam mengembangkan diri dan kemampuan.

Belajar di RRI

Sebagai latar belakang pendidik saya terus berupaya semampu saya dengan mengerahkan kesunguhan untuk menuangkan kemampuan secara utuh demi tercapainya cita-cita bangsa “mencerdasakan kehidapan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan social” yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 serta Pasal 3 ayat 31 yang berbunyi “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang- undang”.  Pasal 3 ayat 31 ini cukup melekat di benak saya setelah mengikuti seminar yang diadakan secara daring atau webinar skala Nasional yang diisi oleh pembina Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia (JSIT) Bapak Dr. Sukro Muhab, M.Pd.

 

Oleh karena itu dalam kesempatan yang baik ini saya ingin memberikan sedikit hal dalam pengalaman mengajar di RRI.

 

Pengalaman Mengjar di RRI

 

Ini adalah pengalaman kedua saya mengajar di RRI. Dimana pengalaman pertama saat itu saya mengajar di RRI pada momentum Ramadhan tanggal 27 April 2020 pada tahun ajaran 2019/2020. Saat itu saya difokuskan mengajar dengan suasana pandemic dan membahas ilmu keagamaan.

 

Mengajar di RRI Pengalaman Pertama
27 April 2020 

Di pengalaman kedua ini saya kembali mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sebenarnya ini bukan bidang ahli disiplin ilmu yang saya pelajari di kampus. Tapi saya sebagai guru kelas di SDIT Iqra`1 Kota Bengkulu merasa tertantang dan kegiatan ini sebenarnya adalah kegiatan saya saat di kelas tatap muka.

 

Dikontak oleh RRI

 

Sepekan sebelum acara hari ini dimulai saya sempat dikontak oleh pegawai RRI. Beliau menanyakan maksud dan tujuan. Awalnya saya ragu tapi beliau dengan sangat meyakinkan mampu memberikan stimulus yang lebih sehingga saya menyanggupi.

 

Saya akhirnya memberikan profil berupa nama dan identitas lainnya kepada beliau. Ternyata mereka juga membutuhkan topik apa yang akan disampaikan saat mengajar nanti. Saya sempat berfikir dan meminta waktu untuk mempersiapkannya. Singkat cerita akhirnya saya memberikan judul “Menentukan Ide Pokok dalam Teks Lisan dan Tulis”.

 

Support Pihak Sekolah

 

Melalui waka bidang Kurikulum saya mneyampaikan kabar ini untuk meminta doa restu dan supportnya. Utz Yusmaneka memberikan semangat dan lecutan kebaikan untuk menunaikan amanah ini. Mendokan semoga lancar dan berkah bermanfaat. Aamiin.

Dukungan dan support juga diberikan oleh teman-teman satu sekolah yang dengan tulus memberikan doa dan support. Kepada kepala sekolah struktur dan teman-teman semua jazakumullah atas doa dan semunya.

 

Belajar di RRI Kelas Tambahan

 

Satu jam sebelum acara dimulai saya sudah berada di dapur RRI Pro 2 Bengkulu. Nerves itu tetap ada. Ketakutan melakukan kesalahan itu masih sangat terasa. Gugup ya, iya. Saya masih saja gugup entah kenapa, mungkin karena jarang ke dapur ya hehe.

 

Saya ngobrol santai dengan host hari ini mba Vivi yang akan memandu acara belajar di RRI kelak. Rule acara Alhamdulillah sudah saya pahami, yakni mengajar full salama 1 jam kedepan dari pukul 10.00 - 11.00 wib. Selama mengajar berlangsung ada satu kali break dan memutar lagu pilihan. Setelah break selesai dilanjutkan dengan materi hingga tuntas dan jika ada diskusi kita akan diskusi atau ditutup langsung oleh host hari ini. Acara selesai. Fiks itu saja. Rule nya tidak ada perubahan. Namun kali ini ternyata, ppt saya bakal ditampilkan di streming youtube RRI NET BENGKULU Nah lho hehe.

 

Ini lho suasananya saat saya mengajar kali ini, simak dengan baik ya kalau ada yang mis abaikan saja itu hehe

 



dan berikut materinya ya semoga bermanfaat




Alhamdulillah singkat cerita saya bersyukur kepada Allah SWT yang telah menuntun lisan ini sehingga dapat menyampaikan kebaikan walaupun sedikit. Saya berdoa semoga ini menjadi sebuah ladang pahala untuk kami semua, bermanfaat untuk banyak orang dan tentunya semoga diberkahi oleh Allah SWT.

 

Selesai acaranya ada dokumentasi hehe

Kita foto-foto sama petugas RRI hari ini.

 

Penyerahan Sertifikat Penghargaan


Melalui ini juga saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada LPP RRI Pro 2 Bengkulu wabil khusus Kepala LPP RRI Bengkulu Bapak Adyi Ivan, S.I.Kom. Host Intan dan Host Vivi bang Dayat. Yayasan Al Fida wabil khusus Bapak Dr. Dani Hamdani, M.Pd. senantiasa mensupport kami semua. SDIT Iqra`1 Kota Bengkulu dalam hal ini Ibu Kepala Sekolah Merianah, M.Pd. Struktur sekolah. Tim Solid kelas 5 SDIT Iqra`1 Kota Bengkulu. Semua rekan-rekan teman-teman hebat ust ustadzah keren Baarakallahu fikum jaamiian.

Khusus untuk Bidadari Surgaku yang sibuk bener saat ini, suskes selalu ya selalu berkarya dan menginspirasi banyak orang. Lancar dan berkah kariernya, mahasiswanya jangan digalakin hehe #becanda, aslinya luar biasa 'Ngamong' mau dong jadi mahasiswanya hehe biar bimbingan terus. Terima kasih jazakumullahu atas doa dan supportnya yang tak bertepi. Baarakallahu Fik.

Oh iya ini nih lagu yang tadi diputer sebentar di RRI hehe

kepoin juga ya




Sunday, 20 September 2020

Review Webinar Liksitera Bagaimana Cara Memaknai Puisi Kuliah Puisi Dr.Irfan Hidayatullah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh



Alhamdulillah puji dan syukur kehadirat Allah SWT Sholawat dan salam semoga tercurah untuk kudwah hasanah Rasulullah Muhammad SAW. Allahumma Shalli Ala Muhammad wa ala Ali Muhammad.

Kali ini saya akan review kegiatan Liksitera. Apansih Liksitera? Liksitera adalah singkatan dari Bilik Puisi Sumatera. Saya sudah bergabung sejak tahun kemarin dan tahun ini adalah tahun kedua saya sejak empat tahun lalu dibuka. 

Dengan ide dari sekumpulan anggota pengurus FLP se-Sumatera akhirnya Liksitera berhasil menghimpun hingga puncaknya tahun ini diikuti ratusan peserta se-sumatera. 

Beragam kegiatan disediakan oleh PU atau Penanggungjawab Umum. Setiap tahun PU bergantian untuk mengomandoi rekan-rekan se-Sumatera. Jika di tahun 2019 kemarin digawangi oleh FLP Sumatera Selatan dengan PU kak Nani Sahriani dan mengangkat tema Robusta Sumatera, maka tahun 2020 ini dikomandoi oleh Lampung dengan PU kak Desma Haryanj dan Idrus Mustafa atau Turbadur Lampura dan mengangkat tema Kuliner Sumatera. 



Nah pada kesempatan ini, dalam rangkaian kegiatan selain setor puisi pada waktu yang telah ditentukan, ada juga kuliah berkala. Tadi malam Sabtu, 19 September 2020 pukul 20.00 - 22.50 wib semua mendapat kuliah khusus bisa dibilang kelas khusus ya, dengan tajuk Bagaimana Cara Memaknai Puisi yang disampaikan langsung oleh pakar di bidangnya bang Dr. Ifran Hidayatullah. Acaranya berlangsung lancar dan keren berkah buat semua penghuni room deh Aamiin.

Pemaparan materi disampaikan dengan cermat sebelum dilakukan forum diskusi. Aara yang berlangsung virtual zoom ini juga disiarkan langsung di akun YouTube FLP. Di akhir acara bang Irfan panggilan akrab Dr. Irfan membuat sebuah lagu dari salah satu puisi dadakan para peserta malam ini. Keren lagunya.



Lebih cermat berikut adalah materi lengkapnya silakan disimak.


Dan berikut adalah beberapa dokumentasi para peserta webinar yang diikuti 40an anggota Liksitera juga oleh beberapa perwakilan berbagai Provinsi FLP di Indonesia















Jazakumullahu kang Irfan atas ilmu yang bermanfaat dan untuk semua kontribusi panitia dan peserta di webinar ini semoga berkah Aamiin.


Friday, 18 September 2020

Kelas 5 SD Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia

Alhmdulilah kali ini kita akan mempelajari materi Kelas 5 SD Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia


Ciri makhluk hidup adalah bergerak.        

  Bergerak adalah berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh.

  Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.

  Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak.

  Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot.

  Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

  Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya.

  Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada manusia dan hewan akan diam dan tidak dapat membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya.

  Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.

  Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnya dapat bergerak. Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.

  Fungsi utama kaki pada kelinci adalah untuk bergerak. Kelinci bergerak dengan meloncat menggunakan kaki. Kaki belakang kelinci lebih kuat dan panjang dibandingkan dengan kaki depannya.

  Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh hewan air adalah bentuk rudal. Bentuk tubuh ini memungkinkan ikan meliuk ke kiri dan ke kanan. Bentuk tubuh yang seperti ini juga berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air.

  Ikan memiliki gelembung renang dalam tubuhnya yang berguna untuk mengatur gerak naik dan turun.

  Ikan memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong gerakan ekornya di dalam air.

  Sebagian besar ikan menggunakan gerak tubuh ke kanan dan ke kiri bersama dengan sirip ekornya untuk menghasilkan gaya dorong ke depan.

  Ikan yang bergerak dengan sirip samping dan sirip tengah cocok hidup di terumbu karang.

  Jenis ikan ini tidak dapat berenang secepat ikan yang menggunakan tubuh dan sirip ekornya.

  Karakteristik Kelinci: a. vertebrata b. gerakannya lincah dan cepat c. berpindah tempat dengan berlari, berjalan, dan meloncat.

  Karakteristik siput: a. avertebrata b. gerakannya lambat c. berpindah tempat seolah-olah merayap.

  Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan.

  Siput memiliki pertahanan diri yang baik dalam beradaptasi dengan lingkungan dan mempertahankan diri dari serangan predator.

  Serangga sebagai satu-satunya hewan avertebrata yang bisa terbang.

  Kupu-kupu bisa terbang sejauh ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat ketika musim dingin tiba.

 

Subtema 1 Organ Gerak Hewan



Subtema 2 Manusia dan Lingkungn



Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya



Selamat belajar dan silakan kerjakan tugas yang ada di akhir setiap video ya. 

Sukses selalu dan bahagia.

Wassalamuaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Soal-soal

 

1. Bergerak, makan, dan peka terhadap rangsangan adalah salah satu dari ….

a. Ciri makhluk hidup
b. Kelemahan makhluk hidup
c. Makanan makhluk hidup
d. Tugas makhluk hidup

Makhluk hidup adalah organisme yang bisa menyesuaikan dan bertahan dari perubahan lingkungannya. Makhluk hidup memiliki ciri-ciri yaitu bernafas, bergerak, makan, peka terhadap rangsangan, tumbuh dan berkembang biak, adaptasi, dan bernafas. Sehingga jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah A. Ciri makhluk hidup.

2. Hewan memiliki organ gerak bergantung jenis spesies dari hewan tersebut. Fungsi organ gerak pada hewan di antaranya adalah ….

a. Tidur
b. Berjalan
c. Hibernasi
d. Melihat

Hewan memiliki organ gerak sesuai dengan spesiesnya seperti singa dengan kaki, dan burung dengan sayap. Organ gerak pada hewan berfungsi sebagai alat gerak seperti berjalan, melompat, dan terbang. Sehingga jawaban yang tepat untuk jawaban di atas adalah B. berjalan

3. Hewan memiliki organ gerak yaitu organ gerak aktif dan organ gerak pasif. Manakah di bawah ini yang termasuk ke dalam organ gerak pasif pada hewan ….

a. Otot
b. Gigi
c. Tulang
d. Daging

Hewan memiliki dua jenis organ gerak yaitu organ gerak pasif dan organ gerak aktif. Organ gerak pasif adalah organ gerak pada tubuh yang tidak bisa bergerak sendiri dan memerlukan organ aktif untuk menggerakkannya. Organ gerak pasif pada hewan adalah tulang. Sehingga jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah C. Tulang

4. Manakah pilihan di bawah ini yang tergolong ke dalam hewan dengan cara bergerak berupa melompat ….

a. Katak dan kerbau
b. Burung dan bebek
c. Kelinci dan harimau
d. Kanguru dan katak

Berikut ini cara bergerak pada hewan di atas:

Katak adalah hewan yang bergerak dengan cara melompat

Kerbau dan Harimau adalah hewan yang bergerak dengan cara berlari dan berjalan

Kelinci adalah hewan yang bergerak dengan cara melompat

Kanguru adalah hewan yang bergerak dengan cara melompat

Sehingga jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah d. Kanguru dan katak

5. Manakah unggas di bawah ini yang termasuk hewan-hewan yang dapat bergerak menggunakan sayap ….

a. Burung Elang
b. Ayam
c. Burung Gelatik
d. Burung Merpati

Burung Elang, Burung Gelatik, dan Burung Merpati adalah unggas yang menggunakan sayapnya untuk terbang atau bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya. Sehingga jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah B. Ayam

6. Otot adalah organ gerak aktif yang berada di dalam tubuh. Sebagai organ gerak aktif, dimanakah letak otot di dalam tubuh ….

a. Gigi
b. Kulit
c. Darah
d. Tulang

Otot adalah organ gerak aktif yang ada di dalam tubuh dan melekat pada tulang dikarenakan otot berfungsi untuk menggerakkan tulang. Sehingga jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah D. Tulang

7. Manakah hewan di bawah ini yang termasuk kategori insekta atau serangga ….

a. Kupu-kupu
b. Buaya
c. Paus
d. Kera

Kupu-kupu adalah salah satu jenis insekta atau serangga yang berasal dari ordo Lepidoptera. Sehingga jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah A. Kupu-kupu

8. Manakah hewan di bawah ini yang tergolong ke dalam jenis vertebrata ….

a. Katak, buaya, dan kura-kura
b. Cacing, Siput, kodok
c. Burung, Ular, cacing
d. buaya, cacing, siput

Vertebrata adalah jenis hewan yang memiliki tulang belakang. Katak, Buaya, dan kura-kura adalah hewan yang memiliki tulang belakang. Sehingga jawaban yang tepat adalah A. Katak, buaya dan kura-kura

9. Siput adalah hewan yang tergolong avertebrata dengan kelas gastropoda. Apakah karakteristik dari siput?

a. Tidak mempunyai tulang belakang
b. Bernafas dengan insang
c. Mempunyai rangka tengkorak
d. Mempunyai organ gerak berupa sirip

10. Bergerak adalah salah satu dari ….
a. Ciri makhluk hidup     
b. Kelemahan makhluk hidup   
c. Makanan makhluk hidup
d. Tugas makhluk hidup


Kelas 5 SD Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan

Alhamdulillah kali ini kita akan mempelajari materi Kelas 5 SD Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan 



Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih



Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan


Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia


Di akhir materi ini silakan kerjakan soal-soal berikut dengan baik dan benar. Ikuti petunjuk yang telah disampaikan sebelumnya.




Tuesday, 15 September 2020

MAHASISWA KEREN AYO IKUTI LOMBA ESAI NASIONAL ONLINE TINGKAT MAHASISWA TAHUN 2020 BERHADIAH LAPTOP



Hidup Mahasiswa!

Kalimat ini seringkali kita dengar saat-saat tertentu, misalnya demo atau ketika Orientasi Mahasiswa Baru di kampus. Demo kerap dibayangi dengan stigma negatif. Namun sebenarnya tidak semua demo itu terkesan negatif dan seperti yang dibayangkan secara umum. Demo bisa dikatakan salah satu cara yang ampuh mewakili apa yang ingin disampaikan melalui beragam aksi.

Nah bagi kalian Mahasiswa yang keren di abad ini, kita sekarang dalam situasi-situasi yang sangat sulit. Demo di jalanan tidak mungkin kita lakukan mengingat harus mematuhi protokoler kesehatan yang telah ditentukan. Bagaimana cara kita berkontribusi melawan Covid-19 dengan menyuarakan pendapat melalui ide dan gagasan cemerlang ke publik.

Inilah kesempatanmu untuk menulis karya ilmiah dalam ajang Lomba Esai Nasional Online Tingkat Mahasiswa Tahun 2020

Jurusan Sosiologi Universitas Bengkulu mempersembahkan Lomba Esai Nasional Online Tingkat Mahasiswa Tahun 2020



TEMA: Kontribusi Civitas Akademi dalam Upaya Penanggulangan Pandemi COVID-19

Sub Tema: 

Kesehatan

Teknologi

Sosial Budaya

Hukum dan Politik

Lingkungan

Ekonomi

Pendidikan


Formulir Pendaftaran Esai Online Nasional:

https://bit.ly/ESAIJURSOS2020

Buku Panduan Esai  Online Nasional: 

https://bit.ly/BUKUPANDUANESAIJURSOS2020

Seluruh peserta yang mendaftar dan mengumpulkan karya akan mendapatkan E-sertifikat.

Contact Person: 

Okta:  (telp/WA  085268956151) 

Sartika:  (telp/WA 082282732998) 

Annisa:  (telp/WA 0822-2502-3383)


Tunggu apalagi buaruan persiapkan diri kamu sekarang.

Untuk info lebih lanjut, silahkan kepoin akun medsos di bawah ini!

FB:  jurusan sosiologi UNIB

IG:  @jurusansosiologiunib

YouTube: sosiologi FISIP UNIB

Email : lombaesaijursos@gmail.com


#BobexSosiologiUnib



Friday, 11 September 2020

Baca Berita di RRI Nginap di Tanah Patah


Hari itu tepatnya adalah hari pertamaku di kelas S1 seingatku Agustus 2005. Lantai 3 GKB 3 atau Gedung Kuliah Bersama (pada ga tahu kan kalau ga dibuat kepanjangan) FKIP UNIB (anak MIPA fisika room 21) harusnya aku duduk paling depan hari itu. Tapi aku memilih bangku tribun paling-paling atas (sengaja diulang) di auditorium RRI Bengkulu. Penasaran? Simak kisah berikut ini.


Sebelum tamat SMA aku memanfaatkan KTP yang baru didapatkan sejak beberapa bulan yang lalu. 

Persiapan satu dua buah lagu untuk di dunia kampus nanti sudah kupelajari dengan baik, ciee. Iya, lirik, momentum, penghayatan dari lagu Ada Band dengan judul Yang Terbaik Bagimu menjadi pilihan setelah sekian banyak gandre weleh weleh hehe aku pelajari hahaha. Sebenarnya ini lagu ada di sebuah komputer dalam bentuk file MP3, maaf bukan di disket 700MB ya hahaha dan warna suara dari Doni pas dengan suaraku hehe. kebalik mas bro wkwk🤣

Lagu lainnya aku dapat darimana coba? sudahlah jangan ragu untuk diunggkapkan, jiwa mudaku waktu itu ingin melepas penat dengan bersyair tipis tipis hehe. Aku membeli sebuah tape recorder sederhana di pasar Panorama. Aku jadi tahu beberapa stasiun radio swasta di kota Bengkulu. lagu-lagunya macem-macem. Tapi aku tidak terlalu sering mendengarkan. Faktanya kebanyakan lagu anak muda pada mirip-mirip semua, kalau tidak putus cinta, galau ada saja lirik tikung menikung hahaha. Iya dari pengalaman berselancar di dunia per-radioan, aku memilih Ada Band. Kenapa ga Nasyid? ga pedean🤭.

Aku juga tahu akhirnya ada yang memikat hati cielah, siaran dari Radio Pemerintah iya RRI. Aku juga akhirnya tahu siaran berita dari Pro 3 Jakarta yang sering dibawakan Kak Maulana mantan pelatih Paskibra kami di Kota Bengkulu. Berita pukul 11.00 wib dengan salam olahraga juga kerab mengisi hari ahadku. 

Wah sudah panjang lebar ya kemana-mana. Fokus-fokus.

Jadi aku juga sering menyimak berita pagi pukul 06.00 wib di frekuensi lokal FM Bengkulu. kebiasaan pagi ini akhirnya "membius" dengan sebuah kabar bahwa akan diadakan kontes event atau apalah waktu itu namanya. RRI Pro 1 Bengkulu sedang mencari bakat-bakat penyiar radio. Syaratnya punya KTP dan uang daftar 10rb waktu itu ga ada 10k. Otomatis aku mau daftar lah. Tujuannya untuk apa coba? uji nyali dan mujur kepilih bisa duduk manis cuap-cuap di dapur, aku pikir hahaha.

Jauh dari rencana masuk kuliah hari pertama. Pendaftaran lomba membaca berita di RRI saat itu benar-benar membuatku penasaran dan penuh semangat untuk mengikuti. Daftarnya pas aku masih SMA pelaksanaan saat aku pas masuk kuliah hari pertama. 

Hingga tiba hari H lomba.

Sebenarnya aku sudah siap ngampus. Sepatu, celana dasar ya hahaha, kemejaan pastinya, ga pake kaos kera ya dan sebuah tas. Tapi tekadku juga sudah bulat, mampir ke RRI, Wajib. Tidak ada tawar menawar lagi, dan grogiku muncul saat memasuki ruang seni teater, miriplah. Auditorium RRI kalau tidak salah ya, sudah penuh sesak guys. Dilihat-lihat wajahnya kok ini pada senior semua ya, dengar-dengar obrolan jelas sekali kalau disini kebanyakan mahasiswa sepintas mereka adalah mahasiswa Bahtera, Bahasa dan Sastra UNIB. 
Auditorium tampak luar

Latar belakang peserta lainnya aku kurang tahu. Aku fokus saja bagaimana teknik membawakan berita di radio beda dengan membawakan berita di tv. Itu saja modal, ingat ini semuanya direm biar fokus. Pesertanya ratusan guys, performa mereka juga secara visual sangatlah meyakinkan. lagi-lagi ini radio, kekuatan suara bukan penampilan visual bukan tipi gengs, hehe🤣.

Aku melipir duduk paling belakang. Tahu kan tempat paling belakang? paling atas, biar pede kalau clingak-clinguk soalnya di bangku depan sudah penuh, banyak kaum hawa yang mengisi.

Kami semuanya mengikuti tata tertib perlombaan dengan baik. Setelah semua disampaikan kita mendapatkan satu nomor undian. Kalau tidak salah aku mendapatkan undian nomor 90 untuk peserta kaki-laki. Jadi pesertanya dibedakan antara laki-laki dan perempuan guys. Kalau aku sebut waktu itu, ruang kecil itu kusebut tabung. Ada pintu, dinding kaca, lupa Mike nya berdiri atau digantung ya, atau di atas meja. Di atas meja sepetinya karena naskahnya saya ingat dilekatkan di atas sebuah meja saat dibacakan. Kami diberikan kesempatan membacakan dua berita utama. Satu berita umum dan satu berita olahraga. Subhanallah ini yang sering saya dengar selama ini.
Tampak samping di dekat mushala Annisa

Entah kenapa saya punya feeling jika akuhtu bisa mengalahkan diri sendiri atas dasar penasaran mampu ga baca berita radio? lah kalau baca berita tv kan acara 17 di sekolahan..hehe. Nah kembali ke topik, beruntung juga aku tidak dipanggil diurutkan awal. Nomkr kita dipanggil acak jadi semuanya harus siap jika dipanggil. Tiga kali dipanggil tidak muncul diskualifikasi. Bayangkanlah guys, jumlah kita ratusan dan baca 2 berita itu cukup membutuhkan waktu.

"Tepat pukul enam waktu Indonesia barat, Radio Republik Indonesia Bengkulu dengan warta berita dibacakan oleh Efri Deplin" Kalau tidak salah begini ya pembukanya. Ga bakal nemu angka, pakai jedah garis miring dan inti berita dibacakan setelahnya. Sudah lama ga dengar Radio guys. Ingat-ingat lupa akuhtu. 

Berita kedua aku membacakan berita kemenangan salah satu pembuluh tangkis kelas dunia dengan skor rubber set atas nama siapa ya lupa juga, udah lama sih, 15 tahun yang lalu haha.

Nah ini acara berlangsung dari pagi sampai sore baru diketahui pemenangnya. Secara semua bisa melihat dan mendengar dari balik kaca dan suara yang keluar dari Audio di dalam ruangan. Jika bagus, selain dewan juri kami semua bisa tahu siapa saja yang bagus-bagus. Jika ada salah satu kata atau gugup kita semua juga pada tahu. Peserta seakan diadili oleh peserta lainnya benar-benar menengangkan.

Beruntung aku bisa belajar dari kegugupan peserta yang tampil duluan, bisa belajar dari cara duduk tenang sebelum tanda dimulai ditekan, dan satu lagi jarak Mike dengan bibir, bukan mulut ya, bibir. Secara mikenya sensitif banget guys. Suara kita bening sembiriwing. Alhamdulillah aku mulus tanpa gugup. Yakin lolos? belum karena peserta lainnya cukup bagus. Tapi ada juga yang aku pikir bagus ternyata pada saat tampil tadi dianya "maaf, maaf" diulang lagi dan lagi. Kasian dia kayak frustasi, mungkin dia benar-benar pingin menang. Akuh sih ga beban memang.

 Pengumuman Pemenang ke Babak Final

Seingatku sekitar pukul 17san diumumkan siapa saja yang berhak masuk ke babak selanjutnya. What? jadi tadi penyisihan? oh my God. Iya benar ada babak selanjutnya yang disebut dengan final. Waduh sepertinya aku ga bakalan masuk ini, sudah sore perutku juga mulai keroncongan guys. Maklumilah kantong mahasiswa baru wkwk apa adanya. Ya sudah kita dengarkan saja pengumuman. Sekali lagi akutuh antusias bener dengan event ini untuk mengalahkan diri sendiri dari ketakutan dan meyakinkan akuhtu juga bisa bersaing. Ga muluk-muluk.

Saat tiba dewan juri memegang mike untuk pengumuman, suara di auditorium ini sejenak menjadi hening. Juri menyampaikan bahwa akan diambil sebanyak 10 pemenang dari tiap kategori, yakni 10 laki-laki dan 10 perempuan. Babak final akan dilaksanakan segera setelah Jedah istirahat shalat magrib isya. (Seingatku begitulah). Bahan materi akan diberikan saat akan dimulai babak final nanti.


"Yang berhak mengikuti ke babak final kategori pria dengan nomor" deg degan. Iya namaku dipanggil pertama kalinya. Aku masuk diantara 10 orang yang dinyatakan berhak ke babak final. Alhamdulillah wadai.. masa iya sih haha🤣. Didapatlah 20 orang terbaik, 10 laki-laki dan 10 perempuan. Kami bakal tampil lagi nanti malam langsung malam ini.

Aku mulai gelisah mau pulang ke kost tanggung tidak pulang amunisiku habis. Akuhtu ga ada kenalan satupun disini benar-benar ini anak apa maunya sih wkwkwk. Tenang guys nanti aku ceritain kisah selengkapnya ya.

Aku akhirnya beli lotek bareng peserta lainnya di seberang jalan, oh iya dekat dengan Bima 2000 sekarang. Ada Karbo juga ada sayuran. Aku biasanya makan dengan sayur mayur, daun hijau. Alhamdulillah cukuplah mengisi tenaga. Saatnya tiba aku merasa kurang percaya diri karena sainganku bukan sembarangan, kabaranya mereka dedengkot dan keluar masuk dapur studio. weleh.. berani jalan kedepan saja mujur akunya.

Entah faktor apalagi, apakah malam yang sudah dingin menusuk kulit atau rasa lapar yang kembali mendera atau grogi di depan dengan sedikitnya nominator di dalam room ini. Aku keseleo lidah saat membacakan tulisan dengan ejaan Inggris guys. Terasa sekali groginya, mungkin kali ini aku sudah menaruh beban pemenang dalam event ini tidak seperti di awal tadi. (Belajar ya dari sini guys). Kami tidak boleh meninggalkan lokasi sampai semua peserta selesai tampil. Pengumuman akan disampaikan saat berita pagi pukul 06.00 wib besok.

Nginap di Tanah Patah

Tak ayal, malam sudah semakin larut. Mungkin belum terlalu malam ya tapi saat di depan gerbang RRI aku perhatikan tidak ada angkot satupun yang lewat. Aku sempat berfikir akan jalan kaki saja ke Timur Indah. Hampir saja aku putus asa dan tanpa disangka-sangka ada satu peserta cewek yang menyapa. Dia bareng bapak dan ibunya kali dia dijemput ya sama Bapaknya. Singkat cerita, "Ya sudah nginap saja di rumah" tawar ibunya. Kok percaya langsung begitu saja sama akuh, kali good looking ye akuhnya hehe. Awalnya aku nolak, tapi ga ada lagi pilihan hari benar-benar sudah larut.

Ternyata rumahnya tidak jauh dari sini. Tanah Patah sebelah kiri masuk agak ke dalam gang ke kiri dan agak menurun, maklum malam hari jadi kurang jelas terlihat. Setelah sampai kami semua masuk ke rumah. Aku masuk setelah ditawarkan masuk, karena keramahan keluarga ini aku jadi tidak segan bersih badan dan ternyata disediakan pakaian ganti celana pendek dibawa lutut dan oblong. 

Karena hari sudah hampir larut kami tidak lama ngobrol kenalanlah sedikit, tapi maaf saya lupa bener dengan nama keluarga ini. Lupa namanya lupa juga lokasi persisnya. Setelah minum teh si Bapak mempersilahkan aku tidur di kamar depan di kamar Abang nya di cewek tadi, ada kasur busa satu di lantai. Aku tidur disana. Pesan beliau tidak perlu dipikirkan pengumuman besok pagi itu. Maksudnya kalau memang juara pastilah tidak akan tertukar.

Pagi menjelang aku berkemas dan bersiap-siap berangkat ke kampus dan berpamitan. Aku juga tidak berharap menang dari lomba kemarin dan tadi malam. Aku sempat sarapan bersama di Bapak lagi, kami ngobrol santai dan benar kabaranya namaku dan nama anaknya si cewek itu ga ada di kabar pagi pukul 06.00 tadi. Akumah santai.

Beliau berangkat kerja aku juga berpamitan untuk naik angkot hijau menuju UNIB, ngampus oi hehe dan tidak lupa mengucapkan terima kasih atas kebaikan beliau dan keluarga memberikan tempat istirahat malam tadi. Kisah terakhir ini seperti mimpi, benaran.

Beberapa hari kemudian aku kembali lagi ke RRI, kira-kira ada apa ya?



Selamat Hari Jadi RRI 11 September 1945 - 11 September 2020

4 Tips Donor Darah Saat Puasa

Donor darah menjadi trend gaya hidup sehat masa kini. Selain memenuhi kebutuhan hidup para penggunanya, donor darah menjadi sebuah kebutuhan...