Skip to main content

Langkah-langkah Menulis Cerpen


Langkah-langkah Menulis Cerpen 

Menulis merupakan aktifitas yang sering dilakukan siswa. Setiap hari siswa di sekolah melakukan kegiatan menulis, entah itu menulis di buku ataupun di papan tulis. Baik itu menuliskan tugas di sekolah atau benar-benar belajar menulis cerpen.

Namun dalam kesempatan yang terbatas sejak diberlakukan pembelajaran jarak jauh siswa memiliki keterbatasan untuk melakukan kegiatan menulis. Padahal menulis merupakan kebutuhan pokok dalam mengikat ilmu.

Nah, apa saja langkah-langkah untuk produktif menulis cerpen dari rumah selama proses pembelajaran jarak jauh berlangsung. Berikut langkah-langkah untuk produktif menulis cerpen yang dapat dilakukan di rumah selama dimasa pembelajaran jarak jauh.

Baca Juga: Karya dan Penghargaan Efri Deplin di bidang Literasi

1. Menentukan Tema

Tema merupakan hal utama yang harus ditentukan terlebih dahulu. Tema adalah gagasan pokok atas ide utama. Tema bisa ditentukan misalnya tentang Sekolah, Sahabat, Hobi dll.

2. Menentukan Jenis Cerpen

Cerpen apa yang ingin ditulis? Cerpen jenaka, drama, misteri, religi, horor atau drama komedi? jika jenis cerpen religi yang akan ditulis maka fokuskan pada cerpen religi saja.

Alur pada cerpen juga ditentukan disini, ada 3 alur dalam membuat cerpen. Maju, Mundur dan Campuran.
Alur maju bercerita dari awal hingga akhir. Alur mundur bercerita dari akhir menuju awal. Alur campuran bercerita acak antara bercerita dari awal ke depan dan dari akhir menuju awal cerita.

3. Menentukan Segmen

Segemen sangat penting untuk ditentukan. Apakah cerpen ini untuk anak-anak, renaja atau dewasa. Menulis cerpen buat anak-anak jelas tidak sama dengan menulis cerpen untuk remaja, apalagi untuk dewasa. Nah siswa SD cenderung biasanya menulis cerpen untuk anak-anak usia mereka dan segmen remaja.

4. Menentukan Tokoh dan Sifat Tokoh

Menentukan tokoh dalam sebuah cerpen sangat penting. Kita harus menentukan tokoh utama dan tokoh pembantu. Tokoh utama nanti akan mendominasi di dalam cerpen dan akan dibantu perannya oleh tokoh pembantu lainnya.

Sifat Tokoh juga demikian harus diperhatikan. Apakah protagonis atau baik atau antagonis atau jahat. Kedua sifat ini penting dimunculkan untuk membuat adegan konflik yang akan dimuat di dalam cerpen.

5. Menentukan Konflik

Konflik disebut juga dengan masalah. Dalam sebuah cerpen harus mencantumkan sebuah masalah. Ingat cerpen hanya memiliki satu masalah pokok saja dan jangan bertele-tele untuk disampaikan. Dari konflik yang dibuat dimasukkan juga pesan-pesan atau nilai-nilai yang dapat diambil dalam sebuah konflik. Misalnya adalah konflik antara dua sahabat yang berselisih paham dan lain sebagainya.

6. Menentukan Ending

Menentukan Ending sebuah cerpen sangatlah penting. Cerpen yang ditulis harus memuat penyelesaian dari konflik atau masalah yang timbul di dalam cerpen. Akhir yang menyedihkan dan membuat baper, atau ending bahagia dan membuat tersenyum.

7. Menentukan Judul

Judul cerpen dibuat minimal 2-5 kata. Judul cerpen sangat penting dibuat sebagai identitas. Judul yang baik menggambarkan isi cerpen yang dibuat. Mengkombinasikan kata sifat dan kata benda juga menjadi startegi dalam menentukan judul cerpen. Contoh misalnya kata benda "Jendela" kata sifat "Baik" maka judul yang dapat dituliskan adalah "Jendela Kebaikan" dimana cerpen tersebut berisikan tentang kesempatan berbuat baik kepada teman dan sekeliling kita.

Baca Juga: Buku Lima Jendela Karya Terbaik siswa SDIT Iqra'1 Kota Bengkulu

Nah inilah langkah-langkah dalam menulis cerpen. langkah-langkah di atas tidak mutlak harus dilakukan secara berurutan. Namun semuanya harus terpenuhi untuk menunjukkan cerpen yang kita buat menjadi utuh dan enak dibaca.

Selamat mencoba.

Comments

Popular posts from this blog

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN
Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya.
1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: :
a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain.
b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu.
c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya.
d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebagainya. Teruskanlah la…

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI


SILSILAH 25 NABI

Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin.

1. ADAM AS.
Nama: Adam As.
Usia: 930 tahun.
Periode sejarah: 5872-4942 SM.
Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab.
Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan.
Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.
.
2. IDRIS AS.
Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As.
Usia: 345 tahun di bumi.
Periode sejarah: 4533-4188 SM.
Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis).
Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga.
Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.
.
3. NUH AS.
Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak.
Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. ⇒ Matusyalih ⇒ Lamak ⇒ Nuh As.
Usia: 950 tahun.
Perio…

SOAL POST-TEST PKP

Soal-soal di bawah ini merujuk akan soal-soal post test yang didapat dari link. Untuk memudahkan marinkita belajar bersama semoga Lulus semua ya Aamiin
SOAL POS-TESTA. Pilihan Ganda

PetunjukPengisian: Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan : Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik. Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka … (1), (2), dan (3)  (1), (2), dan (4)  (1), (3), dan (4)