Saturday, 31 August 2019

3 Makna Hijrah Dalam Al-Qur'an




Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT dan shalawat salam semoga tercurah untuk junjungan kita nabi Muhammad SAW. Allahumma shali ala Muhammad wa ala Ali Muhammad.

Hijrah dapat memiliki arti berpindah. Berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lain. Itulah makna paling dasar dalam memaknai sebuah kata hijrah. Dalam ilmu fisika Perpindahan itu sendiri adalah perubahan posisi suatu benda. Berpindah dari titik nol menuju suatu titik lainnya. Namun dalam Islam makna berpindah yang erat hubungannya dengan hijrah dikemas dalam untaian makna yang dalam memiliki pesan spiritual dari Al-Qur'an.

3 Makna Hijrah

Pertama, hijrah secara fisik seperti disebutkan dalam ayat: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berji­had dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat ke­diaman dan pertolongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itu satu sama lain lindung-melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman, tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikit pun atasmu melindungi mereka, sebelum mereka berhijrah." (Q.S. al-Anfal/8:72). 

Kedua, hijrah juga berarti melakukan pemi­sahan secara psikis, sungguhpun masih tetap berdekatan secara fisik, seperti diungkapkan da­lam ayat: "Dan bersabarlah terhadap apa yang mereka ucapkan dan jauhilah mereka dengan cara yang baik". (Q.S. al-Muzzammil/73:10). Secara fisik masih bergaul tetapi secara psikis dan kultural sudah berbeda. Ayat serupa juga dikatakan: "Berkata bapaknya: Bencikah kamu kepada tuhan-tuhanku, hai Ibrahim? Jika kamu tidak berhenti, maka niscaya kamu akan kura­jam, dan tinggalkanlah aku buat waktu yang lama". (Q.S. Maryam/19:46). Secara biologis antara ayah dan anak tidak bisa dipisahkan tetapi secara psikologis bisa saja antara ked­uanya berjauhan, seperti yang ditunjukkan Nabi Ibrahim dengan bapaknya, yang terkenal bukan hanya penyembah berhala tetapi pembuat ber­hala untuk disembah orang lain. 

Ketiga, hijrah berarti pemisahan secara spiritual. "Dan perbuatan dosa tinggalkanlah". (Q.S. al-Muddatsir/74:5). Dalam ayat lain: "Dan orang-orang yang berhijrah kepada Allah sesudah mereka dianiaya, pasti Kami akan memberikan tempat yang bagus kepada mereka di dunia. Dan sesungguhnya paha­la di akhirat adalah lebih besar, kalau mereka mengetahui". (Q.S. al-Nahl/16:41). "Maka Lut membenarkan (kenabian) nya. Dan berkata­lah Ibrahim: Sesungguhnya aku akan berhijrah kepada Tuhanku; sesungguhnya Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana". (Q.S. al-'Ankabut/29:26). 

Demikianlah ulasan mengenai makna hijrah yang tertuang dalam Al-Qur'an. Semoga memberikan pencerahan dan wawasan untuk m nambah pundi-pundi kebaikan. Aamiin

Semoga Allah SWT mudahkan langkah kita untuk selalu berbuat kebaikan dan bertaubat atas segala kesalahan dan kekeliruan yang pernah kita lakukan, baik disengaja maupun yang tidak kita sengaja. 

Ya Rabb jagalah hati-hati kami senantiasa cenderung tunduk dan patuh hanya padaMu. Aamiin

Baca juga: Doa-doa Akhir Tahun dan Penutup Tahun Hijriah

No comments:

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga menginspirasi jangan lupa tulis komentarmu di kolom komentar dan dapatkan informasi terbaru di setiap postingan. Jangan lupa follow akun Instagram @efrideplin dan Twitter @efrideplin87 juga YouTube Efri Deplin. Terima kasih semoga menginspirasi.

Puasa Arafah

Puasa Arafah Puasa Arafah adalah puasa pada Hari Arafah, yaitu hari kesembilan dari bulan Dzulhijjah. Puasa ini sangat dianjurkan b...