Skip to main content

Donor Darah dan Syarat Yang Harus Dipenuhi

Alhamdulillah..
Pagi menjelang siang ini saya berkesempatan mengantar pendonor darah buat buah hati tercinta M.Abdullah Basfar. Kak Bambang dengan percaya diri masuk ke ruang PMI dan check kesehatan sebelum darahnya di donorkan. 
Saya di PMI Bengkulu

Syarat-syarat donor darah:

Umur minimal 17 tahun. Di usia ini, perkembangan tubuh telah sempurna. Sehingga, mendonorkan darah tidak mengganggu sistem kerja tubuh

Berat badan minimal 45 kg. Kurang dari itu, pengurangan darah dikhawatirkan akan mengganggu keseimbangan sistem kerja tubuh.

Temperatur tubuh normal, antara 36,6 - 37,5 derajat Celsius.

Tekanan darah normal, yaitu sistole 110 - 160 mmHg, diastole 70 - 100 mmHg.

Denyut nadi teratur, yaitu sekitar 50 - 100 kali/ menit.

Haemoglobin wanita minimal 12 gram%, pria minimal 13 gram%.

Frekuensi donor darah maksimal 5 kali setahun, atau berjarak minimal 3 bulan.

Pada saat darah berhasil diambil harus dicek lagi untuk mengetahui bebas atau tidaknya darah tersebut dari berbagai jenis penyakit. 

Menurut kak Iyan petugas Unit Transfusi Darah PMI Bengkulu
di PMI Bengkulu dilakukan dengan menggunakan Repid. Repid adalah alat untuk pengecekan darah (penyakit yang menular melalui darah) hasilnya akan terbaca atau dapat terlihat apabila bibit penyakit dalam darah sudah mencapai 1 % di dalam darah yang didonorkan. Pada saat ini UTD PMI Bengkulu sudah menggunakan alat baru bernama CLIA. Melalui CLIA bibit penyakit dalam darah bisa terdeteksi jauh lebih akurat bahkan bisa membaca bibit penyakit dalam darah 0,1% artinya metode pengecekan darah saat ini sudah sangat bagus dan darah yang di keluarkan untuk pasien sudah benar-benar bebas dari penyakit. 

Alhamdulillah darah kak Bambang dapat diambil dengan baik dan dinyatakan baik atau dapat digunakan untuk tranfusi. Kemudian kak Bambang diberikan makanan tambahan sebagai upaya untuk memulihkan dan menstabilkan tubuh setelah transfusi. Makanan tambahan yang beliau dapatkan berupa satu kotak susu, biskuit dan juga vitamin.

Kak Bambang saat donor darah

Terima kasih banyak atas perjuangan para pendonor semuanya. Setetes darah kalian sangat berarti bagi pasien yang membutuhkan. 


Sumber:
https://www.femina.co.id/health-diet/8-syarat-pendonor-darah-dan-12-alasan-anda-tidak-akan-lolos-screening-donor-darah-

Comments

Popular posts from this blog

SILSILAH 25 NABI

SILSILAH 25 NABI Silsilah Nabi / Rasul Sumber : Silsilah Nabi dan Rasul SILSILAH 25 NABI Tulisan ini saya dapatkan dari sebuah pesan di group WhatsApp. Berikut semoga bermanfaat dan berkah Aamiin. 1. ADAM AS. Nama: Adam As. Usia: 930 tahun. Periode sejarah: 5872-4942 SM. Tempat turunnya di bumi: India, ada yang berpendapat di Jazirah Arab. Jumlah keturunannya: 40 laki-laki dan perempuan. Tempat wafat: India, ada yang berpendapat di Mekkah. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali. . 2. IDRIS AS. Nama: Idris/Akhnukh bin Yarid, nama Ibunya Asyut. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qinan ⇒ Mihlail ⇒ Yarid ⇒ Idris As. Usia: 345 tahun di bumi. Periode sejarah: 4533-4188 SM. Tempat diutus: Irak Kuno (Babylon, Babilonia) dan Mesir (Memphis). Tempat wafat: Allah mengangkatnya ke langit dan ke surga. Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali. . 3. NUH AS. Nama: Nuh/Yasykur/Abdul Ghaffar bin Lamak. Garis Keturunan: Adam As. ⇒ Syits ⇒ Anusy ⇒ Qi

Isi DasaDarma

PRAMUKA SATYA KU DARMAKAN DARMA KU BAKTIKAN Hapal dan mengerti Isi Dasa Darma dan Tri Satya. 1. Rajin dan giat mengikuti latihan Pasukan Penggalang, sekurang-kurangnya 6 kali latihan     berturut-turut.  Keterangan: : a. Latihan Pramuka itu berguna untuk melatih diri agar dapat hidup bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan negara. Oleh karena itu, latihan Pramuka adalah untuk kepentingan dirimu sendiri bukan untuk orang lain. b. Rajin mengikuti latihan artinya tidak pernah absen, selalu datang pada hari dan jam yang telah ditentukan bersama. Nyatakanlah kehadiranmu itu dengan mengisi daftar hadir/absensi regu. c. Giat mengikuti latihan berarti setiap datang pada latihan Pramuka di Pasukan Penggalang selalu aktif. Yang dimaksud aktif dalam latihan yaitu selalu berusaha melatih dirinya sendiri bersama-sama teman lain akan kekurangan-kekurangan dirinya. d. Enam kali berturut-turut, berarti tidak pernah tidak datang dengan alasan sakit, ijin, dan sebaga

Adzka Juara 1 Lomba Puzzle dan Manfaat Bermain Puzzle

Obrolan kami di rumah terlihat sangat santai, "Besok Adzka ikut lomba Puzzle bang" cerita istriku. "Oh begitu, kok bisa ikut?" selidikku. Karena kami sangat tahu bagaimana perkembangan Adzka di sekolahnya. Usut punya usut ternyata Adzka bisa ikut karena Paud IT Auladuna mendapat kuota tambahan sebagai peserta lomba dan tidak semua anak-anak dipilih.  Beruntungnya karena umminya disekolah jadi diprioritaskan. Tim intinya sudah dibentuk, Adzka sebagai pelengkap dan sebagai penggembira. Tak apa, itung-itung uji nyali di depan umum dan belajar bersosialisasi. Pengalaman itu sangat berharga. Namun, lihat nanti apa yang terjadi? Sehari sebelum hari lomba, iya di Ahad itu umminya sedang ada kegiatan di luar sana. Aku sendiri yang menjaga mereka di rumah. Termasuk abang nya, Harrik. Harrik kalau soal puzzle tidak diragukan lagi karena dia sudah membuktikan tahun lalu berhasil menjadi juara 2. Harrik masuk daftar tim inti lomba Puzzle. Sekali lagi Adzk